Larangan Wanita Hamil Ketika Olahraga, Ibu Hamil Harus Tahu!

Larangan Wanita Hamil Ketika Olahraga, Ibu Hamil Harus Tahu!

Kiatfit.com – Olahraga memang ada banyak manfaatnya. Olahraga dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk wanita hamil. Walau Anda sedang hamil, Anda tetap dianjurkan untuk olahraga setidaknya 15 menit setiap hari akan tetapi tentu Anda juga harus tahu bahwa tidak semua olahraga bagi wanita hamil itu baik. Wanita hamil harus tetap memperhatikan apa olahraga yang aman bagi dirinya.

Wanita hamil juga perlu tahu apa saja larangan wanita hamil ketika olahraga agar olahraga yang dilakukan tidak menimbulkan resiko cedera. Berikut apa saja larangan wanita hamil ketika olahraga yang Anda harus tahu dan hindari agar tidak beresiko mengalami cedera!

Larangan Wanita Hamil Ketika Olahraga

Larangan Wanita Hamil Ketika Olahraga, Ibu Hamil Harus Tahu!

Ada beberapa larangan wanita hamil ketika olahraga yang harus dihindari. Hal ini karena aktivitas tersebut dapat menjadikan wanita yang sedang hamil bermasalah dengan kehamilannya. Berikut beberapa larangan wanita hamil ketika olahraga yang Anda harus tahu, diantaranya :

  • Ketika sedang melakukan peregangan otot, hormon yang disebut dengan relaxin diproduksi dimana hormon ini akan dapat meningkatkan terjadinya fleksibilitas otot. Karena itu sangat dianjurkan agar Anda tidak meregangkan otot secara berlebihan karena otot Anda berpotensi robek jika Anda melakukannya.
  • Latihan olahraga yang melibatkan aktivitas memutar bagian pinggang, memantul, membalikkan tubuh, atau sit up perlu dihindari. Hal ini karena latihan semacam ini menjadi penyebab variasi tekanan darah.
  • Ketika Anda olahraga, pastikan bahwa Anda tidak terlalu lama berdiri. Hal ini bisa jadi penyebab aliran darah tidak merata ke organ rahim karena kaki akan menerima sejumlah besar darah sehingga ibu hamil beresiko mengalami pusing tak tertahankan.
  • Menahan nafas dalam waktu lama tidak dianjurkan untuk dilakukan utamanya ketika sedang yoga. Karena itu baiknya Anda pilih gerakan yoga yang tidak terlampau berat ketika sedang hamil.
  • Ada baiknya agar Anda memastikan diri tidak berbaring terlentang ketika olahraga. Mengapa? Hal ini karena ketika Anda berbaring terlentang ketika olahraga dapat membuat aliran darah tidak lancar serta menyebabkan mual Anda alami. Anda juga lebih disarankan berbaring di sisi kiri tubuh ketika ada gerakan olahraga tertentu.

Itulah apa saja larangan wanita hamil ketika olahraga yang ibu hamil harus pahami. Lakukan olahraga semampu Anda dan berhenti ketika sudah dirasa tidak nyaman dengan gerakan tersebut. Hindari memaksakan diri.

 

Ingin mendapatkan promo eksklusif seputar produk Ibu dan Anak?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini dengan lengkap! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password