Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi Usia 5 Bulan

Makanan Pendamping ASI bagi bayi usia 5 bulan

Kiatfit.com – Dianjurkan agar ketika usia bayi sudah memasuki angka 5 bulan, bunda mulai kenalkan si buah hati dengan aneka makanan padat yang dapat menunjang kemajuan sistem cernanya. Namun memberikan makanan pendamping ASI bagi bayi usia 5 bulan juga tidak boleh secara asal.

Sangat dianjurkan agar makanan pendamping ASI bagi bayi usia 5 bulan yang tepat Anda berikan adalah makanan yang bersifat lunak dan lembut. Hal ini karena gigi bayi usia 5 bulan masih belum sempurna dalam mengunyah makanan sehingga makanan yang masuk ke dalam mulutnya juga perlu disesuaikan. Mengenai apa saja makanan pendamping ASI bagi bayi usia 5 bulan berikut informasi lengkapnya yang Anda harus tahu!

Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi Usia 5 Bulan

 

1. Mengonsumsi sereal

Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi Usia 5 Bulan

Ketika bayi Anda mencapai usia lima bulan, baiknya Anda mulai berikan oatmeal atau havermut dan juga sereal beras. Jangan Anda lupa untuk menambahkan susu formula atau air untuk sereal guna lebih membantu melembutkan tekstur pada makanan Anda. Berikut beberapa tips memasak sereal sebagai makanan pendamping ASI bayi usia 5 bulan yaitu dengan cara :

  • Gunakan sereal polos dan ketika bayi sudah menunjukkan suka dengan sereal Anda bisa kenalkan varian lain secara bertahap.
  • Anda bisa menghangatkan sereal dengan menggunakan microwave agar dapat membuatnya jadi jauh lebih lembek.

 

2. Konsumsi bubur buah-buahan

Didalam buah terdapat banyak kandungan vitamin. Ketika usia bayi Anda 5 bulan, bahan bubur buah – buahan yang bayi Anda harus konsumsi dengan syarat berikut :

  • Pertama-tama buah-buahan perlu ditumbuk dan sedikit dimasak sebelum akhirnya diberikan kepada si buah hati.
  • Mulailah berikan pisang karena buah pisang tak perlu dimasak. Buah alpukat juga dapat menjadi pilihan untuk menjadi bubur atau pure buah bagi bayi Anda.
  • Pastikan bahwa Anda hanya memberikan aneka buah-buahan yang masih segar dan matang bersama tekstur yang lebih lembut untuk disantap bagi buah hati Anda.

 

3. Bubur sayuran

Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi Usia 5 Bulan

Aneka sayuran seperti halnya kentang dan juga wortel dapat diberikan kepada bayi Anda dalam bentuk matang ketika bayi Anda memasuki atau berada di usia 5 bulan. Cara membuat bubur sayuran untuk bayi usia 5 bulan dengan tips berikut :

  • Pastikan bahwa sayuran benar-benar ditumbuk halus dan tidak ada biji apapun yang tertinggal didalamnya.
  • Tidak dianjurkan bagi Anda memberikan sayur mentah sebelum bayi Anda berusia diatas 1 tahun jadi untuk bayi 5 bulan Anda harus masak dulu sayurannya.
  • Hindari memberikan sayur berserat tinggi karena akan berat bagi pencernaan buah hati Anda.

 

4. Makanan mengandung protein

Pertumbuhan bayi juga butuh protein akan tetapi Anda harus pilih jenis protein dengan hati-hati. Anda bisa memilih daging seperti ayam dan juga ikan yang dimasak lembut kemudian disuir dan berikan tanpa tulangnya. Dianjurkan bagi Anda untuk memberikan protein dalam bentuk produk susu kepada bayi di usia 5 bulan.

 

5. Telur

Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi Usia 5 Bulan

Telur merupakan bahan yang dianggap sebagai makanan super utamanya yang penting bagi tumbuh kembang buah hati Anda. Telur sebelum diberikan kepada bayi dapat Anda rebus terlebih dahulu sampai matang.

Anda yang mencari berbagai obat atau suplemen kesehatan, Anda bisa dapatkan di AKULAKU. AKULAKU kini bekerjasama dengan Aidia Network dan memberikan diskon belanja online sampai dengan 700.000,00. Gunakan kode promo AIDIA1 dan raih berbagai diskon serunya!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password