Ustadz Arifin Ilham Sembuh, Ini Keterangan Kanker Kelenjar Getah Bening yang Dialaminya

kanker kelenjar getah bening arifin ilham

Kanker merupakan salah satu penyakit yang terlambat dideteksi. Tidak terkecuali kanker kelenjar getah bening. Salah seorang public figure Indonesia yang cukup populer, Ustadz Arifin Ilham terbaring lemah karena mengalami penyakit tersebut. Sempat dinyatakan sembuh beberapa hari lalu, namun kini kondisi Ustadz Arifin Ilham justru semakin menurun. Tentu masih lekat dalam ingatan, beberapa selebritis papan atas harus merenggang nyawa karena kanker kelenjar getah bening. Nah, sebagai langkah antisipatif, ada baiknya kita mulai mengenali gejala kanker kelenjar getah bening tersebut.

Mengenal lebih dahulu kanker kelenjar getah bening

Kanker Kelenjar Getah Bening Arifin IlhamKenali dahulu pengertian kanker sebelum mendeteksi gejalanya di tubuh (Foto: Pixabay)

Kanker getah bening adalah jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik. Sobat kiatfit perlu tahu bahwa sistem limfatik memiliki peranan yang penting dalam menjaga pertahanan tubuh, terutama saat terserang infeksi atau kanker.

Untuk penyembuhannya, kemungkinan sembuh dari kanker kelenjar getah bening bergantung pada tahap atau stadium kanker yang dialami oleh penderita. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui apakah tubuh mereka terserang kanker atau tidak. Serta melakukan pengobatan secepatnya setelah sel kanker terdeteksi mengganggu kinerja organ tubuh.

Kenali gejala kanker kelenjar getah bening

Kanker Kelenjar Getah Bening Arifin IlhamPenderita umumnya mengalami penurunan nafsu makan secara drastis (Foto: Unsplash)

Meski sulit dideteksi, bukan berarti setiap orang menjadi sulit mengamati gejala kanker kelenjar getah bening. Ada beberapa gejala kanker kelenjar getah bening yang bisa diperhatikan secara mendalam.

  1. Munculnya benjolan yang tidak terasa sakit, cenderung membesar, dan menetap
  2. Biasanya disertai dengan demam menggigil
  3. Penurunan nafsu makan mungkin saja terjadi, biasanya dibarengi dengan turunnya berat badan secara drastis pada beberapa kasus
  4. Sering mengalami infeksi yang susah sembuh
  5. Batuk tidak kunjung sembuh
  6. Sering terserang kelelahan hingga badan terasa mudah lemas
  7. Untuk kasus spesial seperti limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin, gejalanya bisa berbeda dengan kanker kelenjar getah bening pada umumnya.

Baca juga: Air Rebusan Pare Bisa Menjadi Obat Penyakit Kanker, Benarkah?

Mengenal gejala kanker getah bening non-Hodgkin

Kanker Kelenjar Getah Bening Arifin IlhamPenderita biasanya juga lebih cepat merasa lelah (Foto: Unsplash)

Penyakit ini cukup mengerikan karena penderita hampir tidak bisa merasakan adanya gejala terserang kanker di awal. Gejala yang ditimbulkan pun tergantung pada lokasi di mana kanker berkembang. Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening non-Hodgkin adalah sebagai berikut.

  1. Pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak atau selangkangan, namun tidak terasa sakit,
  2. Merasakan sakit atau mengalami pembengkakan di perut,
  3. Merasa cepat kenyang walaupun hanya makan dengan porsi kecil,
  4. Mengalami nyeri atau perasaan tertekan di dada,
  5. Sesak napas atau batuk,
  6. Mengalami demam berkepanjangan,
  7. Mengalami penurunan berat badan namun tidak diketahui penyebabnya,
  8. Berkeringat di malam hari,
  9. Kerap terserang anemia atau kekurangan sel darah merah,
  10. Sering merasa lelah hingga mudah kehabisan tenaga.

Gejala di atas memang bisa saja mengindikasikan Anda terserang penyakit lain. Ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter apabila merasakan gejala yang disebutkan di atas.

Baca juga: Tips Makan Buah dan Sayur Bagi Penderita Kanker, 100% Aman!

Kenali juga gejala kanker kelenjar getah bening Hodgkin

Kanker Kelenjar Getah Bening Arifin Ilham
Berat badan yang turun drastis harus dicurigai (Foto: Unsplash)

Kanker yang satu ini tidak kalah mengerikan karena penderitanya bisa saja merasa tidak sakit atau sehat-sehat saja. Namun, gejalanya tetap bisa dikenali apabila mengecek kondisi tubuh bagian dalam. Gejalanya hampir sama dengan kelenjar getah bening non-Hodgkin, namun diperparah dengan gatal-gatal dan peningkatan sensitivitas terhadap alkohol.

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan medis apabila tidak terlalu yakin terhadap gejala yang ditunjukan oleh tubuh. Pemeriksaan medis untuk diagnosa penyakit ini meliputi pemeriksaan jaringan kelenjar getah bening melalui metode eksisional biopsi dan insisional biopsi.

Tes darah untuk mengecek jumlah sel darah putih juga mungkin untuk dilakukan. Sedangkan untuk penanganan, semua bergantung pada sejauh mana sel kanker menyerang sistem imun penderitanya. Sehingga, penting untuk mendeteksi gejalanya sejak dini sebelum terlambat menangani.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password