4 Manfaat Kulit Ari Salak yang Tidak Banyak Orang Tahu

4 Manfaat Kulit Ari Salak yang Tidak Banyak Orang Tahu

Kiatfit.com – Saat akan memakan salak, apakah kamu juga termasuk orang yang membuang bagian kulit ari yang melekap di daging buahnya? Ya, kebiasaan ini memang sering dilakukan oleh banyak orang. Menurut mereka ikut memakan kulit tipis atau kulit ari yang ada didaging buah salak hanya akan mengubah citarasa dari buah itu sendiri. Padahal setelah diteliti lebih lanjut, kulit ari yang ada dibagian luar daging buahnya ini memiliki manfaat yang baik lho untuk kesehatan.

Mungkin sebagian dari kalian tidak akan percaya dengan manfaat kulit ari salak untuk kesehatan. Tapi memang hal ini adalah benar adanya, bahwa kulit ari salah berdampak baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya, namun tidak banyak orang yang tahu. Untuk mengetahui manfaat kulit ari salak lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

4 Manfaat Kulit Ari Salak yang Tidak Banyak Orang Tahu

Melancarkan sistem pencernaan

4 Manfaat Kulit Ari Salak yang Tidak Banyak Orang Tahu

Manfaat kulit ari salak yang pertama adalah bisa mambantu melancarkan sistem pencernaan. Kamu yang memiliki masalah pencernaan, seperti sembelit bisa di atasi dengan sangat mudah dan cepat menggunakan kulit ari salak. Saat memakan buah salak, sebaiknya membiarkan kulit arinya untuk juga ikut dimakan. Cukup membersihkan kotoran yang biasanya menempel di permukaannya, lalu makan langsung.

Kulit air salak sendiri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Seperti yang kita tahu, bahwa kandungan serat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan.

Baca juga: 5 Jenis Buah Penambah Darah Paling Efektif

Mencegah dan mengobati sariawan

4 Manfaat Kulit Ari Salak yang Tidak Banyak Orang Tahu

Bukan hanya jeruk atau lemon saja yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sariawan. Kulit ari salak ini pun juga memiliki manfaat yang sama, yakni bisa mencegah dan mengobati sariawan dengan cepat. Ini karena di dalam kulit ari buah salah tersimpan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kita tahu bahwa vitamin C ini sendiri memang memiliki khasiat untuk mencegah peradangan di mulut, seperti sariawan.

Untuk mendapatkan manfaat kulit ari salak dalam mencegah dan mengobati sariawan, kamu hanya perlu mengkonsumsi buah salak tanpa harus membuang kulit arinya tersebut. Sangat mudah bukan?

Membuat mata lebih sehat

4 Manfaat Kulit Ari Salak yang Tidak Banyak Orang Tahu

Tidak banyak yang tahu kalau kulit ari yang ada di daging buah salak memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mata. Mata akan terjaga kesehatannya hanya dengan mengkonsumsi buah salak tanpa harus membuang kulit arinya tersebut. Manfaat ini bisa di dapat dari kulit ari buah salak, dikarenakan kandungan betakaroten atau vitami A yang cukup tinggi di dalamnya. Jadi bukan hanya wortel saja yang memiliki manfaat menyehatkan mata, melainkan juga kulit ari buah salak ini.

Baca juga: Fakta Buah Salak Untuk Ibu Hamil, Cari Tahu Dulu Yuk Bunda!

Sebagai zat anti racun

4 Manfaat Kulit Ari Salak yang Tidak Banyak Orang Tahu

Setiap waktunya tubuh bisa saja terpapar oleh serangan racun seperti radikal bebas. Ketika sudah terserang, maka tubuh akan mengalami masalah yang serius dan membuatnya tidak bisa mengerjakan aktivitas seperti sediakala. Namun kalian tidak perlu terlalu khawatir, karena hal tersebut bisa dicegah dengan kulit ari buah salak. Kok bisa?

Tentu saja bisa, karena di dalam kulit ari buah salak ini sendiri terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, antioksidan ini merupakan salah satu zat yang mampu melawan radikal bebas serta membebaskan tubuh dari racun yang sering menyerang. Racun-racun yang ada di dalam tubuh tersebut akan dikeluarkan secara alami dari dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa manfaat kulit ari salak yang tidak banyak orang tahu. Mulai sekarang jangan lagi membuang kulit ari salak ketika akan memakannya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password