Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Kiatfit.com – Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua kategori, yakni kadar kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Yang paling sering menjadi permasalahan dalam kolesterol ini adalah tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh. Ketika kadar kolesterol jahat dalam tubuh cukup tinggi, akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit. Nah, untuk mencegah hal tersebut kamu harus memperhatikan makanan pantangan kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari.

Banyak informasi yang bertebaran di internet mengenai makanan yang menjadi pantangan kolesterol. Namun informasi tersebut masih simpang siur. Karena itulah pada artikel kali ini akan memberi tahu mana makanan yang harus dihindari menurut para ahli kesehatan. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Jeroan hewan

Pantangan kolesterol tinggi yang pertama wajib dihindari adalah jeroan hewan. Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau jeroan hewan ini memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan, terutama saat mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak wajar. Jeroan hewan ini juga mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga wajib dihindari bagi kamu pemilik kolesterol tinggi.

Beberapa jenis jeroan tersebut seperti, usus, hati, jantung, ampela, otak dan organ dalam hewan lainnya.

Kulit hewan

Saat menggorang ayam, tidak jarang orang lebih suka dengan bagian kulitnya yang lebih gurih dan bumbunya terasa. Tahukah kamu? Ternyata kulit ayam tersebut mengandung lemak jenuh dan bisa meningkatkan kolseterol jahat secara signifikan. Selain kulit ayam, termasuk juga kulit sapi dan kikil. Hindari beberapa bagian hewan tersebut jika tidak mau kolesterol dalam tubuh semakin meningkat drastis.

Baca juga : Ragam Jenis Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Makanan cepat saji

Kaum millenial memang lebih suka dengan makanan cepat saji. Alasannya adalah soal kepraktisan dan juga harganya yang terbilang murah dibandingkan dengan makanan olahan lainnya. tapi ternyata, makanan cepat saji ini termasuk ke dalam makanan pantangan kolesterol efeknya yang membuat kolesterol jahat dalam tubuh cepat naik.

Tingginya kadar kolesterol jahat ini disebabkan oleh cara pengolahan dari makanan cepat saji atau junk food tersebut. Beberapa jenis junk food yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol tinggi seperti, kentang goreng, burger, ayam goreng tepung dan lain sebagainya.

Gorengan

Siapa sangka jenis makanan yang sangat pas disantap saat santai ini ternyata masuk dalam daftar makanan pantangan kolesterol. Ini karena kandungan lemak jenuh yang terdapat pada minyak goreng. Cobalah untuk menghindari mengolah makanan dengan menggoreng. Atau jika memang ingin makan gorengan, sebaiknya menggoreng menggunakan minyak zaitun atau minyak yang bebas lemak jenuh lainnya.

Baca juga : Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Menggunakannya

Telur ayam

Telur ayam sering dimanfaatkan sebagai makanan utama saat menjalani program diet. Selain itu, telur ayam juga menjadi pendamping nasi paling simpel ketika tidak punya banyak waktu untuk memasak masakan lainnya. tapi ternyata telur ayam memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Dalam satu butir telur ayam memilki kandungan kolesterol sebanyak 164 mg. Sedangkan untuk kuning telurnya saja terdapat kandungan kolesterol sebanyak 242 mg. Kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya meminimalkan konsumsi telur ayam.

Udang

Dan makanan yang menjadi pantangan kolesterol tinggi yang terakhir adalah udang. Ternyata udang memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan laut lainnya seperti, cumi-cumi, kerang dan juga ikan. Karena itulah sebaiknya kamu menghindari makanan laut satu ini jika tidak ingin kadar kolesterol dalam tubuh semakin meningkat.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan kolesterol tinggi dan harus dihindari. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat agar kolesterol jahat dalam tubuh bisa lebih ditekan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password