7 Jenis Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi

7 Jenis Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi

Kiatfit.com – Kita pasti tahu kalau kalium merupakan kandungan nutrisi yang sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh. Karena itulah, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk mengkonsumsinya secara rutin agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. Untuk menemukan makanan yang mengandung kalium tergolong cukup mudah. Disekitar rumah pun kamu sudah bisa menemukan makanan dengan kandungan kalium di dalamnya.

Namun yang paling penting bukan itu, tapi seberapa banyak kandungan kalium yang ada dalam sebuah makanan. Semakin besar kandungan kalium yang terkandung di dalamnya, tentunya semakin baik pula dampaknya untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung kalium terbanyak perlu kamu tahu.

7 Jenis Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi

Fungsi kalium untuk tubuh cukup beragam dan peranannya tersebut sangatlah penting. Bagi orang dewasa, harus memenuhi kebutuhan kalium sebanyak 4.700 mg  per hari. Dan paling disarankan untuk mendapatkan kalium dari sebuah makanan.

Kentang

Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi

Makanan yang mengandung kalium terbanyak yang pertama adalah kentang. Kentang yang terkenal dengan makanan untuk diet ini memiliki kandungan kalium sebanyak 900 gram untuk satu kentang dengan ukuran besar. Selain kandungan kaliumnya yang cukup tinggi, kentang juga menyimpan kandungan nutrisi lainnya seperti, vitamin C, vitamin B6, serat, karbohidrat dan juga zat besi.

Mengkonsumsi kentang lebih baik diolah dengan cara dipanggang. Dan juga sebaiknya kamu minimalkan penggunaan keju dan juga saus untuk menghindari hal negatif yang ditimbulkan.

Baca juga : 9 Manfaat Menyehatkan dari Jus Kentang

Tomat

Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi 1

Selain kentang, ada pula tomat yang juga merupakan makanan yang mengandung kalium tertinggi. Ketika dijadikan saus, maka kandungan kalium yang ada semakin meningkat. Selain dijadikan saus, tomat juga bisa kamu keringkan sehingga akan memiliki kandungan kalium sebanyak 1800 mg per 55 gram-nya. Selain kalium, tomat juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin C, serat dan juga protein. Beberapa kandungan tersebut bermanfaat untuk menguatkan sistem imun tubuh dan juga melancarkan sistem pencernaan.

Alpukat

Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi 2

Di dalam 1 buah alpukat terkandungan kalium sebanyak kurang lebih 900 mg. Buah alpukat juga mengandung lemak sehat dan juga tidak memiliki kandungan kolesterol serta sodium. Karena itulah, buah alpukat ini sangat bermanfaat untuk program penurunan berat badan yang lebih cepat.

Baca juga : 19 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kacang merah

Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi 3

Makanan yang mengandung kalium selanjutnya adalah kacang merah. Kacang merah sendiri merupakan sumber kalium yang cukup tinggi, dimana untuk jumlah 185 gram kacang merah terdapat kandungan sekitar 600 kalium. Mengkonsumsinya bisa kamu lakukan dengan mencampurkannya ke dalam salad atau bisa juga dengan menghaluskannya.

Pisang

Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi 5

Buah pisang juga termasuk makanan dengan kandungan kalium cukup tinggi. Di dalam satu buah pisang terdapat kandungan kalium sebanyak kurang lebih 400 mg. Selain itu, ada juga kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga membuatnya mampu menjadikan perut kenyang lebih lama dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Tak hanya itu saja, buah pisang juga memiliki nutrisi lain seperti, vitamin C, vitamin B6, dan juga kaya serat.

Baca juga : Ajaib! Ini Dia Penyakit Yang Bisa Disembuhkan Dengan Buah Pisang

Ubi

Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi 6

Kandungan kalium yang ada di dalam ubi juga termasuk yang terbanyak diantara makanan lainnya. Pada ubi ukuran sedang memiliki kandungan kalium sekitar 700 mg. Selain itu, ubi juga memiliki nutrisi lain seperti karbohidrat, serat, dan juga betakaroten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ikan

Makanan yang Mengandung Kalium Tertinggi 7

Dan makanan yang mengandung kalium terbanyak yang terakhir adalah ikan, seperti ikan tuna, salmon dan juga jenis ikan laut lainnya. tak hanya itu saja, di dalam ikan juga terdapat kandungan nutrisi lain seperti, Omega 3 dan juga vitamin D.

Itulah tadi beberapa makanan yang mengandung kalium paling tinggi bisa kamu pilih dan konsumsi setiap hari. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password