Ibu Hamil Ingin Berenang? Pahami Dulu Tipsnya!

Ibu hamil ingin berenang

Kiatfit.com – Olahraga sebenarnya tidak dibatasi untuk siapa saja termasuk bagi wanita hamil. Akan tetapi ibu yang sedang hamil juga harus sadar diri dengan posisi kehamilannya. Ibu yang sedang hamil juga ada baiknya untuk melakukan olahraga yang ringan dan tidak membebani rahim dan tubuhnya. Lalu bagaimana jika ibu hamil ingin berenang?

Renang jika dilakukan sewajarnya saja masih diperbolehkan untuk ibu hamil. Akan tetapi baiknya jika memang ibu hamil ingin melakukan olahraga renang, Anda perlu memahami dulu tips – tipsnya. Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan ibu hamil yang ingin renang. Simak informasinya dibawah ini!

Baca juga : Gerakan Senam Ibu Hamil Muda Untuk Cegah Keguguran

Tips Jika Ibu Hamil Ingin Berenang

Ibu hamil ingin berenang

Jika ibu hamil memang ingin berenang, ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Tips jika ibu hamil ingin renang diantaranya sebagai berikut :

  • Lakukan pemanasan dulu untuk menghindari terjadinya kram otot ketika berenang.
  • Pilih kolam renang yang benar – benar higienis atau dalam artian bersih dan sebisa mungkin tidak menggunakan zat kimia berbahaya pada airnya.
  • Baiknya Anda berhati – hati ketika renang agar terhindar dari bahaya terpeleset yang berpotensi menyebabkan keguguran pada ibu hamil.
  • Dalam menerapkan setiap gerakan renang, ada baiknya gerakan renang yang Anda lakukan ringan dan santai.
  • Tidak perlu melakukan gerakan ringan yang terlalu bersemangat. Gaya renang yang disarankan untuk ibu hamil adalah gaya bebas dan juga gaya dada.
  • Sebelum masuk ke kolam, baiknya Anda lakukan adaptasi tubuh dengan suhu kolam itu sendiri. Jangan sampai tubuh Anda menjadi terlalu terkejut dengan suhu kolam renang yang terlalu dingin.
  • Jika dalam waktu renang kemudian perut bagian bawah Anda terasa menegang atau mengencang, baiknya Anda segera istirahat dan keluarlah dari kolam.
  • Sebelum renang, upayakan Anda tetap minum air putih secara cukup demi mencegah dehidrasi berlebihan. Jadwalkan istirahat kurang lebih 15 menit sekali agar Anda tidak terlalu lelah.

Itulah beberapa tips yang perlu terapkan jika ibu hamil ingin berenang dalam kondisi hamil. Dengan cara diatas Anda akan dapatkan khasiat renang tanpa membebani area rahim dan perut Anda yang sedang membuncit.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password