8 Camilan Terbaik Untuk Dikomsumsi Sebelum Tidur

Kiatfit.com – Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan Anda. Untungnya, beberapa makanan dapat membantu, berkat kandungannya yang mengatur hormon melatonin dan serotonin. Selain itu, beberapa makanan mengandung sejumlah besar antioksidan dan nutrisi khusus, seperti magnesium, yang diketahui meningkatkan kualitas istirahat Anda dengan membantu Anda tertidur lebih cepat atau tetap tertidur lebih lama.

Makanan untuk Membantu Tidur Nyenyak

Untuk mendapatkan manfaat dari makanan pembantu tidur, disarankan Anda mengkonsumsinya 2-3 jam sebelum tidur. Ini karena makan mepet sebelum tidur dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti asam lambung.

Apakah Anda ingin tidur dengan nyenyak, atau Anda ingin bangun di pagi hari dengan lebih segar, lihat makanan-makanan ini yang membantu tidur Anda.

 

1. Kiwi

how-to-eat-a-kiwi-fruit.jpg

Buah hijau ini mungkin merupakan camilan terbaik sebelum tidur. Kiwi adalah buah yang rendah kalori dan sangat bergizi. Satu kiwi sedang hanya mengandung 50 kalori dan sejumlah besar nutrisi, termasuk 117% dari kebutuhan harian Anda untuk vitamin C dan 38% untuk vitamin K. Buah ini juga mengandung jumlah folat dan potasium yang cukup bagi istirahat Anda.

Mengkonsumsi 1-2 buah kiwi sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan tetap tertidur lebih lama

Baca juga: Selain Memutihkan Wajah, Ini Manfaat Masker Kiwi

 

2. Pisang

banana-625_625x350_41459935133.jpg

Di dalam buah pisang terdapat banyak zat potasium yang mengurus banyak kebutuhan nutrisi Anda. Potasium melengkapi magnesium untuk memperbaiki tidur dan mengatur tekanan darah Anda. Tekanan darah Anda biasanya turun sedikit di malam hari dan ini adalah tanda hati yang sehat. Kadar potasium yang rendah dapat menyebabkan kelelahan otot dan penyimpangan jantung.

Pisang juga dapat mendorong kadar triptofan Anda. Triptofan adalah asam amino esensial dan penyedia serotonin dan melatonin — keduanya penting untuk tidur malam yang sehat.

 

3. Anggur

338.jpg

Anggur adalah satu-satunya buah yang diketahui mengandung banyak melatonin. Melatonin adalah hormon pengatur tidur yang membantu Anda untuk memiliki tidur yang nyenyak. Jika anggur dimakan dalam jumlah besar sebelum waktu tidur, mereka membantu Anda tertidur tanpa gangguan. Selain dari efek mendalam pada efisiensi tidur, anggur juga merupakan sumber antosianin dan resveratrol. Kedua sistem kekebalan ini mendukung antioksidan.

 

4. Buah Ceri

Montmorency-Tart-Cherries-11.jpg

Buah ceri sangat efektif untuk tidur nyenyak di malam hari. Buah ceri sangat efektif untuk tidur nyenyak di malam hari. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa minum jus ceri dua kali sehari, untuk jangka waktu dua minggu, telah menghasilkan waktu tidur yang lebih baik 90 menit pada pasien insomnia.

Buah ceri meningkatkan kualitas dan durasi tidur Anda. Ketika dimakan secara teratur, mereka dapat membantu mengatur siklus tidur Anda.

 

5. Yogurt

Skinny-Strawberry-Yogurt-1-750x500.jpg

Produk-produk susu seperti yogurt mengandung kalsium yang sehat. Penelitian medis menunjukkan bahwa kekurangan kalsium dapat membuat Anda sulit untuk tertidur. Kandungan triptofan yang ada di dalam yogurt juga membantu memproduksi hormon serotonin dan melatonin yang dapat membuat tubuh Anda lebih rileks.

Mengkonsumsi yoghurt sebelum tidur dapat mengurangi gejala penyakit pencernaan. Kandungan probiotik pada yoghurt dapat membantu menjaga sistem pencernaan. Sangat mudah dicerna dan kaya akan nutrisi, membuat yoghurt sangat cocok dijadikan sebagai camilan tengah malam.

Baca juga: Creamy dan Nikmat, 6 Manfaat Yogurt Ini Wajib Anda Tahu!

 

6. Oatmeal

Paleo-Oatmeal-No-Oatmeal.jpg

Mirip dengan nasi, oatmeal memiliki kadar karbohidrat tinggi dan telah dilaporkan menyebabkan rasa kantuk ketika dikonsumsi sebelum tidur. Biji-bijian (grains) pada oatmeal memicu produksi insulin, seperti halnya terdapat dalam roti gandum. Mereka menaikkan gula darah Anda secara alami dan membuat Anda merasa ngantuk. Oat juga kaya melatonin, yang merilekskan tubuh dan membantu Anda tertidur.

 

7. Kacang Almond

almondsnutrition.jpg

Hanya sedikit almond dan dalam waktu yang singkat Anda akan tertidur. Ini karena kacang almond, bersama dengan beberapa jenis kacang lainnya, adalah sumber dari hormon melatonin yang mengatur tidur. Para pakar mengatakan kacang almond juga mengandung triptofan dan magnesium, yang keduanya membantu secara alami mengurangi fungsi otot dan saraf serta menstabilkan ritme jantung Anda.

Efek yang potensial dari kacang almond menjanjikan bagi tidur Anda. Jika Anda ingin memakan kacang almond untuk mengetes apakah mereka memengaruhi kualitas tidur Anda, porsi 1-ons (28-gram), atau sekitar segenggam, harus memadai.

 

8. Teh Herbal

chamomile-tea-on-a-board.jpg

Tidak heran lagi, teh herbal memiliki banyak khasiat membantu istirahat Anda. Teh herbal melancarkan pencernaan Anda sebelum pergi tidur di malam hari. Contonya teh kamomil, yang melembabkan dan menenangkan perut, sama juga seperti khasiat dalam teh jahe. Teh herbal juga berguna untuk menenangkan saraf sebelum tidur.

Teh herbal seperti teh kamomil, teh jahe, atau ekstrak daun teh dari passiflora juga terkenal karena kandungan flavone-nya, kelas antioksidan yang mengurangi peradangan yang sering menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password