Efek Samping Buah Pisang Untuk Diet, Cari Tahu Sebelum Mencoba!

efek samping buah pisang untuk diet

Kiatfit.com – Salah satu jenis buah yang seringkali dijadikan buah penunjang dalam kelancaran dan keberhasilan diet adalah buah pisang. Buah yang satu ini mendapatkan begitu banyak manfaat untuk diet. Bahkan diet pisang yang dilakukan dalam satu minggu diimbangi dengan mengonsumsi air putih secara efektif dapat membantu menurunkan berat badan bahkan sampai dengan 5 kg.

Akan tetapi jika buah pisang dikonsumsi secara berlebihan tentu hal ini akan memberikan begitu banyak dampak pada akhirnya. Anda juga akan mengalami berbagai macam efek samping dengan mengonsumsi buah pisang untuk diet jika terlalu banyak. Berikut apa saja efek samping buah pisang untuk diet yang Anda harus tahu!

Efek Samping Buah Pisang Untuk Diet

 

1. Menyebabkan hiperkalemia

Efek Samping Buah Pisang Untuk Diet, Cari Tahu Sebelum Mencoba!

Kondisi hiperkalemia merupakan suatu kondisi yang terjadinya karena kelebihan kalium didalam tubuh. Buah pisang merupakan buah yang tinggi kandungan kalium karena itu mengonsumsi buah pisang dianjurkan selama tidak berlebihan karena akan mengundang kondisi hiperkalemia pada seseorang.

Mengonsumsi buah pisang pada orang dewasa dianjurkan agar tidak lebih dari 3500 mg kalium setiap harinya. Akan tetapi jika Anda konsumsi lebih dari batas tersebut bisa saja Anda akan mengalami kondisi hiperkalemia yang nantinya malah menimbulkan gejala detak jantung secara tidak beraturan, mengakibatkan otot lemas dan mengalami kelumpuhan sementara. Oleh karena itu siapa saja yang ingin melakukan diet alami dengan memanfaatkan buah pisang, baiknya konsumsi buah pisang sewajarnya saja dan sesuai dengan takaran yang sudah dianjurkan agar efek samping ini tidak dialami.

Baca juga: Minum Obat Dengan Pisang Ternyata Ada Bahayanya Lho!

 

2. Menimbulkan kantuk

Tentu kebugaran tubuh sangat diperlukan. Utamanya bagi Anda yang masih berstatus sebagai karyawan atau pegawai yang selalu aktif bekerja setiap harinya. Perlu Anda tahu juga bahwa efek samping dari buah pisang untuk diet yaitu bahwa buah ini jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan rasa kantuk. Hal ini karena didalamnya terdapat kandungan berupa tryptophan yang dapat menghalangi asam amino yang ingin menuju ke otak. Sehingga tentunya hal ini dapat memicu hormon yang bernama serotonin yang menimbulkan rasa kantuk apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

 

3. Memicu masalah hormon yang tidak seimbang

Efek Samping Buah Pisang Untuk Diet, Cari Tahu Sebelum Mencoba!

Didalam buah pisang terdapat kandungan xenibiotik yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon didalam tubuh yaitu hormon berupa estrogen pada tubuh wanita dan hormon androgen didalam tubuh pria. Karena itu ketika seseorang mengonsumsi buah pisang secara berlebihan hormon tersebut akan terganggu keseimbangannya.

Baca juga: Konsumsi Pisang Secara Rutin, Ini Manfaatnya

 

4. Mengakibatkan naiknya kadar gula dalam darah

Efek Samping Buah Pisang Untuk Diet, Cari Tahu Sebelum Mencoba!

Anda harus tahu bahwa didalam buah pisang ini terdapat kandungan yang cukup tinggi berupa glukosa dan gula. Karena itu bagi Anda yang menderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk melakukan diet dengan menggunakan buah pisang ini. Begitu juga siapa saja yang memang ingin melakukan diet dengan buah pisang dianjurkan agar Anda mengonsumsinya tiap hari sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan oleh para ahli gizi dan juga oleh WHO.

Itulah apa saja efek samping buah pisang untuk diet yang Anda harus tahu. Anda yang ingin mencari berbagai suplemen diet, Anda bisa mendapatkannya di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi-bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password