7 Kesalahan Perawatan Kulit yang Sering Kamu Lakukan Tanpa Sadar

Kesalahan Perawatan Kulit

Kiatfit.com – Perawatan kulit merupakan hal yang sangat penting bagi setiap wanita jika ingin mendapatkan kulit yang segar dan sehat. Kebanyakan wanita yakin telah merawat kulit dengan sebaik-baiknya. Tapi apakah kamu benar-benar telah melakukan perawatan yang tepat? Atau ada kesalahan-kesalahan yang tanpa sadar telah kamu lakukan? Nah, sebenarnya ada beberapa kesalahan dalam perawatan kulit yang tanpa sadar telah dilakukan kebanyakan wanita. Berikut ulasannya.

1. Pakai sabun muka sembarangan

Kesalahan Perawatan Kulit - Sabun Muka

Yang ini bisa berdampak buruk bagi perawatan kulit wajah. Sabun muka dan sabun muka kelihatannya memang memiliki fungsi yang sama, yakni mengangkat kotoran dan debu dari kulit. Tapi sabun mandi memiliki kandungan dan pH berbeda yang membuatnya terlalu keras bagi kulit wajah. Sel kulit wajah pun akan mudah rusak.

Selain itu, sabun mandi akan menghilangkan lapisan kelembapan pada kulit, sehingga kulit menjadi kering, kasar, mudah berjerawat, dan pori-pori pun tersumbat. Jadi, mulai sekarang stop menggunakan sabun mandi untuk muka ya, girls!

2. Kurang minum air putih

Kesalahan Perawatan Kulit - Kurang Minum Air Putih

Kurangnya konsumsi air putih tak hanya berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan kulit. Kadar air yang kuring bisa membuat kulit menjadi kusam, kering, dan bersisik. Bakteri dan virus pun jadi lebih gampang menempel ke kulit yang kering.

Selain melembabkan kulit, air putih juga membuat kulit menjadi lebih kencang. Kulit pun tak mudah mengalami keriput dan penuaan dini. Jadi, perbanyak minum air putih setiap hari ya, girls. Cuma 8 gelas per hari, kok!

3. Kurang tidur

Kesalahan Perawatan Kulit - Kurang Tidur

Kurang tidur juga berdampak buruk bagi perawatan kulit dan dapat mengubah penampakan wajahmu. Wajah akan menjadi terlihat tua, muncul jerawat, kantung mata membesar, hingga kulit menjadi kusam.

Jadi, sebaiknya tidurlah lebih awal dan dengan durasi yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam setiap hari. Dengan begitu, kulitmu akan terlihat berkilau secara alami. Tidur yang cukup juga akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan berseri saat bangun di keesokan harinya.

Baca juga : manfaat kunyit untuk kecantikan

4. Malas Pakai Sunscreen

Kesalahan Perawatan Kulit - Sunscreen

Indonesia berada di daerah tropis, sehingga tak jarang jika kita sering terpapar panasnya sinar matahari saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Maka dari itu, para wanita seharusnya memakai sunscreen atau tabir surya setiap akan keluar rumah. Pasalnya, panas matahari bisa berdampak negatif bagi perawatan kulit.

Tapi sayangnya banyak wanita yang malas menggunakan sunscreen. Padahal, jika tidak dilindungi dengan sunscreen, kulit akan mudah kering dan terbakar. Selain itu, juga dapat menimbulkan flek hitam bahkan hingga kanker kulit. Jadi mulai sekarang sebaiknya rajin pakai sunscreen sebelum keluar rumah ya, girls!

5. Salah Pilih Pelembap

Kesalahan Perawatan Kulit - Pelembab

Tak hanya tabir surya, wanita pun wajib memakai pelembab atau moisturizer setiap hari. Dengan memakai pelembab, kamu akan memperoleh kulit wajah yang lembut, halus, dan sehat. Namun jangan sampai salah memilih pelembab. Pastikan pelembab yang kamu pakai sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Pilihlah pelembab yang cocok untuk berbagai aspek kulitmu berdasarkan tipe kulit, usia, serta kondisi kulit seperti kering atau berminyak.

6. Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Kesalahan Perawatan Kulit - Menyentuh Wajah

Hal ini yang paling sering dilakukan tanpa sadar. Tanpa disadari, kita sering memegang bagian wajah dengan tangan yang belum dicuci. Padahal, tangan tersebut sudah menyentuh banyak barang sehingga kotor oleh debu dan bakteri. Akibatnya, pori-pori wajah yang disentuh akan kotor dan bisa menimbulkan jerawat. Apalagi kalau yang tersentuh adalah jerawat yang sudah, bisa-bisa jerawat tersebut akan lebih parah dari sebelumnya.

7. Leher Bagian Belakang Tak Dibasuh Setelah Keramas

Kesalahan Perawatan Kulit - Keramas

Nah, ini yang paling sering terlupakan. Cairan shampo tentunya akan mengalir ke bagian leher saat kamu keramas. Apabila bagian belakang leher tidak dibasuh sampai bersih, sisa-sisa shampo masih akan menempel. Hal ini bisa menyebabkan pori-pori kulit menjadi tertutup, sehingga timbul jerawat di area leher atau punggung.

Jadi, keramas sebaiknya dilakukan sebelum penggunaan sabun muka atau sabun mandi. Asalkan kamu juga tak lupa membasuh leher bagian belakang saat memakai sabun mandi atau sabun muka.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan tanpa sadar dalam perawatan kulit. Semoga bisa menjadi tips dan referensi untuk merawat kulit setiap hari.

Baca juga : Minuman yang bikin kulit putih

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password