Berbagai Resiko yang Dialami Ibu Hamil Jika Tidur Terlentang

Berbagai Resiko yang Dialami Ibu Hamil Jika Tidur Terlentang

Kiatfit.com – Masih suka tidur terlentang saat hamil? Mulai sekarang lebih baik kebiasaan tersebut Anda hindari deh, moms. Sebab, ternyata ada beberapa hal buruk yang dihadapi oleh ibu hamil jika tidur terlentang.

Tak bisa dipungkiri memang bahwa kondisi perut yang membesar ini membuat ibu hamil semakin kesulitan pada saat beristirahat atau tidur dengan nyaman. Jika Anda kurang nyaman ketika tidur miring, ada baiknya hindari tidur terlentang. Sebab, tidur terlentang ini ternyata bisa mempengaruhi kondisi janin yang ada dalam kandungan. Namun agar lebih jelas, simak saja ulasan berikut ini.

Berbagai Resiko yang Dialami Ibu Hamil Jika Tidur Terlentang

Memblokir pasokan oksigen untuk janin yang dikandung

Berbagai Resiko yang Dialami Ibu Hamil Jika Tidur Terlentang

Ibu hamil dengan trimester ketiga yang tidur terlentang ini ternyata sangat tidak baik untuk dilakukan. Sebab, posisi tidur tersebut berdampak buruk bagi janin yang dikandung, sebab bisa menghambat aliran oksigen yang mengalir dalam pembuluh darah menuju ke jantung. Tidak hanya itu saja, tidur terlentang bagi ibu hamil juga bisa mengubah ritme jantung janin yang dikandung. Hingga akhirnya bisa memblokir pasokan oksigen.

Apabila hal ini terjadi maka akan semakin memperbesar resiko kemungkinan bayi lahir mati. Selain itu juga penting untuk diketahui bahwa, ibu hamil yang tidur ke samping kiri memiliki resiko bayi lahir mati lebih rendah dibandingkan ibu hamil yang tidur terlentang.

Memperburuk sleep apnea

Berbagai Resiko yang Dialami Ibu Hamil Jika Tidur Terlentang

Gangguan tidur yang satu ini pada dasarnya jadi masalah tidur yang ada kaitannya dengan terhambatnya saluran pernafasan ketika tidur. Bahkan, penderita sleep apnea bisa berhenti bernafas selama beberapa saat ketika tidur. Pastinya hal tersebut cukup membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Asupan oksigen yang terhambat bisa tingkatkan resiko kematian pada janin yang dikandung.

Hambat aliran darah ke tali pusat

Berbagai Resiko yang Dialami Ibu Hamil Jika Tidur Terlentang

Walaupun bagi ibu terasa nyaman, tidur dengan posisi terlentang seperti ini ternyata bisa membuat bayi tertekan. Rahim yang berat dan juga besar akan menekan serta menghambat sirkulasi aliran darah yang menuju ke jantung. Adanya beban tersebut menjadikan jantung semakin bekerja terlalu keras untuk memompa darah serta mengalirkan ke seluruh tubuh, termasuk halnya pasokan darah untuk janin yang dikandung. Ini sebab, aliran darah yang menuju ke plasenta mengalir lebih kecil sebab terbebani dengan ukuran rahim ketika ibu hamil tidur terlentang.

Baca juga: Luar Biasa! Ini 7 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Menghambat nutrisi ke janin

Berbagai Resiko yang Dialami Ibu Hamil Jika Tidur Terlentang

Janin yang ada di dalam kandungan masih butuh asupan nutrisi dari sang ibu lewat plasenta. Posisi tidur yang seperti ini bisa menekan aliran darah menuju ke plasenta bisa menghambat asupan nutrisi bagi si kecil. Sementara itu nutrisi penting peranannya dalam pembentukan jaringan serta sel tubuh janin.

Baca juga: Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Tumbuh Kembang Janin Tetap Optimal

Penekanan bagian tubuh yang lain

Tidak hanya membahayakan kondisi janin, ibu hamil tidur terlentang ini juga berdampak bagi kesehatan tubuhnya sendiri. Ketika tidur dengan posisi terlentang, beban rahim bisa saja menekan punggung dan sebabkan nyeri punggung yang sering sekali dialami saat bangun tidur. Selain itu, ibu hamil juga akan mudah merasa pusing, kesulitan bernafas, tekanan darah rendah, dan masalah wasir atau pun gangguan pencernaan yang lainnya.

Oh iya, buat Anda nih yang kebetulan butuh beberapa perlengkapan untuk menyambut kelahiran sang buah hati tercinta, melalui aplikasi  kredit online jaman now AKULAKU ini Anda bisa mendapatkan semua yang Anda butuhkan dengan cicilan 0%, dan dengan tenor mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Agar lebih hemat lagi, Anda juga bisa pakai kode “AIDIA 1” untuk dapatkan voucher belanjanya senilai Rp 700 ribu rupiah.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password