Kebiasaan Buruk yang Dapat Membahayakan Kulit

Setiap orang mendambakan kulit yang cerah, mulus dan bersih, namun beberapa dari kita belum mengetahui, bahwa kulit mulus berawal dari pengetahuan akan hal-hal yang dapat membahayakan kulit. Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang membungkus otot serta pembuluh darah. Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit pun membutuhkan perawatan dan perlindungan.  Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perawatan mahal seperti membeli obat.

Jadi, bagaimana solusinya? Cukup dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tak hanya akan memengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga penampilan, termasuk kulit. Nah, untuk menjalani gaya hidup sehat, ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari, berikut diantaranya:

Berlama-lama di bawah sinar matahari

Berjemur selama 15-20 menit pada pagi hari memang memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan.  Akan tetapi, jika kulit terlalu sering terpapar matahari di waktu yang salah tanpa tabir surya maka dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Anda dapat dengan mudah mengetahui bila seseorang sering beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama dan tanpa pelindung. Kulit akan terlihat lebih keriput dan dipenuhi dengan flek atau noda hitam.

Malas menggunakan tabir surya

Banyak orang membuat kesalahan terbesar dengan tidak menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang cukup. Ada pula yang tidak menggunakan berulang kali sesuai dengan aturan yang tertera di botol tabir surya. Meskipun Anda hanya berada di luar ruangan saat berangkat ke kantor atau pergi makan siang, kulit Anda tetap memerlukan SPF. Dan ingat, menggunakan tabir surya pada pagi hari tidak akan melindungi kulit pada siang hari. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih pada pagi dan siang hari. Tabir surya perlu dipakai 30 menit sebelum keluar ruangan dan diulang setiap 2 jam.

Salah Memilih Minuman

Ketika Anda merasa haus, anda tidak boleh salah dalam memilih minuman. Minum kopi, teh, susu memang baik bagi tubuh tapi Anda harus tetap mengimbanginya dengan air putih agar tubuh selalu terjaga kelembabannya. Sehingga kulit juga ikut terawat dengan baik.

Tidak Mencuci Muka

Wanita tidak pernah luput dari make up. Dan untuk membersihkan make up tidak boleh hanya cukup cleanser saja, Anda harus tetap membersihkannya dengan cara mencuci muka menggunakan sabun agar sisa-sisa makeup tidak mengendap di pori. Karena jika terjadi pengendapan di pori bisa mengakibatkan masalah lain. Fungsi sabun ini untuk mengangkat semua residu dan sisa makeup hingga kedalam pori.

Begadang

Jangan anggap begadang merupakan hal biasa. Jika Anda sayang dengan kulit Anda, maka jangan terlalu sering begadang. Karena begadang bisa membuat kulit kehilangan kelembaban dan kemilaunya.Untuk itu mulai sekarang hindari begadang, tidur yang cukup sehingga besuk pagi bisa bangun dengan segar.

Mengesampingkan Sayur

Untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda tidak boleh mengesampingkan sayur. Selain kaya akan kandungan air, sayur juga memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang bisa merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

 

2 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password