Waspada! Ini Kesalahan Menggosok Gigi yang Sering Dilakukan Banyak Orang

kesalahan menggosok gigi

Kiatfit.com – Kebersihan mulut adalah salah satu penentu dari kesehatan kita. Tak jarang jika area ini tidaklah bersih maka masalah yang muncul adalah sakit gigi, gigi berlubang, bau mulut dan lain sebagainya. Meski rajin menggosok gigi namun pernahkah anda berpikir bahwa selama ini cara menggosok kita sudah benar atau justru salah ? Ketahui bahwa ada beberapa kesalahan menggosok gigi yang ternyata masih dilakukan oleh banyak orang. Hal ini memang tidak banyak yang mengetahuinya dengan benar.

Mulai dari pasta gigi yang dipilih hingga gerakan menggosok gigi juga memiliki peran penting dalam menciptakan gigi bersih dan sehat. Ada beberapa saran yang bisa anda simak mengenai kesalahan dalam membersihkan gigi. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

5 Kesalahan Menggosok Gigi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

 

1. Menyikat Gigi Terlalu Sebentar

Waktu ideal yang dibutuhkan untuk menyikat gigi adalah dua menit. Kebanyakan orang dewasa akan menggosok gigi dengan buru-buru dan dibawah satu menit. Hal ini tidak begitu disadari. Padahal menyikat gigi yang akurat dan terjamin kebersihannya memang 2 menit. Agar bisa mencapai waktu ideal ini, anda bisa menggunakan bantuan stopwatch. Gunakan pula sikat elektrik yang memiliki built alarm dan berbunyi jika kita sudah menyikat gigi selama 2 menit. Mulut sendiri terbagi menjadi empat daerah dan butuh waktu 30 detik setiap bagiannya. Dengan demikian, sikat gigi akan lebih efektif untuk menjadikan gigi putih dan mulut segar.

Baca juga: Kiat Menjaga Gigi Selalu Sehat dan Bersih yang Harus Diketahui

 

2. Menggosok Gigi Terlalu Keras

Kesalahan menggosok gigi berikutnya adalah dengan gerakan terlalu keras. Apabila kekuatan anda ketika menyikat gigi ini sama dengan aktivitas menyikat lainnya maka ubahlah kebiasaan tersebut. Menggosok dengan terlalu keras bisa membuat jaringan gusi menjadi stress berat dan menyebabkan merosot longgar. Nantinya hal ini bisa berakibat adanya akar gigi. Daerah ini dikenal sangat sensitif akan suhu panas dan dingin. Lebih rentan juga terhadap pembentukan lubang.

 

3. Asal Gosok dalam Menyikat Gigi

Menyikat gigi yang lurus, bolak-balik seperti sedang menyetrika adalah cara yang salah ketika digunakan membersihkan gigi. Konsentrasikan pembersihan gigi hingga tuntas di daerah gigi dengan cara yakni menggenggam sikat gigi dengan menempatkan sudut kepala sikat 45 derajat. Sikat dengan gerakan sapuan pendek dan memutar. Mirip dengan menyapu dalam lingkaran kecil. Jauhi garis gusi untuk seluruh permukaan gigi bagian depan. Jangan lupa untuk menyikat lidah agar bisa membantu mengikis plak yang ada di permukaannya.

 

4. Langsung Berkumur Setelah Menyikat Gigi

Kesalahan berikutnya adalah dengan buru-buru berkumur setelah menyikat gigi. Padahal cara yang benar adalah dengan meludahkan kelebihan busa yang ada dalam mulut. Berkumur setelah menyikat gigi langsung akan menghilangkan konsentrasi flourida dari pasta gigi. Hal ini bisa mencairkan serta mengurangi efek pasta gigi pada mulut dan kebersihan gigi kita.

Baca juga: Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut yang Seringkali Dialami Orang Dewasa

 

5. Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan

Kebanyakan hal ini dilakukan bagi mereka yang ingin benar-benar menjaga kebersihan. Padahal sebaiknya tidak menyikat gigi setelah makan atau minum yang mengandung asam. Setidaknya tunggu hingga 30 menit. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa menyikat yang terlalu cepat setelah mengonsumsi makanan bisa membawa dampak pada gigi kita. Hindari menyikat gigi selama 30 menit.

Mengetahui ternyata ada banyak kesalahan menggosok gigi membuat kita mampu dalam memperbaiki caranya hingga benar. Jaga kebersihan gigi dan mulut agar tidak menjadi biang penyakit dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat dalam membenahi cara kita dalam menggosok gigi.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password