Meski Jarang Terdengar, Ini Lho 4 Manfaat Bawang Hitam Lanang Untuk Kesehatan!

manfaat bawang hitam lanang

Pernahkah Anda mendengar bawang hitam? Mungkin bagi sebagian masyarakat, banyak yang belum mengetahui apa itu bawang hitam lanang. Bawang hitam lanang (di sebut juga bawang hitam matinco) adalah hasil dari dilakukannya fermentasi bawang putih dalam waktu yang cukup lama disertai dengan suhu tertentu, sehingga dapat menghasilkan bawang berwarna hitam. Anda harus tahu bahwa bawang hitam ini memiliki manfaat 3 kali daripada bawang putih biasa lho!

Manfaat Bawang Hitam Lanang yang Bisa Anda Rasakan

Bawang hitam lanang memang jarang terdengar karena pemanfaatannya yang hanya digunakan untuk obat saja, berbeda dengan bawang putih yang juga dimanfaatkan dalam masakan. Faktanya, bawang yang satu ini lebih cepat diserap oleh tubuh dan memiliki rasa yang manis. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah manfaat bawang hitam lanang untuk kesehatan tubuh Anda:

 

1. Mampu Mengobati Influenza

bawang2.jpg

Sumber : http://messaggeroveneto.gelocal.it/udine/cronaca/2016/11/20/news/e-arrivata-l-influenza-segnalati-i-primi-19-casi-nella-nostra-regione-1.14440813

Khasiat pertama dari bawang hitam lanang ini yaitu mampu menyembuhkan flu/influenza. Bau yang cukup menyengat dapat dihasilkan dari bawang hitam, sehingga hal tersebut dapat merangsang kerja membran mocus (lapisan membran pelindung saluran pernafasan yang berguna untuk menangkap kuman, debu dan kotoran), sehingga saluran pernafasan Anda menadi lega karena lendir yang perlahan akan keluar.

 

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

bawang3.jpg

Sumber : http://www.kbknews.id/2016/05/17/hari-hipertensi-sedunia-kemenkes-ajak-cek-tekanan-darah-rutin/

Apabila Anda mengonsumsi bawang hitam ini secara teratur, maka khasiat selanjutnya yang didapat yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Bawang hitam mampu menghilangkan LDL (kolesterol jahat) yang ada didalam tubuh kita secara signifikan, yaitu sebesar 10-15%. Simak juga Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh yang Ampuh Sehatkan Jasmanimu.

Anda tidak perlu khawatir dengan HDL (kolesterol baik) yang ada di tubuh Anda, karena konsumsi bawang hitam hanya berpengaruh pada kolesterol jahat sehingga Anda tetap akan sehat. Kolesterol itu sendiri dapat memicu tekanan darah tinggi, yang berujung pada penyakit jantung. Sehingga, konsumsi bawang hitam lanang setiap hari dapat membantu untuk melindungi jantung Anda!

 

3. Sebagai Anti Oksidan & Menjaga Daya Tahan Tubuh

bawang4.jpg

Sumber : https://www.merdeka.com/sehat/ingin-tubuh-sehat-ini-7-cara-alami-mendetoks-tubuh.html

Salah satu khasiat yang paling popular dari bawang hitam ini yaitu sebagai sumber antioksidan yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh kita. Tidak hanya dapat mencegah saja, tetapi bawang hitam juga dapat digunakan sebagai antivirus dan bakteri sehingga mampu menangkal berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh kita.

Selain itu, bawang hitam kaya akan nutrisi seperti vitamin C, kalsium dan zat besi yang dapat menunjang kesehatan bagi tubuh manusia lho!

 

4. Ampuh Untuk Kesehatan Kulit

bawang5.jpg

Sumber : https://meramuda.com/beauty-health/apa-saja-sih-10-langkah-skincare-ala-korea-selatan/

Nah buat para ladies, ini nih manfaat penting yang nggak boleh dilewatkan oleh Anda. Yap, kesehatan kulit pun dapat ditopang oleh bawang hitam ini lho. Bawang ini mampu memberikan manfaat yang sangat baik bagi kecantikan kulit Anda. Pertama, bawang hitam mampu membersihkan komedo membandel di wajah dengan cara menghaluskan bawang hitam dan kemudian oleskan di daerah wajah yang memiliki komedo.

Selain itu, jika Anda memiliki noda bekas luka, cukup oleskan bawang hitam pada bagian noda luka tersebut karena bawang hitam memiliki sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Baca juga Kandungan di Dalam Sarang Burung Walet yang Berkhasiat Untuk Kesehatan.

Terakhir, say goodbye to acnes karena bawang hitam yang dibalurkan ke kulit berjerawat dapat mengempeskan jerawat Anda yang membandel!

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat bawang hitam lanang yang sebenarnya masih banyak khasiat yang akan Anda dapatkan jika Anda mengonsumsi tanaman herbal ini secara teratur. Penyajiannya pun beragam, Anda bisa menggunakan bawang hitam untuk tumisan masakan dirumah, atau bisa dimakan langsung yang tentunya akan memberikan efek yang lebih baik dan optimal bagi tubuh Anda.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password