Ngeri! Ini 3 Masalah Kesehatan yang Sering Mengintai Warga Jakarta!

Kiatfit.com – Sebagai salah satu kota dengan penduduk terpadat di Indonesia, Jakarta memang menjadi gudangnya masalah kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kondisi lingkungan serta jumlah warganya yang berjubel hampir di setiap tempat di Jakarta. Ancaman penyakit menjadi satu hal yang akrab dengan kehidupan warga Jakarta. Setidaknya ada tiga masalah kesehatan yang sering mengintai warga Jakarta seperti yang terangkum di bawah ini.

Stres yang dapat memicu depresi

Ngeri! Ini 3 Masalah Kesehatan yang Sering Mengintai Warga Jakarta!

Sebagai salah satu tempat tujuan pendatang, tidak heran apabila banyak warga Jakarta yang terserang stress karena kepadatan dan kemacetan yang akrab dengan kehidupan khas Jakarta. Tidak hanya itu, tuntutan kerja atau profesi juga membuat warganya saling bersaing, sehingga tingkat stres warganya cukup tinggi.
Menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering mengintai warga Jakarta, gejala stres yang memicu depresi tentu harus disadari sejak dini. Oleh karena itu, penting kiranya bagi setiap warga untuk sadar akan kesehatan mentalnya. Beruntungnya, kini banyak layanan kesehatan gratis yang dapat dinikmati oleh warga Jakarta, serta dibukanya ruang publik yang bisa mengakomodir kebutuhan sosial warganya.
Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, ada baiknya untuk rileks sejenak dari hiruk pikuk ibukota dengan bertamasya ke area terbuka hijau yang nyaman dan sejuk. Selain dapat menertralisir emosi, tempat yang sejuk juga akan membuat kesehatan tubuhmu lebih terjaga. Akan lebih baik apabila kamu juga melakoni gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, yoga, dan makan makanan bergizi.

Baca juga: Benarkah Ketika Depresi Menyerang Minum Soda Bikin Makin Depresi?

Gangguan Pencernaan

Ngeri! Ini 3 Masalah Kesehatan yang Sering Mengintai Warga Jakarta!

Bukan rahasia lagi apabila Jakarta merupakan kota yang kerap berlangganan banjir. Kondisi lingkungan dengan sampah yang menggunung, serta banjir yang membawa serta bibit penyakit membuat warganya rentan terserang gangguan pencernaan.
Masalah kesehatan yang sering mengintai warga Jakarta yang berhubungan dengan saluran pencernaan di antaranya tifus, disentri, diare, serta muntaber. Apabila kamu mengalami salah satu dari hal ini tidak ada salahnya untuk segera mengobati atau menekan risikonya sedini mungkin, Kebersihan lingkungan yang terjaga serta sistem metabolisme tubuh yang kuat akan menghidarkanmu dari masalah kesehatan yang sering mengintai warga Jakarta ini.

Baca juga: Alasan Mengapa Stress Sebabkan Hipertensi Pada Seseorang

Gangguan Pernapasan

Ngeri! Ini 3 Masalah Kesehatan yang Sering Mengintai Warga Jakarta!

Seperti yang kita selama ini ketahui, Jakarta memang akrab dengan polusi udara. Minimnya ruang terbuka hijau, serta tingginya angka penggunaan kendaraan pribadi membuat kota ini akrab dengan polusi. Setiap harinya, hampir semua warga Jakarta menghirup udara yang tidak bersih, terutama saat jam berangkat dan pulang kantor.
Meski pemerintah tengah mengoptimalkan penggunaan moda transportasi umum, nyatanya banyak warga yang tetap setia pada kendaraan pribadi karena dinilai lebih efisien. Munculnya inovasi ojek online juga turut memperparah keadaan ini. Polusi udara semakin meningkat, tentunya dan gangguan pernapasan pun menjadi satu hal yang hampir dialami oleh semua warga Jakarta.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memerangi risiko gangguan pernapasan ini, di antaranya menggunakan masker setiap kali berpergian, serta menggunakan air conditioner ramah lingkungan. Pergi ke tempat yang memiliki sirkulasi udara lancar serta bersih dapat menekan risiko tersebut juga. Sempatkanlah untuk mengunjungi taman kota atau pergi ke pedesaan dengan area terbuka hijau yang sejuk untuk membersihkan saluran pernapasan dari radikal bebas.

Itulah tiga masalah kesehatan yang sering mengintai warga Jakarta. Apabila kamu merupakan salah satu warga Jakarta, tidak ada salahnya untuk turut menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Mengatur menu dan pola makan serta menjaga kesehatan mental dengan pengelolaan stres yang baik juga bisa kamu lakukan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password