5 Makanan yang Bisa Dijadikan Obat Penurun Darah Tinggi

5 Makanan yang Bisa Dijadikan Obat Penurun Darah Tinggi

Kiatfit – Darah tinggi merupakan kondisi yang bisa menyebabkan berbagai gejala berbahaya, mulai dari serangan jantung, stroke dan lain sebagainya. Karena itulah, sangat penting untuk menjaga kadar darah dalam tubuh agar selalu dalam keadaan stabil atau normal. Darah tinggi sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Jenis makanan yang bisa dijadikan obat penurun darah tinggi tersebut bisa kamu simak di bawah ini.

Tidak perlu obat mahal hanya untuk sekedar menurunkan darah tinggi. Cukup dengan makanan sehat dan enak, kadar darah dalam tubuh akan kembali normal. Yuk cek informasinya!

5 Makanan yang Bisa Dijadikan Obat Penurun Darah Tinggi

Sayuran hijau

makanan obat penurun darah tinggi

Jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai obat penurun darah tinggi yang pertama adalah sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi seperti, sawi, bayam, kale, lobak hijau, dan sayuran lainnya yang mengandung kalium tinggi. Selain kandungan tersebut, di dalam sayuran hijau juga terdapat kandungan kalsium yang berpengaruh baik dalam menurunkan darah tinggi.

Pastikan disetiap harinya kamu mengkonsumsi sayuran hijau agar tekanan darah dalam tubuh tetap normal dan stabil. Usahakan juga memilih sayuran yang masih segar, bukan sayuran yang dikemas dalam kaleng.

Buah pisang

makanan obat penurun darah tinggi

Selanjutnya adalah buah pisang yang juga bisa dijadikan sebagai obat penurun darah tinggi. Mungkin sebagian dari kalian masih asing dengan manfaat buah pisang yang mampu membantu penderita hipertensi. Di dalam pisang terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi yang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar natrium pada tubuh penderita darah tinggi. Yang demikian ini akan berdampak pada menurunnya kadar darah dalam tubuh.

Untuk menurunkan kadar darah dengan buah pisang, bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga menyantapnya bersama yogurt atau sereal.

Baca juga: Cara Menjalankan Diet Rendah Garam Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Yogurt

makanan obat penurun darah tinggi

Yogurt ternyata juga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanana darah tinggi. Di dalam yogurt terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi dan bisa mengatasi hipertensi. Ini karena salah satu penyebab naiknya tekanan darah dikarenakan tubuh yang kekurangan kalsium.

Dalam takaran 170 gram yogurt memiliki kandungan kalsium sebanyak 300 mg, dimana ini sudah memenuhi 1/3 dari kebutuhan kalsium bagi tubuh. Tidak hanya itu, yogurt juga rendah natrium, kandungan yang paling dilarang bagi penderita hipertensi. Mulai sekarang, konsumsi yogurt agar tekanan darah kembali stabil.

Kentang

makanan obat penurun darah tinggi

Kentang menjadi salah satu makanan populer untuk program penurunan berat badan. Tapi ternyata kentang juga mampu mestabilkan tekanan darah dalam tubuh berkat kandungan kalium dan juga magnesium yang ada di dalamnya. Kedua kandungan mineral tersebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kentang yang dijadikan obat penurun darah tinggi sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dipanggang tanpa penambahan bumbu atau bahan apapun, apalagi garam. Kentang yang diolah dan ditaburi dengan garam, hal ini bukan berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, melainkan sebaliknya. Garam dengan kandungannya justru akan meningkatkan tekanan darah.

Baca juga: Bahan Alami Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah bit

makanan obat penurun darah tinggi

Jenis makanan yang bisa dijadikan obat penurun darah tinggi yang terakhir adalah buah bit. Mengkonsumsi buah bit yang dijadikan sebagai jus akan mampu menurunkan tekanan darah 6 jam setelahnya. Bahkan penelitian ini sudah dibuktikan langsung oleh Nutrition Journal tahun 2013 yang lalu.

Ini karena di dalam buah bit terdapat kandungan yang bernama nitrat, salah satu nutrisi yang bisa menurunkan tekanan darah. Selain dijadikan jus, buah bit juga bisa dikonsumsi dengan cara lainnya, baik dengan dipanggang maupun dikukus.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan sebaagai obat penurun darah tinggi paling efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password