Ibu Menyusui Akan Mengalami Perubahan Ini Pada Organ Payudaranya

Ibu Menyusui Akan Mengalami Perubahan Ini Pada Organ Payudaranya

Kiatfit.com – Ketika wanita hamil, tanda – tanda perubahan terjadi pada dirinya. Dan tak sampai disitu saja, setelah melahirkan kemudian seorang wanita berada pada fase menyusui, perubahan juga akan kembali terjadi pada tubuhnya. Ibu menyusui akan mengalami beberapa perubahan pada organ payudaranya.

Perubahan yang paling terlihat jelas tentunya adalah ukuran payudara yang semakin membesar bahkan lebih besar dari sebelumnya. Selain itu, ada beberapa perubahan lain pada payudara yang juga akan dialami. Apa sajakah itu?

Perubahan Pada Organ Payudara Ibu Menyusui

Setelah wanita hamil dan kemudian berada pada proses menyusui, wanita akan merasakan adanya beberapa perubahan berikut ini terkait dengan organ payudaranya yaitu :

Kulit area puting cenderung lebih gelap

Perubahan Pada Organ Payudara Ibu Menyusui

Kulit pada area puting susu cenderung sedikit lebih gelap dan puting akan mengalami penambahan ukuran. Tujuan hal ini adalah agar bayi bisa mengenali puting susu dengan sebaik mungkin. Memang Tuhan sebaik – baik perencana dan hal tersebut juga terjadi dengan berbagai maksud dan tujuan.

Terbentuk benjolan kecil di area dekat puting susu

Kemudian akan terbentuk benjolan kecil di area dekat puting susu yang fungsinya adalah untuk membantu dalam mengeluarkan cairan pelumas alami. Cairan ini juga merupakan cairan yang memiliki manfaat dalam membersihkan dan melumasi puting susu. Dengan adanya cairan ini ketika Anda memberikan susu maka rasa nyeri akan terminimalisir dan puting Anda jadi tidak mudah lecet setelah disedot oleh buah hati Anda walau dalam intensitas yang lama.

Aroma pada payudara

Perubahan Pada Organ Payudara Ibu Menyusui

Perubahan pada organ payudara ibu menyusui yang lainnya adalah aroma yang menyerupai ketuban muncul. Payudara yang mengeluarkan aroma setelah melahirkan ini membuat nafsu makan bayi bertambah sehingga menarik bayi untuk bergerak menuju puting susu tersebut ketika lapar karena ini menjadi cara adaptasi bayi juga sejak didalam kandungan menuju alam dunia yang sudah berbeda.

Anda yang merupakan ibu menyusui akan mengalami beberapa tanda perubahan pada organ payudara tersebut. Jangan mengeluh dan syukuri apa yang telah menjadi anugerah terindah dalam hidup Anda bunda.

 

Ingin mendapatkan promo eksklusif seputar produk Ibu dan Anak?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini dengan lengkap! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password