Konsumsi Pisang Secara Rutin, Ini Manfaatnya

manfaat konsumsi pisang

Pisang adalah salah satu buah yang menjadi primadona di Indonesia, karena merupakan buah yang multi guna. Pisang dapat disantap dalam bentuk smoothie yang menyegarkan, tambahan topping pada menu lain untuk menambah kelezatan, atau bias juga hanya dimakan begitu saja.

Dengan harga yang relatif terjangkau, pisang justru memiliki banyak manfaat. Berdasarkan studi yang ada, konsumsi tiga buah pisang per hari dapat menambahkan sekitar 1500mg kalium pada tubuh Anda.

Dikutip dari situs Lifehack, Selasa (22/11/2016), berikut 10 manfaat yang luar biasa dari makan pisang setiap hari bagi kesehatan tubuh.

 

Menurunkan tekanan darah tinggi

Makan tiga pisang sehari dapat membuat tekanan darah Anda dapat turun secara signifikan. Hal ini dikarenakan satu buah pisang berukuran sedang memiliki kandungan sekitar 422 mg kalium dan hampir bebas sodium. Efek tekanan darah dari meningkatnya natrium dalam makanan juga dapat dinetralkan oleh pisang.

 

Memperbaiki pencernaan

Pisang memiliki kandungan serat, baik yang larut dan tidak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh. Serat dapat membantu mengatur kecepatan pencernaan menjadi lebih pelan. Pisang dapat membuat rasa kenyang Anda bertahan lebih lama dan juga membantu masalah sembelit.

Maka dari itu, pisang sering dimasukkan dalam menu sarapan karena dapat membantu Anda memulai hari dengan lebih berenergi lebih lama.

 

Meningkatkan kesehatan jantung

Makanan yang tinggi serat sangat bermanfaat bagi jantung. Diet tinggi serat dapat berpengaruh pada rendahnya risiko dari penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK).

Asupan diet sehat dan seimbang akan memberikan vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Makanlah satu atau dua pisang agar Anda mendapat tambahan 4 gram serat bagi tubuh Anda.

 

Menciptakan sel-sel tubuh kembali sehat

Pisang banyak mengandung vitamin B6, yang mencakup 20 persen dari jumlah harian yang diperlukan untuk asupan orang dewasa. Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan amino nonesensial asam yang diperlukan untuk membuat sel-sel sehat. Hal ini juga dapat membantu produksi antibodi untuk melawan infeksi.

 

Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Pisang dapat menjadi salah satu makanan padat yang pertama kali diperkenalkan kepada bayi. Teksturnya yang relatif mudah dicerna membuat pisang dianggap tidak akan menimbulkan iritasi pada sistem pencernaan, atau saluran pencernaan. Pisang juga dapat menguatkan saluran pencernaan dan membantu memulihkan mineral yang hilang setelah diare.

 

Kaya akan Vitamin C

Jeruk dan stroberi mungkin adalah buah yang popular dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Namun, pisang ternyata mengandung 15 persen lebih besar dari kebutuhan harian untuk vitamin C.

Vitamin C merupakan antioksidan yang penting untuk menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas adalah atom bermuatan molekul atau ion yang dapat terus menghancurkan sel-sel dalam tubuh Anda.

 

Meningkatkan kinerja atletik

Inilah alasan mengapa atlet disarankan untuk banyak mengonsumsi pisang. Pisang dapat meningkatkan massa otot dan memberikan antioksidan dan nutrisi lainnya secara alami. Berdasarkan studi di Appalachian State University, memakan setengah buah pisang setiap 15 menit selama tes time trial bersepeda sama efektifnya dengan mengonsumsi minuman karbohidrat khusus untuk olahraga setiap 15 menit. Maka tidaklah mengherankan jika Yohan Blake, sprinter Olimpiade asal Jamaika, dilaporkan makan hingga 16 pisang dalam sehari.

 

Mengatasi anemia

Pisang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan ini dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah, serta membantu mengatasi anemia. Anemia merupakan kondisi kekurangan jumlah hemoglobin atau sel darah merah dalam darah yang dapat menyebabkan kelelahan, pucat, dan sesak napas.

Selain itu, pisang juga mengandung Vitamin B6 yang dapat menyeimbangkan kadar glukosa darah, serta dapat membantu kestabilan tubuh penderita anemia.

 

Menunda lapar

Aroma buah pisang ternyata dapat menekan nafsu makan dan kelaparan yang muncul tiba-tiba. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment dan Research Foundation di Chicago, aroma pisang yang tercium saat Anda sedang lapar dapat mengelabui otak Anda, sehingga otak akan berpikir bahwa Anda sudah benar-benar makan. Oleh Karena itu, pisang juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

 

Meningkatkan suasana hati

Sebuah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 27 magnesium mg. Kandungan ini dapat meningkatkan suasana hati Anda dan membuat tidur menjadi nyaman. Pria dan wanita masing-masing membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Kekurangan magnesium dapat membuat Anda mungkin menderita kecemasan, depresi dan gangguan lainnya.

 

Sumber : liputan6.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password