7 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Belum Banyak Tahu

7 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Belum Banyak Tahu

Kiatfit.com – Kurma menjadi salah satu hidangan pembuka yang paling banyak dicari saat bulan puasa. Memiliki rasa yang manis dan membuat siapa saja ketagihan saat sudah memakannya. Tapi tahukan kamu, selain manis buah kurma memiliki khasiat yang baik untuk ibu hamil lho. Manfaat kurma untuk ibu hamil memang masih belum banyak yang tahu. Padahal buah manis satu ini sangat kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Mulai sekarang sebaiknya ibu hamil lebih sering mengkonsumsi kurma agar bisa merasakan manfaat luar biasa darinya. Mengenai manfaat buah kurma untuk ibu hamil, bisa kamu simak di bawah ini.

7 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Belum Banyak Tahu

Mencegah sembelit

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah berkhasiat untuk mengatasi dan juga mencegah sembelit yang diderita ibu hamil. Ini karena kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan baik untuk sistem pencernaan. Tidak hanya itu, buah kurma juga memiliki efek mengenyangkan, mengontrol berat badan dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat.

Mencegah cacat lahir bagi bayi

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bayi dengan kondisi yang normal? Semua orang tua pasti menginginkannya. Karena itulah, sebagai langkah pencegahannya ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi kurma agar cacat lahir pada bayi bisa dicegah. Konsumsi kurma secara rutin namun tetap dalam takaran yang terkontrol.

Mencegah enemia

Anemia menjadi salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil sebaiknya rutin mengkonsumsi buah kurma. Buah kurma sendiri mampu memberikan asupan zat besi yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu selama kehamilan. Ketika asupan zat besi sudah terpenuhi, tentunya risiko ibu hamil mengalami anemia akan lebih ditekan bahkan bisa dicegah.

Baca juga : Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 Paling Bagus dan Aman

Sebagai sumber energi

Kurma juga bermanfaat untuk pengganti sumber energi tubuh yang telah hilang. Karena itulah saat berpuasa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma terlebih dahulu. Untuk ibu hamil, pastinya akan membutuhkan tenaga atau energi ekstra untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Agar tidak mudah capek, sebaiknya ibu harus mengkonsumsi buah kurma secara rutin setiap hari.

Membantu produksi asam amino

Asam amino sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin selama ada dalam kandungan. Bisa fatal akibatnya jika ibu hamil justru kekurangan produksi asam amino. Karena itulah sangat penting bagi ibu hamil untuk rutin mengkonsumsi buah kurma. Di dalam buah kurma sendiri terdapat kandungan protein yang akan membantu produksi asam amino.

Baca juga : Catat! Ini Dia 4 Manfaat Air Putih Bagi Ibu Hamil

Penyuplai vitamin K terbanyak

Vitamin K sendiri memiliki khasiat untuk membantu pertumbuhan tulang. Ketika ibu hamil rutin mengkonsumsi kurma, maka tubuhnya akan memiliki cukup vitamin K untuk nantinya membantu pertumbuhan tulang si kecil saat lahir. Bayi yang baru lahir biasa memiliki kadar kandungan vitamin K yang sangat rendah. Karena itulah ia butuh asupan vitamin K yang banyak dari seorang ibu.

Mempermudah proses persalinan

Semua ibu hamil pasti menginginkan proses kelahiran secara normal dan lancar. Untuk mewujudkannya, sebaiknya ibu rutin mengkonsumsi buah kurma. Kurma ini sendiri mampu mendorong dantioksidan agar melakukan kontraksi di rahim yang berefek terhadap sensitivitas di uterus. Selain itu, buah kurma dengan kandungan lemak jenuh dan tak jenuhnya mampu memberikan energi yang cukup saat persalinan.

Itulah tadi beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil yang perlu bunda tahu. Sekarang jangan bosan atau enggan lagi mengkonsumsi buah kurma selama kehamilan, karena memang manfaatnya yang sangat banyak.

 

[Form id=”19″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password