Gerakan Senam Ringan Ibu Hamil 7 Bulan, Lakukan di Rumah!

Gerakan Senam Ringan Ibu Hamil 7 Bulan

Kiatfit.com – Meningkatkan kesehatan tubuh memang menjadi suatu hal yang sangat penting bagi ibu hamil. Ada banyak cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh yaitu dengan meningkatkan konsumsi nutrisi, serta tidak melupakan olahraga secara rutin untuk dapatkan kesehatan yang selalu optimal dan imunitas yang terjaga.

Mengenai olahraga yang disarankan untuk dilakukan ibu hamil, ibu hamil dapat melakukan gerakan senam ringan. Dengan menerapkan gerakan senam ringan tentu ibu hamil akan dapatkan tubuh yang sehat tanpa perlu membebani rahim yang memikul beban berat. Untuk ibu hamil yang kini usia kandungannya sudah 7 bulan, berikut gerakan senam ringan ibu hamil 7 bulan yang sangat disarankan untuk dilakukan.

Gerakan Senam Ringan Ibu Hamil 7 Bulan

Gerakan Senam Ringan Ibu Hamil 7 Bulan

Senam dengan posisi duduk

Ketika ibu hamil sedang bersantai, gerakan senam dengan posisi duduk dapat dilakukan. Ibu hamil dapat duduk dengan nyaman diatas karpet bersama badan tegak. Kemudian rentangkan kaki lebar – lebar bersama punggung tetap dalam kondisi tegak. Selanjutnya condongkan badan ke depan perlahan sembari mengarahkan lengan ke depan menyentuh karpet. Kemudian tahan posisi ini sampai beberapa detik. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan rileksasi pada otot punggung dan paha dalam agar ibu hamil tidak mudah pegal ketika kehamilan sudah semakin membesar.

Baca juga : Ibu Hamil Ingin Berenang? Pahami Dulu Tipsnya!

Senam melatih otot dada

Cara yang bisa dilakukan untuk melatih otot dada yaitu dengan bantuan 2 botol dengan air yang penuh. Dua botol ini harus diangkat masing – masing tangan kanan dan kiri. Angkat keduanya seperti sedang mengangkat barbel ringan setinggi kepala. Ibu dapat lakukan sebanyak 5 kali dalam sehari. Jika sudah terbiasa, gerakan bisa ditambah dengan mengangkatnya sampai ke atas kepala dengan posisi tangan lurus dan bergantian kanan kiri.

Pelenturan dengan bantuan kursi makan

Gerakan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan pelenturan. Caranya bunda perlu duduk di kursi makan yang nyaman. Kemudian luruskan satu kaki. Letakkan kedua tangan di area pinggang dan tekuk telapak kaki ke arah dalam. Tahan sampai beberapa detik dan ganti dengan kaki sebelahnya dengan cara yang sama.

Itulah bagaimana gerakan senam ringan ibu hamil 7 bulan yang dapat dilakukan di rumah. Dapatkan khasiatnya dengan secara rutin melakukan gerakan senam tersebut bunda.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password