Jenis Makanan Untuk Dikonsumsi Selama Dianjurkan Mengonsumsi Antibiotik

Jenis Makanan Untuk Dikonsumsi Selama Dianjurkan Mengonsumsi Antibiotik

Kiatfit.com – Pada beberapa kesempatan ketika tubuh sedang tidak fit atau ketika sedang mengalami masalah kesehatan tertentu, dianjurkan agar Anda mengonsumsi antibiotik. Nah, ketika dokter menganjurkan Anda mengonsumsi antibiotik nyatanya ada beberapa makanan yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi.

Mengenai beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama mengonsumsi antibiotik apa saja, Anda bisa langsung simak dan cek informasi selengkapnya dibawah ini. Jangan lupa masukkan ke daftar asupan makanan harian Anda dengan mengonsumsinya secara rutin!

Jenis Makanan Untuk Dikonsumsi Selama Mengonsumsi Antibiotik

Makanan sumber probiotik

Jenis Makanan Untuk Dikonsumsi Selama Dianjurkan Mengonsumsi Antibiotik

Probiotik merupakan suatu bakteri baik yang biasanya terdapat didalam makanan fermentasi semisal tempe, susu kefir, kimchi dan juga yoghurt. Makanan yang satu ini selain membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat membantu Anda dalam mengurangi beberapa efek samping antibiotic seperti masalah perut kembung dan masalah diare. Dalam beberapa penelitian juga telah ditunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik akan sangat efektif dalam mengurangi resiko diare karena efek samping dari antibiotik.

Akan tetapi satu hal yang Anda harus ingat bahwa antibiotik dapat membunuh bakteri baik jangan Anda langsung makan makanan sumber probiotik setelah Anda minum antibiotik. Baiknya Anda berikan sedikit jeda setidaknya dua jam setelah Anda minum antibiotik untuk mengonsumsi bahan makanan probiotik.

Baca juga : Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Obat Antibiotik

Makanan sumber prebiotik

Jenis Makanan Untuk Dikonsumsi Selama Dianjurkan Mengonsumsi Antibiotik

Prebiotik ini merupakan jenis serat yang tidak mudah dicerna dan banyak didalamnya terdapat kandungan positifnya. Prebiotik merupakan makanan bagi probiotik yang dapat menjadikannya terus menerus berkembang biak didalam tubuh. Semakin banyak bakteri baik yang terdapat didalam usus Anda, maka juga akan semakin mudah bagi tubuh Anda dalam memberikan perlawanan terhadap berbagai macam penyakit. Beberapa contoh makanan yang tinggi kandungan prebiotik diantaranya seperti bawang putih, Bombay, dan juga pisang. Makanan jadi seperti halnya yoghurt, susu formula bayi, sereal dan juga roti yang sudah ditambahkan atau dilakukan fortifikasi prebiotik dalam proses pembuatannya juga dianjurkan dikonsumsi. Akan tetapi dalam mengonsumsi prebiotik Anda harus tahu bahwa prebiotik adalah serat. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, Anda berpotensi mengalami kembung. Karena itu dianjurkan Anda tambahkan prebiotik secara perlahan dan sedikit demi sedikit selama Anda mengonsumsi antibiotik.

Baca juga : Ini Fungsi Antibiotik yang Anda Harus Tahu!

Makanan kaya kandungan vitamin K

Jenis Makanan Untuk Dikonsumsi Selama Dianjurkan Mengonsumsi Antibiotik

Masalah defisiensi vitamin K juga bisa menjadi salah satu efek samping mengonsumsi antibiotic. Hal ini karena beberapa jenis bakteri baik menghasilkan vitamin K yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu proses pembekuan darah. Untuk mengurangi efek samping antibiotic ini sendiri, Anda bisa semakin perbanyak makan beberapa jenis makanan seperti bayam, kubis, lobak hijau, dan sawi hijau selama dan setelah Anda melakukan berbagai pengobatan.

Nah, bagi Anda yang tertarik membeli berbagai barang dan produk kebutuhan secara online dengan fasilitas kredit, AKULAKU merupakan aplikasi kredit online terbaik dengan memberikan layanan dan fasilitas kredit yang tak ada duanya. Belanja di AKULAKU tanpa kartu kredit tentunya bisa Anda dapatkan. Hanya di AKULAKU, bunga cicilan 0% dan Anda bisa kredit secara mudah, simple dan aman.

Anda bisa beli berbagai macam barang kebutuhan dengan fasilitas kredit yang sudah diberikan. Sebagai aplikasi kredit terbaik, AKULAKU juga sudah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk pengadaan barang. AKULAKU juga bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan voucher belanja dengan diskon up to 700.000. Manfaatkan kode voucher AIDIA1 dan dapatkan diskon belanja sebesar mungkin! Yuk tunggu apalagi?

 

Ingin mendapatkan promo menarik berbagai produk kesehatan dari AkuLaku Indonesia?
Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password