Jenis Cacat Pada Bayi yang Bunda Harus Ketahui

Jenis Cacat Pada Bayi yang Bunda Harus Ketahui

Kiatfit.com – Jenis Cacat Pada Bayi – Setiap ibu hamil tentu saja ingin sebuah kehamilan yang sehat. Setiap ibu hamil tentu saja menginginkan bayi yang lahir dengan kondisi normal. Akan tetapi sebuah kehamilan bisa menjadi hal yang berbeda untuk beberapa ibu hamil.

Ada beberapa gangguan kehamilan yang bisa muncul pada ibu hamil sehingga menyebabkan bayi yang lahir akan cacat. Cacat pada bayi yang lahir sendiri dapat dibedakan pada beberapa jenis. Berikut kami berikan informasi beberapa jenis cacat pada bayi yang bunda harus ketahui agar bisa tahu tanda – tanda bayinya sehat atau cacat dan segera bisa mengatasi jika kemungkinan tersulit ini dihadapi.

Jenis Cacat Pada Bayi yang Bunda Harus Ketahui

Jenis Cacat Pada Bayi

1. Cacat jantung bawaan

Cacat jantung bawaan berarti bahwa janin memang sudah menunjukkan kelainan sejak dalam rahim. Kondisi ini bisa berhubungan dengan masalah genetik atau kesalahan yang terjadi dalam perkembangan jantung ketika masih janin. Biasanya gejala bisa dikenali dengan mudah setelah bayi lahir dan kondisi kesehatan bayi cenderung memburuk.

2. Clubfoot (kaki pekuk atau pengkor)

Kaki pekuk atau pengkor adalah jenis kelainan pada bayi yang sudah terjadi sejak bayi dilahirkan dan termasuk cacat bawaan. Bagian kaki bayi akan berbentuk seperti terpelintir dari posisi normal. Kemudian kaki akan pengkor ke bagian dalam sementara jaringan otot ke tulang bisa menjadi pendek. Jenis cacat ini bisa ringan atau parah sesuai dengan kondisi cacat pada bayi. Dan cacat ini bisa terjadi pada satu atau dua kaki sekaligus.

3. Bibir sumbing dan kelainan langit mulut

Bibir sumbing serta kelainan langit mulut sudah bisa terjadi sejak bayi masih menjadi janin dalam rahim. Jenis cacat yang satu ini bisa terjadi akibat kelainan yang dipengaruhi genetik, lingkungan, obat yang diminum ibu hamil dan kebiasaan buruk ibu hamil. Cacat ini terjadi sejak proses penutupan mulut ketika masih dalam bentuk janin di rahim.

Itulah beberapa jenis cacat pada bayi yang Anda harus tahu. Semoga menjadi informasi terbaik dan bermanfaat untuk bunda.

Baca Juga : Tips Menghindari Bayi Lambat Tengkurap

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password