Hidup Sehat dengan Menambahkan Nutrisi Diet Mantap

Hidup Sehat dengan Nutrisi Diet Tepat

Kiatfit.com – Diet menjadi salah satu gaya hidup yang juga makin diikuti banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai alasan menjadi dasar orang melakukan diet, mulai dari ingin menurunkan berat badan hingga alasan membiasakan pola hidup sehat. Pun, berbagai macam diet juga bermunculan, sehingga setiap orang bisa memilih mana model diet yang cocok dengannya.

Akan tetapi, diet juga berada dalam sebuah “persimpangan” dalam penilaian banyak orang di Indonesia. Di satu sisi diet digambarkan memberikan “janji-janji manis” untuk tubuh kita: berat badan berkurang, pola hidup lebih sehat, dan sebagainya. Namun di sisi lain, diet juga seakan digambarkan sebagai “fatamorgana”, sebagai suatu gaya hidup yang sulit dilakukan namun hasilnya seringkali tak maksimal.

Beberapa nutrisionis ternyata punya rahasia untuk membantu orang-orang yang sedang melakukan diet agar lebih menyenangkan dan tidak terbebani oleh dietnya, seperti yang telah dirangkum oleh kiatfit.com ini:

Perhatian kepada Bakteri dalam Usus

Nutrisi Diet Tepat Mantap, Demi Hidup Sehat

Banyak nutrisionis sekarang ini lebih menyarankan “diet ramah usus” dibandingkan “diet tanpa makan”. Dikutip dari laman Good Houskeeping, ternyata memperhatikan usus akan memberikan dampak positif dalam diet yang kamu lakukan.

Alasannya, usus kita adalah rumah bagi triliunan mikroba yang melindungi kita dari infeksi, membuat vitamin dan neurotransmiter, dan memengaruhi nafsu makan, suasana hati serta berat badan kita. Sebagai komponen penting dalam tubuh,  diet kalian tidak boleh menggangu kerja usus.

Cara terbaik untuk memperhatikan usus adalah memakan beragam varian nutrisi dalam piring makan anda. Berusaha memenuhi asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral adalah hal utama. Lebih baik lagi, kalian lebih banyak mengonsumsi lima makanan favorit bakteri baik di usus anda, yakni beragam makanan yang kaya serat, buah, sayuran, polifenol, dan probiotik.

Tambah Asupan Protein Nabati untuk Hidup Sehat

Nutrisi Diet Tepat Mantap, Demi Hidup Sehat

Nutrisionis ternama, Rhiannon Lambert, menyarankan kepada para pejuang diet untuk menambah konsumsi protein nabati, terutama kacang-kacangan dan biji bijian. Penulis buku international bestseller soal diet, Re-Nourish: A Simple Way to Eat Well, ini menekankan pentingnya protein, phytochemical (nutrisi tumbuhan), serta serat yang bisa didapatkan lewat konsumsi protein nabati tadi.

Lebih jauh, konsumsi kacang dan biji-bijian ini juga membantu anda mencegah beberapa penyakit. World Cancer Research Fund merekomendasikan setap orang untuk mengonsumsi makanan yang ‘sebagian besar berasal dari nabati’ untuk menurunkan risiko kanker, diabetes, dan serangan jantung.

Buat Piringmu Berwarna-warni

Nutrisi Diet Tepat Mantap, Demi Hidup Sehat

Eits, ini maksudnya bukan mengecat piring ya.

Tips lain untuk menambah khasiat dalam dietmu adalah menambah warna dalam makananmu. Menurut ahli nutrisi, Dr Rupy Aujla, dalam bukunya yang berjudul The Doctor’s Kitchen,  jangan karena diet, kamu malah membuat makananmu tidak menarik. Tambahkan berbagai sayur dan buah berwarna warni yang ternyata juga punya manfaat besar bagi tubuh manusia.

Ternyata, setiap warna dalam biuah dan sayur memiliki satu set unik phytochemical (nutrisi tumbuhan) penangkal penyakit yang memberi manfaat besar bagi kesehatan. Kita bisa ambil contoh beberapa jenis buah dan sayur sebagai berikut:

  • Warna merah tua pada tomat dan semangka berasal dari likopen, terbukti menurunkan risiko kanker tertentu.
  • Warna ungu pada blueberry dan blackberry berasal dari anthocyanin, yang dapat membantu mengurangi peradangan kronis, penyebab dasar dari banyak penyakit yang berhubungan seperti rheumatoid arthritis, dementia, penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe 2.
  • Sayuran silangan seperti brokoli dan kubis mengandung indol dan saponin, yang memiliki sifat pencegah kanker.

Baca juga: Menyimak Gaya Hidup Sehat Selebritis, Ternyata Murah dan Mudah Diterapkan!

Pilih Waktu Tepat untuk Makan

Nutrisi Diet Tepat Mantap, Demi Hidup Sehat

Banyak penelitian menunjukkan bahwa pengaturan jam makan akan mempengaruhi pola hidup serta diet yang kamu lakukan. Seseorang harus berusaha menyelaraskan makanan dengan jam tubuh. Berdasarkan rekomendasi dari beberapa penelitian adalah dengan memperpendek rentang waktu di mana Anda mengonsumsi makanan sehari-hari.

Jendela jam makan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Atau, menentukan jam ruti untuk makan dan snack , meski dibagi dalam 4-5 waktu sehari, namun dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kedua cara tersebut banyak terbukti meningkatkan efektivitas diet untuk menghilangkan lemak. Juga, pengaturan jam makan terbukti meningkatkan energi setiap hari dan mempengaruhi jadwal tidur yang lebih baik.

Baca juga: Ragam Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet Sehat

Jangan Takut dengan Lemak

Nutrisi Diet Tepat Mantap, Demi Hidup Sehat

Sudah sejak lama tertanam dalam diri kita untuk berusaha keras mengurangi lemak. Penelitian sekarang telah menunjukkan bahwa, meski tinggi kalori, tidak semua lemak adalah musuh. Lemak tak jenuh, yang meliputi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental tubuh kita.

Para peneliti menyarankan untuk makan lebih banyak lemak tak jenuh dan lebih sedikit lemak jenuh. Lemak tak jenuh tunggal, seperti dalam alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian, membantu mengurangi jumlah kolesterol buruk dalam darah dan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke secara keseluruhan. Sedangkan makanan kaya Omega-3  seperti ikan berminyak, kenari dan biji rami mampu mendukung kinerja otak dan memori, dan juga memengaruhi perilaku dan suasana hati.

Jadi begitulah. Demi hidup sehat, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita pun semestinya terasa lezat dan mantap.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password