Bersyukurlah ketika Makan Coklat, dan Jangan Takut Gendut

Makan Coklat Bermanfaat untuk Tubuh

Kiatfit.com – Kebanyakan makan coklat? Jangan takut berat badan jadi naik. Bahkan, kamu harus bersyukur karena sudah bisa menikmati coklat pemberian orang tersayang. Lho kok bisa?

Ternyata, coklat punya manfaat besar bagi kamu yang ingin menguruskan badan. Beberapa laporan penelitian bahkan melihat coklat punya peran penting untuk membantu olahraga seseorang. Banyak fakta tentang coklat yang memberi bukti kalau kudapan satu ini sangat oke manfaatnya bagi tubuh.

Berikut Ini 5 Manfaat Makan Coklat untuk Tubuh

1. Coklat bantu penuhi nutrisi tubuh

Bersyukurlah ketika Makan Coklat, dan Jangan Takut Gendut

Nutrisionis Amerika Serikat yang juga praktisi diet, Natalie Rizzo R.D, menyebut bahwa coklat adalah “makanan jahat paling baik untuk tubuh.” Dilansir dari bukunya, The No-Brainer Nutrition Guide For Every Runner, semua jenis coklat, apakah itu coklat putih, coklat susu, atau dark chocolate, mengandung karbohidrat yang baik dengan sedikit kandungan gula.

Jadi jika kamu tetap makan banyak coklat, tapi disaat bersamaan kamu menyelinginya dengan olahraga rutin, Natalie menyebut kamu masih bisa “merasakan surga meski memakan buah terlarang”.

2. Coklat bantu kamu supaya nggak cepat capek

Bersyukurlah ketika Makan Coklat, dan Jangan Takut Gendut

Sebuah penelitian yang dikutip situs Runners World menyebut bahwa coklat membantu kamu mengerjakan aktivitas berat. Kandungan zat epicatechin dalam kakao justru baik untuk menjaga stamina.

Mengonsumsi coklat ternyata bisa membantu peningkatan efisiensi pernafasan dan penggunaan oksigen dalam tubuh. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 20 gram cokelat hitam setiap hari selama tiga bulan bisa meningkatkan efisiensi penggunaan oksigen sebanyak 17 persen. Bahkan, kamu bisa memperbaiki pernafasanmu dengan coklat meski kamu mageran, alias orang yang malas gerak.

3. Coklat mencegah peradangan sendi

Bersyukurlah ketika Makan Coklat, dan Jangan Takut Gendut

Buat kamu yang nggak mau kena radang sendi di waktu muda, mengonsumsi coklat menjadi opsi terbaik sekaligus menyenangkan. Pasalnya, sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa antioksidan cokelat, yang dikenal sebagai flavonoid membantu mengurangi peradangan.

Peradangan sendi juga menjadi momok bagi mereka yang rutin dengan aktivitas berat dan juga olahraga rutin, terutama berlari. Penelitian yang sama menyebut bahwa coklat juga penting dikonsumsi atlet, dengan tujuan untuk mengurangi resiko cedera.  Selain itu kandungan flavonoid pada coklat tadi juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

4. Coklat bantu kamu “pergi lebih jauh”

Bersyukurlah ketika Makan Coklat, dan Jangan Takut Gendut

Eits, Ini maksudnya bukan berarti coklat bantu kamu buat kelayapan ya. Maksudnya, coklat teryata membantu seseorang meningkatkan stamina ketika menempuh perjalanan jauh, baik lewat berjalan maupun berlari.

Dalam sebuah penelitian di Spanyol, dikutip Runners World, coklat secara signifikan membantu seseorang berjalan dan berlari lebih lama. Mengonsumsi coklat berarti kesempatan mendapatkan karbohidrat dan kafein dalam jumlah yang cukup bagi tubuh. Kedua zat tersebut punya andil besar sebagai cadangan energi, sekaligus meningkatkan kekuatan beraktivitas.

5. Bonus: Coklat terbukti menghilangkan badmood

Bersyukurlah ketika Makan Coklat, dan Jangan Takut Gendut

Banyak orang mengatakan bahwa coklat adalah moodbooster terbaik. Ketika makan coklat, suasana hari yang buruk akan berubah jadi baik. Dan ini terbukti secara ilmiah.

Buah kakao sebagai bahan dasar coklat ternyata mengandung banyak hormon serotonin yang mengatur suasana hati. Menurut sebuah penelitian yang dikutip The Guardian, semakin gelap cokelat, semakin banyak hormon serotonin yang Anda dapatkan.

Bahkan beberapa aktor dan aktris Hollywood seperti Scarlett Johansson dan Ryan Gosling diketahui secara rutin menonsumsi coklat sebelum berolahraga, agar mereka bisa berolahraga dengan suasana hati yang senang dan gembira. Hmmm … nggak ada salahnya kan kita niru mereka juga?

Jadi buat kamu yang kemarin makan banyak coklat, ngga usah takut gendut. Tetap tekadkan diri untuk rutin berolahraga karena coklat akan siap sedia membantu aktivitasmu. Stay eating good food and keep your workout!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password