Makanan Sehat Ini Pas Dikonsumsi Saat Musim Kemarau, Apa Saja?

makanan sehat yang cocok dimakan saat musim kemarau

Kiatfit.com -Sebentar lagi Indonesia akan memasuki musim kemarau. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika kemarau yaitu kondisi kesehatan. Peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau biasanya menganggu kondisi tubuh beberapa orang. Ketika kemarau tiba pun biasanya kondisi kesehatan rawan terngganggu terutama karena cuaca yang panas dan tubuh dehidrasi.

Makanan Sehat Berikut Ini Cocok Anda Konsumsi saat Kemarau

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh seseorang kekurangan cairan. Hal ini dapat diatasi dengan memastikan konsumsi air putih delapan gelas sehari. Selain konsumsi air putih, menurut Tim Naviri dalam buku 1001 Makanan Sehat, ada beberapa makanan yang juga dapat menyuplai kebutuhan cairan dalam tubuh. Ingin tahu makanan apa saja? Yuk simak ulasan berikut.

 

1. Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang mampu membantu tubuh mendapat cairan sehingga tubuh tidak dehidrasi. Baca juga Buah Sehat yang Wajib Dikonsumsi Pada Pagi Hari.

Mangga juga mengandung banyak mineral dan vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Selain dapat mencegah tubuh dehidrasi, mangga pun mampu membantu memperbaiki kulit akibat bekas jerawat.

 

2. Delima

Buah delima juga merupakan buah yang baik untuk mencegah dehidrasi. Buah ini  juga mengandung polifenol yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari sinar matahari yang berbahaya bagi kulit dan kesehatan.

 

3. Alpukat

Siapa sangka buah yang terlihat tidak memiliki banyak kandungan air ini ternyata mampu mencegah dehidrasi karena membantu tubuh menyimpan air lebih lama. Alpukat juga mepunyai manfaat lain seperti mencegah diabetes dan kolesterol karena kandungan lemak jenuh dan seratnya.

 

4. Mentimun

Mentimun mengandung banyak air yang apabila dimakan mampu mencegah dehidrasi. Selain mampu mencegah dehidrasi, mentimun juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan asam folat yang terdapat pada kulitnya.

 

5. Gandum

Selain buah dan sayuran, gandum merupakan salah satu tanaman yang kaya akan air. Siapa sangka kandungan air dalam gandum mencapai 90 persen. Gandum mampu mencegah dehidrasi dan juga membuat perut kenyang lebih lama. Simak juga Ragam Buah yang Ampuh Redakan Sakit Maag Kronis

Makanan-makanan tersebut selain memiliki kandungan air yang banyak dan berguna untuk mencegah dehidrasi juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Jangan lupa sebelum mengkonsumsi makanan tersebut, alangkah lebih baik untuk mencucinya terlebih dahulu terutama buah dan sayuran.

Pastikan mencuci dengan air mengalir karena dapat membantu menyingkirkan makanan dari tanah, mikroogranisme, dan potensi patogen manusia. Dan jangan lupa gunakan pompa air Shimizu agar air untuk wastafelmu tetap mengalir tanpa tersendat.

Salah satu contoh pompa air Shimizu yang cocok adalah tipe PS-121-BIT. Pompa air ini tepat dipakai untuk sumur dangkal. Daya hisapnya maksimal hingga 9 meter dan daya dorong hingga 33 meter yang mampu menyuplai 31 liter air per menit pada kedalaman 5 meter. Canggihnya Shimizu, pompa air ini dilindungi thermal protector sehingga akan otomatis mati ketika temperatur mesin terlalu tinggi.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password