Jenis Infeksi Telinga yang Bisa Membuat Seseorang Jadi Tuli

Jenis Infeksi Telinga yang Bisa Membuat Seseorang Jadi Tuli

Kiatfit.com – Beberapa orang mengalami kondisi infeksi telinga dimana terkadang kondisi tersebut kemudian menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan pendengaran sementara atau yang bersifat reversible. Kondisi yang semacam ini terjadi pada umumnya karena seseorang yang mengalami infeksi, jenis infeksi telinga yang dialami tersebut berhasil memblokir suara yang melalui saluran telinga atau ketika melalui telinga tengah menuju telinga di bagian dalam.

Kondisi yang semacam ini dikenal menjadi suatu gangguan pendengaran secara konduktif. Suara yang masuk ke telinga akan terdengar tidak jelas yang jika dibiarkan lama – lama akan menyebabkan penderitanya menjadi tuli. Berikut apa saja jenis infeksi telinga yang dimaksud dan berpotensi membuat seseorang menjadi tuli jika dibiarkan berlama – lama. Cek dulu informasinya berikut ini!

Jenis Infeksi Telinga yang Membuat Seseorang Jadi Tuli

Jenis Infeksi Telinga yang Bisa Membuat Seseorang Jadi Tuli

Otitis externa

Otitis externa merupakan suatu kondisi radang atau infeksi yang terjadi pada saluran telinga dimana kondisi ini sering disebut dengan istilah telinga perenang. Air yang terjebak didalam telinga kemudian menjadikan bagian telinga tersebut mengalami kondisi radang, bengkak dan penumpukan eksudat sehingga dapat menghalangi suara masuk ke telinga tengah. Pendengaran biasanya akan kembali ketika infeksi sembuh.

Otitis media

Pembengkakan serta nanah dapat menghalangi suara untuk bergerak ke telinga di bagian dalam. Biasanya pendengaran kembali sendiri setelah infeksi berhasil hilang. Akan tetapi infeksi telinga tengah yang tidak diobati dapat menjadi penyebab kerusakan secara permanen pada struktur telinga tengah yang menjadi penyebab gangguan pendengaran terjadi secara permanen. Hanya saja kondisi yang semacam ini sangat jarang terjadi.

Otitis media dengan efusi

Kondisi cairan di ruang belakang gendang telinga yang mengalami infeksi memang bisa terjadi. Kemudian penumpukan suatu cairan di ruang belakang gendang telinga dapat memberikan resiko distorsi suara atau pemblokiran telinga di bagian dalam. Pada akhirnya cairan di belakang gendang telinga akan dengan sendirinya menghilang walau gendang telinga dapat rusak jika cairan yang terdapat di telinga tengah ini terkena suatu infeksi.

Itulah berbagai jenis infeksi telinga yang dapat membuat seseorang menjadi tuli. Jika Anda mengalami salah satunya dan merasa kondisi tidak nyaman di telinga, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password