5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Kiatfit – Kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah akan menyebabkan gejala anemia, seperti mudah lelah, pucat, sering sakit kepala, kaki dan angan yang dingin, hingga sesak nafas. Kondisi yang seperti ini akan membuat seseorang kurang efektif dalam menjalankan berbagai aktivitas. Karena itulah, penting sekali untuk selalu menjaga tekanan darah tetap stabil dan normal. Jika sudah terlanjur kurang darah, cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi buah penambah darah.

Sel darah merah ini sendiri bisa terbentuk dari berbagai nutrisi yang biasanya terdapat dalam makanan, seperti asam folat, vitamin B12, zat besi, vitamin A dan juga tembaga. Kandungan nutrisi tersebut lebih banyak terdapat dalam buah.

5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Anggur

5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Buah penambah darah yang pertama adalah anggur yang mana di dalamnya terdapat kandungan asam folat yang cukup banyak. Dalam takaran 1 gelas anggur mengandung asam folat sebanyak 21 mcg. Selain kandungan asam folat, anggur juga memiliki kandungan lain yang berpengaruh untuk pembentuka sel darah merah yakni vimtain A. Konsumsi anggur sebagai cara terbaik untuk program penambahan darah.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Dijadikan Obat Penurun Darah Tinggi

Semangka

5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Buah yang paling kaya air ini juga bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Ini karena buah semangka memiliki kandungan zat besi yang cukup kaya. Untuk satu potongan semangka berukuran sedang saja, sudah bisa memberikan asupan zat besi sebanyak 1,5 gram. Tidak hanya menambah darah, semangka juga sangat menyegarkan dan cocok dikonsumsi saat siang hari.

Kismis

5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Jenis buah penambah darah selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah kismis. Salah satu buah kering ini memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kandungan tersebut adalah zat besi, dimana dalam 2-3 gelasnya mengandung sebanyak 2 gram.

Selain itu, kismis sendiri juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan jenis makanan lain, seperti oameal,  kue, sereal dan lain sebagainya. Ini tentunya menjadi cara terbaik jika kamu sudah cukup bosan mengkonsumsi kismis secara langsung.

Jeruk

5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Buah jeruk selain menyegarkan, ternyata juga sangat ampuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Ini karena di dalam buah jeruk terdapat kandungan asam folat yang cukup kaya. Asam folat di dalam buah jeruk terbilang paling banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Dimana untuk satu gelas perasan air jeruk mengandung asam folat sebanyak 31,5 mcg. Bahkan takaran tersebut sudah diteliti langsung oleh USDA National Nutrition Database for Standard Reference.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga mampu menyerap zat besi yang ada di dalam tubuh. Zat besi ini nantinya akan mampu meningkatkan oksigen dan berpengaruh pada pembentukan sel darah merah.

Stroberi

5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Selanjutnya ada buah stroberi yang juga menjadi salah satu buah terbaik untuk meningkatkan sel darah merah. Ini karena di dalam buah stroberi terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini sendiri dapat membantu tubuh saat memproduksi sel darah merah. Tidak hanya itu, antioksidan ini juga memiliki kemampuan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Baca juga: Makanan Tambah Darah Terbaik Untuk Ibu Hamil

Wortel (sayuran penambah darah)

5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Dan yang terakhir adalah wortel yang juga memiliki khasiat membantu produksi penambahan sel darah merah berkat vitamin A yang ada di dalamnya. Vitamin A yang ada di dalamnya bahkan cukup tinggi dan juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Untuk program penambahan darah, disarankan untuk mengkonsumsi wortel 2 kali dalam seminggu.

Itulah tadi beberapa jenis buah penambah darah paling efektif bisa kamu konsumsi. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga dengan menjadikannya jus atau kreasi lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password