Jenis Penyakit Kulit yang Paling Sering Menyerang Bayi, Waspadai Bunda!

jenis penyakit kulit pada bayi

Kiatfit.com – Di tahun pertama setelah kelahiran, kulit bayi rentan mengalami masalah. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab hal ini terjadi di antaranya yaitu karena di tahun pertama ini bayi masih berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, sementara di sisi yang lain kulitnya juga memiliki lapisan yang sangat tipis sehingga hal ini juga menjadi penyebab mengapa bayi rentan memiliki penyakit kulit.

Bunda tentu harus waspada karena jenis penyakit kulit itu bermacam-macam dan cara penanganannya juga berbeda. Namun jangan terlalu panik karena jika kulit bayi bunda mengalami masalah, Anda bisa segera atasinya dengan berkonsultasi ke dokter. Berikut informasinya untuk bunda apa saja jenis penyakit kulit yang paling sering menyerang bayi yang bunda harus waspadai!

Jenis Penyakit Kulit yang Paling Sering Menyerang Bayi

 

1. Penyakit kulit intertrigo

Jenis Penyakit Kulit yang Paling Sering Menyerang Bayi, Waspadai Bunda!

Kondisi penyakit kulit yang satu ini mengacu pada suatu kondisi radang yang terjadi di area lipatan tubuh. Hal ini biasanya terletak di bagian paha dalam, di area ketiak dan di bagian bawah perut atau payudara. Lipatan ini juga akan menjadikan kulit tampak seperti merah, gatal dan juga menjadi penyebab rasa sakit jika terjadi suatu  gesekan. Umumnya kondisi intertrigo terjadi pada bayi yang gemuk. Ketika bayi Anda mengalami intertrigo yang dapat bunda lakukan untuk mengatasinya adalah mencuci bagian dalam lipatan kulitnya dengan air dan oleskan krim penghalang zinc oxide untuk melindungi kulitnya.

Baca juga: Penting, 5 Imunisasi Dasar yang Wajib Untuk Bayi Anda!

 

2. Biang keringat pada bayi

Biang keringat atau yang lebih dikenal dengan istilah miliaria biasanya terjadi pada area wajah,leher, punggung dan juga di area bokong bayi. Secara klinis, miliari sendiri terlihat dengan adanya kulit kemerahan juga disertai rasa gatal sehingga bayi rewel dengan menggunakan gelembung – gelembung kecil yang berair. Jika buah hati Anda mengalami biang keringat, sedapat mungkin bunda harus menghindarkan bayi dari suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin. Berikan pakaian longgar dengan siklus udara yang lancar.

 

3. Penyakit kulit seborrhea

Jenis Penyakit Kulit yang Paling Sering Menyerang Bayi, Waspadai Bunda!

Penyakit kulit seborrhea pada kulit bayi adalah suatu radang di kulit bagian atas yang menyebabkan timbulnya sisik pada area kulit kepala, wajah atau di bagian tubuh lain pada bayi seperti di area dada dan pipi. Penyakit ini paling sering terjadi pada bayi yang usianya masih dibawah 6 bulan. Jika buah hati Anda mengalami seborrhea, bunda perlu mengoleskan minyak zaitun atau baby oil di kulit yang mengalami kondisi tersebut dan sikat dengan lembut menggunakan tangan halus bunda.

Baca juga: Cara Alami Atasi Demam Pada Bayi, Bunda Harus Tahu!

 

4. Penyakit kulit eksim

Jenis Penyakit Kulit yang Paling Sering Menyerang Bayi, Waspadai Bunda!

Eksim merupakan kondisi radang yang menyebabkan kulit melempuh atau bergelembung – gelembung. Kondisi ini tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa melainkan juga dapat terjadi pada bayi. Eksim dapat membuat bayi merasa gatal sehingga yang bunda harus lakukan adalah mengobati rasa gatal tersebut kemudian oleskan krim yang dapat membuat kondisinya membaik. Anda bisa dapatkan krimnya dengan berkonsultasi dengan dokter dulu.

Untuk bunda yang si kecil mengalami kondisi penyakit kulit diatas, segeralah atasi. Bunda bisa dapatkan obat penyakit kulit di atas di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi-bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

Ingin mendapatkan promo menarik berbagai produk kesehatan dari AkuLaku Indonesia?
Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password