Jarang Pemanasan? Ini Manfaat yang Sudah Kamu Lewatkan

Jarang Pemanasan

Kiatfit.com – Karena beberapa hal, tidak sedikit orang yang jarang pemanasan dan melewatkannya. Kalaupun melakukannya, durasinya tidak cukup. Banyak yang hanya menempatkannya layaknya pemanis yang cukup dilakukan sebentar saja. Padahal pemanasan ada aturannya. Setidaknya durasinya antara 20 hingga 30 menit atau sampai tubuh mulai terasa panas. Setelah itu barulah kamu bisa mulai melakukan latihan utama. Tentu saja, untuk yang satu ini kamu juga perlu peralatan yang sesuai. Kamu bisa membelinya dengan cicilan di Akulaku jika perlu. Namun jika jarang pemanasan, manfaat berikut ini akan kamu lewatkan.

1. Meningkatkan Performa Saat Berolahraga

Pemanasan bisa membantu mendongkrak performa olahraga. Otot-otot yang sudah siap, aliran darah yang membawa oksigen dan memberi energi ke otot, semua itu membuat energi otot lebih besar dan refleks berada dalam kondisi terbaiknya. Kamu pun bisa berolahraga lebih maksimal dan tidak mudah lelah. Inilah yang kemudian membuat latihan yang dilakukan jadi lebih optimal.

Jarang Pemanasan

2. Bantu Cegah Cedera

Bisa dibilang inilah alasan paling penting melakukan pemanasan sebelum beralih ke sesi utama olahraga. Pemanasan membuat otot jadi lebih halus dan lentur. Mudah digerakkan dan tidak kaku. Perlu diketahui, otot yang kaku sangat rentan sobek, apalagi saat melakukan gerakan keras yang tiba-tiba. Tidak hanya cedera otot saja, pemanasan juga bisa mencegah gangguan pada jantung akibat latihan fisik berintensitas tinggi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Jarang Pemanasan

Saat kamu melakukan pemanasan, akan ada lebih banyak cairan yang melumasi persendian. Sendi-sendi jadi lebih fleksibel dan licin. Dengan pemanasan jugalah, cedera serius pada punggung bisa dihindari. Namun jangan lupa. Selalu gunakan peralatan olahraga yang tepat. Penggunaan alat yang tepat juga membantu mengurangi risiko cedera. Tidak perlu bingung, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Akulaku.

Selain ketiga hal di atas, pemanasan juga bisa menjadi persiapan mental sebelum melakukan latihan fisik yang berat. Melihat banyaknya manfaat pemanasan, tentu sangat disayangkan jika tidak melakukannya. Ini juga berlaku saat hendak joging. Justru risiko olahraga yang banyak membebani otot seperti joging ini jauh lebih tinggi jika tidak pemanasan terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk menggunakan sepatu yang sesuai. Kamu bisa mendapatkannya bahkan membelinya dengan cicilan di Akulaku. Ingin voucher senilai Rp 700 ribu dari Aidia Network? Buruan download aplikasi akulaku dan masukkan kode promonya AIDIA1.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password