Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Tumbuh Kembang Janin Tetap Optimal

Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Tumbuh Kembang Janin Tetap Optimal

Kiatfit.com – Selama kehamilan, Anda memang harus penuhi asupan nutrisi harian agar tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan tetap optimal. Anda harus konsumsi beragam jenis makanan tinggi serat, bergizi, protein, dan mengurangi lemak jenuh agar berat badan tidak terus meningkat. Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu hamil agar selalu memenuhi asupan nutrisi dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil berikut ini.

Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Tumbuh Kembang Janin Tetap Optimal

Ikan yang kaya omega 3

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Ikan yang kaya omega 3

Ikan memang sangat bagus sekali untuk ibu hamil. kandungan omega 3-nya yang tinggi bermanfaat untuk tingkatkan perkembangan otak dan mata pada janin yang dikandung. Tetapi, Anda juga harus selektif dalam memilih ikan dan memasaknya sampai benar – benar matang sempurna untuk mencegah penyebaran bakteri yang bisa membahayakan janin.

Sayuran hijau

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Sayuran hijau

Selain itu, ibu hamil juga harus rajin mengkonsumsi beragam jenis sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, kale, bok choy, capsicum hijau, kacang polong, kubis, dan selada. Sayuran hijau tersebut banyak mengandung vitamin A, C, dan K, zat besi, kalsium, asam folat, serta kalium. Kandungan ini sangat berguna sekali untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh dan lancarkan sistem pencernaan.

Daging merah

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Daging merah

Salah satu makanan sehat bagi ibu hamil lainnya adalah beragam jenis daging merah. Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi daging sapi. Makanan tersebut memiliki kandungan protein dan zat besi yang tinggi, sehingga membantu ibu hamil terbebas dari anemia setelah melahirkan.

Daging putih

makanan sehat ibu hamil daging putih

Selain daging merah, daging putih pun baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda bisa mendapatkan daging putih ini di dalam ikan dan ayam bagian dada sebab rendah lemak. Protein sangat dibutuhkan untuk maksimalkan pembentukan tulang, otot, serta jaringan yang ada di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya selama usia kandungan 7 bulan ke atas.

Telur

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Telur

Sebagian orang memang ada yang alergi dengan telur. Apabila Anda tidak bisa mengkonsumsinya lebih baik ganti dengan daging – dagingan untuk penuhi asupan protein. Telur sebetulnya mengandung banyak mineral dan protein  yang membantu tingkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel otak pada janin yang dikandung.

Kacang – kacangan

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Kacang – kacangan

Anda bisa mengkonsumsi beragam jenis kacang – kacangan selama kehamilan, mulai dari kacang tanah, kacang kedelai, buncis, dan juga kacang polong. Makanan tersebut tinggi akan kandungan protein, asam folat, serat, zat besi, dan kalsium yang membantu janin terhindar dari cacat saat dilahirkan.

Baca juga: 7 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Belum Banyak Tahu

Ubi – ubian

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Ubi – ubian

Vitamin A yang ada pada ubi – ubian memang sangat efektif meningkatkan pertumbuhan sel dan jaringan pada janin yang dikandung. Tetapi ibu hamil harus membatasi konsumsinya, sebab bisa sebabkan keracunan. Ibu hamil bisa mengkonsumsi ubi – ubian yang kaya kandungan vitamin A tersebut sebanyak 10 – 40 persen dari kebutuhan harian.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil 4 Bulan, Bunda Wajib Tahu!

Air mineral

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Air mineral

Selain makanan sehat di atas, ibu hamil juga harus mengkonsumsi air mineral dalam jumlah banyak. Kekurangan air hanya akan buat ibu hamil terkena dehidrasi, sehinga mudah merasa mual, lemas, kehilangan energi, dan pingsan.

Nah, itulah tadi beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil agar tumbuh kembang janin yang dikandung tetap optimal. Oh iya, buat ibu hamil yang kebetulan sedang membutuhkan berbagai perlengkapan untuk menyambut proses melahirkan nanti, kami sarankan agar Anda membelinya melalui aplikasi kredit terbaik AKULAKU. Agar Anda bisa lebih menghemat budget untuk membeli beragam perlengkapan dan kebutuhan menyambut sang buah hati tercinta.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password