Jangan Dibuang! Ini 4 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Jangan Dibuang! Ini 4 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Kiatfit.com – Pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi baik untuk tubuh. Selian itu, rasanya yang manis serta menyegarkan membuat banyak orang suka dengan buah satu ini. Buah pepaya bagi sebagian besar orang yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi hanya bagian dagingny saja. Padahal bagian biji buah pepaya ini juga bisa dikonsumsi lho. Bahkan mengkonsumsi biji pepaya bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Pada artikel kali ini akan dibahas tuntas mengenai manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh. Untuk informasi selengkapnya, yuk simak ulasan di bawah ini!

4 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Sama seperti bagian dagingnya, biji pepaya juga cukup aman untuk dikonsumsi. Bahkan seperti yang sudah dijelaskan di atas, biji pepaya memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Biji pepaya memiliki kandungan mikronutrien esensial yang tinggi flavonoid dan juga polifenol. Senyawa ini sendiri memiliki manfaat sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh.

Selain itu, biji pepaya juga memiliki kandungan serat yang cukup kaya, bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Tidak lupa juga kandungan lemak tak jenuh tunggal yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Mengenai manfaat biji pepaya selangkapnya, antara lain:

Membuat sistem pencernaan lebih sehat

Jangan Dibuang! Ini 4 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena biji pepaya juga menjadi salah satu sumber serat yang baik, sama seperti daging buahnya. Bagi kamu yang mengalami susah BAB atau sembelit, mengkonsumsi biji pepaya juga bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu saja, biji pepaya yang mengandung serat cukup kaya bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit pencernaan seperti,  radang usus, wasir hingga mencegah luka di usus. Sangat luar biasa bukan?

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol dan Cara Menggunakannya

Melindungi kesehatan dan fungsi ginjal

Jangan Dibuang! Ini 4 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat biji pepaya berikutnya adalah berperan dalam menjaga kesehatan serta fungsi ginjal. Hal ini dikarenakan di dalam biji pepaya terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan inilah yang nantinya akan menjaga kesehatan ginjal dengan mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel ginjal.

Khasiat ini bahkan sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam African Health Sciences. Penelitian tersebut memanfaatkan tikus sebagai objek percobaannya. Ketika diberi biji pepaya, si tikus ternyata memiliki ginjal yang lebih sehat dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh paracetamol.

Memerangi infeksi dalam tubuh

Jangan Dibuang! Ini 4 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sakit biasanya disebabkan oleh infeksi yang diakibatkan oleh jamur atau parasit. Dengan mengkonsumsi biji pepaya, hal ini tentunya bisa dicegah dengan baik dan tepat. Biji pepaya akan memerangi infeksi dalam tubuh yang disebabkan oleh jamur dan juga parasit tersebut. cara memanfaatkan biji pepaya untuk melawan infeksi bisa dengan mengeringkannya dan diambil ekstraknya. Ekstrak biji pepaya tadi nantinya bisa dicampur dengan madu dan langsung diminum. Minuman ekstrak biji pepaya dan madu ini dipercaya mampu menumpas parasit yang ada di usus dengan mudah dan cepat. Hal ini akan membuat usus lebih lancar dan sehat.

Baca juga: Manfaat Tanaman Sambiloto untuk Kesehatan

Mencegah risiko kanker

Jangan Dibuang! Ini 4 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang paling menakutkan dan banyak merenggut nyawa si penderitanya. Untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi biji pepaya. Biji pepaya yang memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi lengkap lainnya menghasilkan sifat antikanker terbaik. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer pada tahun 2014 lalu.

Itulah tadi beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Mulai sekarang, jangan lagi membuang biji pepaya ya?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password