3 Manfaat Hidup Tanpa Internet Saat Nyepi Bagi Kesehatan

Manfaat hidup tanpa internet

Kiatfit.com – Hari Raya Nyepi akan segera tiba! Di Indonesia, tradisi dan suasana hari raya Nyepi akan sangat terasa di Pulau Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Pada momen Hari Raya Nyepi, umat Hindu tidak akan melakukan aktivitas yang biasa mereka lakukan sehari-hari. Salah satunya adalah tidak menggunakan alat elektronik maupun telekomunikasi dalam satu hari penuh. Selain itu, akses internet di Bali juga akan diputus selama 24 jam. Dengan diputusnya akses internet di hari raya Nyepi, maka umat Hindu akan merasakan bagaimana hidup tanpa internet dalam waktu 24 jam.

Wah, gimana ya rasanya hidup sehari tanpa internet? Ketinggalan handphone seharian saja, kita sudah merasa cemas. Namun, adanya pemutusan internet ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan lho, sobat Kiatfit. Ini dia penjelasannya!

1. Hidup tanpa internet sehari dapat mengurangi eye strain atau tegangan pada mata

3 Manfaat Hidup Tanpa Internet Saat Nyepi Bagi Kesehatan

Paparan radiasi dari gawai selama ini membuat matamu menjadi tidak sehat (Foto: Pexels)

Nah, dengan diputusnya akses internet, kecenderungan untuk mengakses smartphone tentu akan berkurang. Kamu bisa mengurangi gejala eye strain yang sering kamu alami setiap harinya. Adapun gejalanya adalah iritasi, mata perih, hingga membuat penglihatan sedikit kabur akibat terlalu sering terpapar sinar dari gadget. Momen hari Nyepi ini bisa kamu manfaatkan untuk mengistirahatkan mata sejenak.

Di samping itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan malam yang dipenuhi bintang saat Nyepi tiba. Diputusnya sambungan listrik saat Nyepi setidaknya akan membantu kamu saat menyaksikan bintang di langit dengan mata telanjang. Radiasi dari layar smartphone dan polusi visual yang selama ini membuat matamu terpapar akan libur menyerangmu di hari Nyepi. Jadi, matamu akan lebih sehat pada hari raya ini.

Baca juga: 5 Persiapan Meditasi, Wujudkan Kebahagiaan Sejati ala Budaya Bali

2. Hidup tanpa internet juga mampu mengurangi rasa cemas

3 Manfaat Hidup Tanpa Internet Saat Nyepi Bagi Kesehatan

Pikiranmu akan menjadi lebih jernih dengan menyingkirkan ‘internet’ sejenak dari hidupmu (Foto: Pexels)

Dengan adanya internet, ketika kamu memiliki permasalahan, kamu akan cenderung mencari lewat Google. Terkadang, jawaban tersebut justru membuat kamu cenderung lebih cemas karena hasil yang keluar tidak sesuai ekspektasi. Sebagai contoh ketika kamu mengalami gejala batuk tidak berhenti, jawaban yang keluar adalah adanya indikasi penyakit parah.

Padahal, kamu hanya batuk biasa dan hanya perlu pengobatan sederhana. Hal tersebut akan menambah kecemasan pada dirimu dan malah membuat pikiran terus berfikir negatif akan diri kamu. Pikiran negatif justru akan membuat kita semakin stres dan memperparah penyakit. Efek cemas ini akan timbul ketika dirimu bergantung dengan internet dalam segala hal. Oleh karena itu, hidup tanpa internet meskipun hanya sehari akan membantumu dalam mengatasi segala bentuk kecemasan ini.

Baca juga: Suasana Nyepi di Bali Berdampak bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

3. Hidup tanpa internet tentu kamu lebih mengenal diri sendiri dan lingkungan

3 Manfaat Hidup Tanpa Internet Saat Nyepi Bagi Kesehatan

Internet selama ini banyak menyita perhatianmu terhadap isu dan kehidupan nyata yang terjadi di sekitarmu (Foto: Pexels)

Tanpa adanya internet, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengenal diri kamu sendiri. Dengan mencoba hal baru yang lebih produktif, kamu dapat mengetahui potensi dirimu yang lain, lho! Jika biasanya waktumu habis sekadar untuk scrolling Instagram, Twitter, dan Facebook, maupun media sosial yang lain, kali ini kamu bisa mencoba hal baru yang belum pernah kamu lakukan. Membaca buku, mencoba menulis cerpen, atau membuat kerajinan tangan yang mungkin bisa kamu jadikan bisnis ke depannya.

Selain itu, dengan adanya momen Nyepi ini kamu bisa menghabiskan waktu untuk berkomunikasi secara intens dengan keluarga. Coba ingat kembali kapan terakhir kali kamu berbincang dengan keluarga tanpa terus mengawasi gadget di meja? Pasti sudah lama sekali ya? Hidup tanpa internet dalam satu hari bisa kamu coba untuk meningkatkan bonding yang kuat dengan anggota keluarga. Kamu bisa berdiskusi banyak hal tanpa adanya gangguan sedikitpun.

Nah, 3 hal tadi merupakan manfaat dari hidup tanpa internet pada momen Nyepi yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Selain 3 hal tersebut, momen hari raya Nyepi juga memiliki dampak positif antara lain mengurangi polusi, mengurangi pemakaian listrik yang bisa menghemat hingga lebih dari 4 miliar rupiah dan juga membuat kita mampu berefleksi terhadap diri sendiri.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan hal tersebut, tentu bisa kamu lakukan juga meskipun bukan pada perayaan hari raya Nyepi. Kamu cukup lakukan hidup tanpa internet seminggu sekali. Awalnya memang sukar, namun tidak ada salahnya untuk mencoba! Siap mencoba hidup sehari tanpa internet dan rasakan hasilnya, Sobat Kiatfit?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password