Intip Kegunaan Sirih Merah Bagi Kesehatan Manusia!

Kiatfit.com – Sirih merah merupakan salah satu tanaman merambat yang memiliki segudang manfaat, terutama untuk obat ramuan herbal lho. Daun sirih merah mempunyai warna kemerahan dengan corak warna hijau, serta ukuran daunnya yang lebar. Salah satu cara termudah mendapatkan khasiat dari sirih merah ini adalah dengan merebus daunnya.

Yuk, Kenali Beberapa Manfaat Sirih Merah Ini

Air rebusannya dapat Anda gunakan sebagai pengobatan herbal yang dipercaya ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Didalamnya, terdapat senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan dan mampu menyembuhkan penyakit ringan sampai berat. Nah, berikut adalah beberapa manfaat sirih merah :

 

1. Mengobati Jerawat

sirih2.jpg

Sumber: infoalami .com

Manfaat pertama yang dapat Anda peroleh dari sirih merah ini adalah dapat menyembuhkan jerawat di wajah Anda. Jerawat adalah salah kondisi kulit yang menghasilkan kelenjar minyak secara berlebih, yang lalu bercampur dengan polusi atau kotoran sehingga terbentuk jerawat. Nah, bagaimanakah cara mengolah daun sirih merah yang tepat untuk menghilangkan jerawat membandel di wajah Anda?

Cukup sediakan kurang lebih 10 lembar daun sirih merah, kemudian giling daun tersebut tetapi jangan sampai halus. Gilingan daun sirih merah kemudian diseduh dengan air panas dan tunggu hingga air seduhan dingin. Basuh air seduhan ke bagian wajah yang berjerawat, dan lakukan secara teratur 1 kali setiap dua hari, ya.

Baca juga: Tangkis Timbulnya Jerawat dengan 3 Langkah ini!

 

2. Mengobati Sikat Gigi

sirih3.jpg

Sumber: aceh.tribunnews .com

Merasa gigi Anda sakit karena gigi berlubang atau sekedar nyeri gigi? Cepat atasi dengan penggunaan daun sirih merah ini. Cara mengolahnya juga sangat sederhana. Sediakan 3 lembar daun sirih merah, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Kemudian saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin, lalu kumur-kumurlah dengan air rebusan tersebut. Jangan lupa untuk melakukannya rutin ya hingga rasa sakit di gigi perlahan-lahan mengilang.

 

3. Mengobati Batuk

sirih4.jpg

Sumber: klcc .org

Batuk yang Anda alami tak kunjung sembuh juga? Anda dapat mencoba ramuan alami yang terbuat dari sirih merah ini. Ambil 5 lembar daun sirih merah, 2 lembar daun bidara, madu secukupnya. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut (madu ditambahkan terakhir) dengan 3 gelas air. Setelah itu, saring air rebusan tersebut dan tambahkan madu secukupnya. Anda dapat meminum ramuan ini dua kali sehari secara teratur setiap harinya agar dapat menghilangkan batuk yang Anda alami.

 

4. Menghilangkan Bau Badan

sirih5.jpg

Sumber: khmertalking .com

Jika Anda memiliki bau badan yang tidak sedap, daun sirih merah ampuh lho untuk menghilangkan bau tak sedap yang ada ditubuhmu. Anda harus mengambil 5 lembar daun sirih merah dan rebus daun tersebut dengan 2 gelas air putih. Setelah itu, saring air nya dan minum secara teratur.

Selain diminum, Anda dapat merebus daun sirih merah dengan air hangat dan gunakan air rebusan daun sirih merah pada saat Anda mandi. Rutin menggunakan daun sirih merah setiap hari pada saat mandi akan membantu menghilangkan bau badan dari luar tubuh.

Baca juga: Daftar Makanan Penghilang Bau Badan Paling Mujarab

 

5. Mengobati Diabetes Melitus

sirih6.jpg

Sumber: thehimalayantimes .com

Diabetes mellitus, atau yang biasa dikenal dengan sebutan kencing manis merupakan salah satu penyakit yang menyerang hormon insulin sehingga hormone tersebut berkurang didalam tubuh. Salah satu cara untuk dapat mengurangi penyakit tersebut adalah dengan penggunaan daun sirih merah.

Ambil 3 lembar daun sirih merah, cuci bersih daun tersebut dan rebus dengan 3 gelas air putih hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut dan minum sebanyak 3 kali sehari sebelum makan ya, jangan lupa diminum secara teratur agar manfaatnya dapat terasa.

Sejak dahulu, daun sirih merah telah dipercaya agar dapat mengobati berbagai macam penyakit dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan manusia. Kandungan yang ada didalamnya sangat berperan dalam membantu proses penyembuhan di tubuh Anda. Jangan lupa untuk dicoba ya!

Sumber featured image: infoglobalkita .com

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password