3 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi dengan Baking Soda!

masalah kulit yang bisa diatasi dengan baking soda

Kiatfit.com – Kulit merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan kecantikan. Ada berbagai macam hal yang mempengaruhi kesehatan kulit. Misalnya seperti gaya hidup, masalah psikis, kelainan genetis, dan lain sebagainya. Masing-masing penyebab masalah kulit tersebut memerlukan penanganan yang berbeda-beda.

Terkadang masalah kulit dapat berimbas pada kehidupan personal kita. Kita menjadi minder dan sulit untuk percaya diri. Bahkan sampai ada orang yang sulit bergaul karena memiliki masalah ini. Misalnya seperti panuan, kurap hingga, yang agak parah semacam iritasi kulit. Padahal sebenarnya masalah kulit seperti ini bisa diatasi dengan mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan baking soda. Lho, kok bisa?

Baking soda umumnya hanya dikenal sebagai bahan pembuatan roti. Meskipun begitu, baking soda memiliki manfaat lain yaitu mengatasi permasalahan kulit. Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal mencampurkan baking soda ke dalam air yang kita gunakan untuk membilas tubuh.

Lalu masalah kulit apa saja yang dapat diatasi dengan memanfaatkan baking soda?

 

1. Mempercepat Penyembuhan Iritasi Kulit

Salah satu kelebihan baking soda yang perlu kamu ketahui adalah kemampuannya mempercepat penyembuhan iritasi kulit. Bahkan cairan baking soda aman digunakan untuk kulit bayi yang lebih sensitif dan rawan perih. Caranya cukup membilas atau merendam kulit bayi yang terkena iritasi ke dalam cairan baking soda selama 10 menit. Batasi penggunaan baking soda cukup dua sendok makan saja.

Cara ini dilakukan sebanyak 3 kali sehari sampai iritasi kulit tersebut benar-benar sembuh. Setelah itu, pastikan Anda membersihkan bagian yang terkena dan biarkan mengering secara alami.. Baking soda juga bisa menyembuhkan iritasi kulit akibat terkena tumbuhan atau binatang beracun. Merendam daerah kulit yang teriritasi bisa mengurangi rasa gatal yang membuat kulit lebih cepat sembuh.

Baca juga: Semangka, Buah dengan Seribu Manfaat untuk Kulit, Wajib Dicoba!

 

2. Menyembuhkan Eksim

Kulit gatal akibat eksim sering berakibat pada infeksi yang nantinya bakal memperparah keadaan. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan baking soda dengan metode yang sama. Selesai berendam cairan baking soda, jangan lupa gunakan lotion dalam jumlah banyak untuk menjaga kelembaban kulit.

Bila ingin merasa lebih nyaman, gunakan baking soda pada air hangat yang akan dipakai mandi. Mandi dengan air hangat juga dikenal dapat membantu tubuh menghilangkan eksim dengan cepat. Keuntungan lain menyembuhkan eksim dengan baking soda adalah tidak meninggalkan bekas bau tidak sedap, noda, serta kotoran-kotoran sisa.

 

3. Membunuh Infeksi Jamur

Infeksi jamur memanglah hal yang menyebalkan karena penyakit seperti ini agak sulit ditebak datangnya. Tiba-tiba saja masalah ini muncul di kulit Anda. Infeksi jamur seringkali muncul karena mandi kurang bersih atau juga bisa tertular dari orang lain. Infeksi jamur sendiri sangatlah mengganggu karena membuat kulit Anda terasa seperti kulit terasa gatal, panas, ataupun terbakar.

Baca juga: Penyebab Gatal Pada Area Kewanitaan, Wanita Harus Tahu!

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Penyakit macam ini bisa disembuhkan dengan baking soda juga, kok. Menurut penelitian dari Healthline pada studi yang dilakukan tahun 2014, menemukan bahwa baking soda bisa memberikan efek anti-jamur. Efek tersebut dapat membunuh Candida fungus yang menyebabkan infeksi jamur. Cara ini perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan efeknya.

Itulah ketiga manfaat dari baking soda yang membantu kita menangani masalah kulit. Selain baking soda, Anda juga memerlukan air bersih yang terbebas dari kuman penyakit. Kebutuhan akan air bersih di rumah tersebut, dapat Anda penuhi dengan menggunakan pompa air terpercaya seperti Shimizu PC-503 BIT.

Pompa air Shimizu PC-503 BIT banyak direkomendasikan karena memiliki kemampuan untuk menyuplai air bersih dari sumber mata air hingga kedalaman 50 meter. Pompa air ini termasuk kategori sumur dalam. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber gambar: trendintech, beautyheaven, akronohiomoms, drshauryas

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password