Warnai Acara Kumpul Keluarga dengan Makanan Imlek Menyehatkan ini

Makanan Imlek Menyehatkan

Kiatfit.com – Seluruh etnis Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Cina pada 5 Februari mendatang. Hari besar ini disambut dengan penuh sukacita dan kegembiraan, terutama bagi yang akan berjumpa dengan saudara. Lampion berwarna merah menghiasi sepanjang jalan kota-kota di Indonesia. Belum lagi hiasan yang turut memeriahkan kampung pecinan. Pastinya, imlek menjadi momen penting yang dinanti oleh semua orang, terutama hidangan makanan imlek yang disajikan saat acara kumpul keluarga.

Imlek belum lengkap rasanya tanpa kehadiran berbagai makanan yang memang khusus dihidangkan saat Tahun Baru Cina tiba. Selain cita rasanya yang menggugah selera, makanan ini juga mengandung makna cukup mendalam. Namun, bagi sobat sehat yang ingin tetap menjaga kesehatan selama merayakan imlek, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan imlek menyehatkan seperti yang disebutkan di bawah ini.

Makanan Imlek Menyehatkan untuk Warnai Acara Kumpul Keluarga

Nikmati kesegaran salad sayuran dan ikan dalam sajian Yu Sheng

Makanan Imlek Menyehatkan - Yu Sheng

(Sumber foto: Instagram/@comodempsey)

Meski tengah merayakan hari raya, semestinya tidak menjadi alasan untuk menghindari makanan kaya nutrisi. Tubuh tetap memerlukan asupan berupa vitamin dan aneka mineral di saat-saat terpenting, seperti pada momen kumpul keluarga. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati makanan imlek menyehatkan dan kaya nutrisi, Yu Sheng tentu bisa jadi pilihan.

Yu Sheng atau Yee Sang adalah sajian imlek berupa salad ikan fresh dengan tambahan irisan sayuran segar. Sayuran yang digunakan biasanya lobak dan wortel. Cara membuatnya cukup mudah, yakni merendam ikan tuna atau salmon di dalam campuran minyak goreng, minyak wijen, dan merica. Sedangkan untuk saus Yu Sheng dibuat dari perpaduan minyak wijen, saus buah prem, gula pasir dan kayu manis.

Ada keunikan tersendiri dalam pembuatan makanan imlek menyehatkan ini. Saat ikan dan sayuran diaduk dengan saus, harus diangkat tinggi-tinggi atau disebut dengan kebiasaan Lo Hei. Hal ini dipercaya mendatangkan keberuntungan pada tahun yang baru. Yu Sheng juga diaduk bersamaan oleh keluarga yang duduk satu meja sambil mengucapkan selamat tahun baru Imlek dan mengucapkan berbagai do’a yang baik. Tradisi ini dipercaya sebagai penguat hubungan antar anggota keluarga.

Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Justru Berbahaya Bagi Tubuh, Berhati – Hatilah!

Tubuh prima selama merayakan imlek dengan Eight Treasure Soup

Makanan Imlek Menyehatkan - Eight Treasure Soup

(Sumber foto: Instagram/@orientalbowl.my)

Makanan imlek menyehatkan yang kedua adalah Eight Treasure Soup atau Sup Delapan Bentuk. Selain kaya makna seperti melambangkan harapan atas usaha yang berkembang cepat, sup ini juga kaya nutrisi. Bagaimana tidak, isian dari sup ini terdiri dari delapan bentuk bahan mendasar mulai dari teripang, jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginko, hingga biji lotus.

Semua bahan makanan di atas memiliki peran vital dalam membentuk metabolisme tubuh. Sehingga penikmatnya bisa semakin prima dalam menyambut tahun yang baru.

Jangan abaikan nutrisi berupa protein dan lemak, Ayam Kodok bisa jadi pilihan santapan saat imlek tiba

Makanan Imlek Menyehatkan - Ayam Kodok

(Sumber foto: Unsplash/@tjsocoz)

Ayam Kodok merupakan salah satu makanan imlek menyehatkan yang bisa kamu coba saat berkumpul dengan keluarga. Hidangan ini berupa badan ayam utuh yang dibentuk menyerupai kodok gemuk. Melansir dari seruni.id, makanan menyehatkan ini melambangkan kebahagiaan serta keberuntungan. Meski merupakan makanan khas china peranakan, namun tetap tidak menghilangkan makna khas etnis Tionghoa yang lekat dengan keberuntungan dan kejayaan.

Ayam Kodok biasanya diisi dengan daging sapi, daging babi, maupun kentang rebus. Namun di Indonesia, untuk keluarga muslim biasanya menggunakan isian daging sapi, kornet, telur rebus, serta kentang rebus. Ayam Kodok disajikan dengan saus yang terbuat dari air kaldu sisa pengukusan dan dicampur dengan tumisan bawang putih serta bawang bombay. Selanjutnya ditambahkan kecap asin, kecap manis, saus tiram, lada hitam, merica bubuk dan kaldu bubuk. Penambahan tepung maizena di bagian akhir proses memasak dimaksudkan untuk mengentalkan saus.

Makanan imlek menyehatkan ini kaya akan lemak dan protein. Nutrisi tersebut membuat santapan ini cocok dinikmati saat tubuh memerlukan asupan tenaga dan penjaga metabolisme tubuh dari makanan pengandung zat karbohidrat, lemak, dan protein.

Baca juga: Awas! Cara Memasak Ini Penyebab Makanan Sehat Jadi Tidak Sehat

Sempurnakan perayaan imlekmu dengan jeruk mandarin yang menyegarkan

Makanan Imlek Menyehatkan - Jeruk Mandarin

(Sumber foto: Instagram/@robertina)

Nah, yang terakhir, tentu sobat Kiatfit tidak boleh melewatkannya. Ya, jeruk mandarin merupakan makanan imlek menyehatkan yang selalu ada di meja saji saat imlek tiba. Kandungan vitamin C pada jeruk mandarin tentu dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme. Saat sobat Kiatfit merasa lelah, ada baiknya untuk menyuplai vitamin ke dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi jeruk mandarin, makanan imlek menyehatkan ini.

Selain itu, jeruk yang disajikan saat imlek memiliki makna kemakmuran dan kesejahteraan yang utuh. Hal ini dikarenakan, jeruk disajikan lengkap dengan tangkai dan daunnya. Benar-benar alami dan menyehatkan, bukan?

Setelah membaca ulasan di atas, sobat Kiatfit tentu tidak perlu ragu lagi untuk menikmati makanan imlek menyehatkan. Jadikan acara kumpul keluarga saat Imlek lebih meriah dengan santapan sehat khas Imlek yuk.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password