5 Persiapan Meditasi, Wujudkan Kebahagiaan Sejati ala Budaya Bali

Persiapan Meditasi

Kiatfit.com – Bali merupakan daerah yang terkenal dengan keindahan alam, kesenian, dan penduduknya yang mayoritas beragama Hindu. Tak heran jika Bali menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Ada banyak budaya Bali yang unik dan perlu kamu ketahui. Salah satunya budaya Bali yang berkaitan erat dengan pola hidup sehat, meditasi.

Seperti yang kita ketahui, kesehatan merupakan kunci kehidupan bagi setiap orang. Orang yang sehat akan mampu menjalankan aktivitas keseharian dengan baik. Namun, tak jarang, kejenuhan menghampiri dan menjadikan tubuh mudah lelah, pikiran tidak fokus, dan serta menurunkan konsentrasi.

5 Persiapan Meditasi, Wujudkan Kebahagiaan Sejati Ala Budaya Bali

Meditasi memiliki beragam manfaat, terutama bagi kesehatan jiwa (Foto: Pexels)

Meditasi atau bertapa merupakan salah satu budaya Bali yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rohani. Meditasi adalah proses memusatkan pikiran dan konsentrasi untuk mencapai ketenangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebahagiaan seseorang berkaitan dengan ketenangan dan kedamaian yang dirasakannya. Semakin tenang dan damai maka akan semakin bahagia hidupnya.

Meditasi masih menjadi kegiatan favorit karena keistimewaan manfaatnya. Budaya Bali ini juga masih dilestarikan dan dipelihara hingga saat ini. Pasalnya, dengan meditasi tubuh akan terasa lebih nyaman, damai dan pikiranpun menjadi tenang. Meditasi dapat menghilangkan stress dan menyembuhkan gangguan psikologis. Dengan meditasi juga dapat meningkatkan kedekatan kita terhadap sang pencipta. Tidak heran, meditasi hadir sebagai budaya Bali yang banyak dikenal dan diterapkan di Indonesia. Kamu tertarik ingin mencobanya? Simak dulu 5 tips persiapan meditasi ini.

 1. Meminimalisir gangguan untuk membuat meditasimu menjadi lebih khusyuk

5 Persiapan Meditasi, Wujudkan Kebahagiaan Sejati Ala Budaya Bali

Kondisi lingkungan sekitar sangat berpengaruh pada keberhasilan meditasi (Foto: Pexels)

Meditasi dilakukan di tempat yang tenang agar pikiran kita lebih fokus. Lingkungan sekitar sangat mempengaruhi keberhasilan meditasi. Lingkungan yang tidak tenang dapat menyebabkan pikiran kita terganggu dan terpecah karena gangguan seperti bising suara kendaraan, suara tetangga, suara benda-benda sekitar seperti air dan lainnya.

Menutup hasrat untuk berhubungan dengan dunia luar sangat dianjurkan, seperti mematikan HP, TV, dan sejenisnya. Budaya Bali yang satu ini sebaiknya dilakukan di tempat khusus untuk meditasi karena tempat yang yang sama dapat mempengaruhi aliran energi.

2. Kontinuitas waktu meditasi dipengaruhi kebiasaan meditasi di waktu yang sama

5 Persiapan Meditasi, Wujudkan Kebahagiaan Sejati Ala Budaya Bali

Meditasi sebaiknya dilakukan pada pagi dan malam hari  (Foto: Pexels)

Penetapan waktu meditasi sangat dianjurkan. Setelah itu, beritahukan keluarga, sahabat, kerabat dan lainnya agar tidak mengganggu. Ketika waktu telah ditetapkan, maka secara otomatis pada waktu tersebut biasanya akan timbul keinginan untuk meditasi.

Meditasi sebagai ciri khas budaya Bali sebaiknya dilakukan dua kali sehari saat pagi dan malam. Meditasi pagi bertujuan untuk meningkatkan semangat dan keceriaan sebelum memulai aktivitas. Sedangkan meditasi malam sebagai media relaksasi diri dan pencarian ketenangan selama seharian beraktivitas.

3. Mengatur kondisi fisik agar konsentrasi bisa diarahkan secara maksimal

5 Persiapan Meditasi, Wujudkan Kebahagiaan Sejati Ala Budaya Bali

Pastikan tubuh dalam keadaan sehat saat akan bermeditasi ya? (Foto: Pexels)

Perhatikan kondisi fisik sebelum melakukan meditasi. Tubuh tidak dianjurkan dalam keadaan kekenyangan atau kelaparan. Kondisi tubuh yang demikian dapat menyebabkan konsentrasi tidak maksimal.

Baca juga: Wah! Ini Dia Manfaat Puasa bagi Kesehatan saat Ritual Nyepi

4. Postur yang nyaman akan membantu penyempurnaan meditasi

5 Persiapan Meditasi, Wujudkan Kebahagiaan Sejati Ala Budaya Bali

Lakukan pemanasan sebelum melakukan meditasi (Foto: Pexels)

Pemanasan dan peregangan otot perlu dilakukan. Posisikan tubuh senyaman mungkin. Kamu bisa berdiri, duduk atau berbaring terlebih dahulu. Pastikan juga kondisi tulang punggung tegak agar aliran energi yang didapat lancar dan maksimal.

Baca juga: Suasana Nyepi di Bali Berdampak bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

5. Meditasi sebagai budaya Bali  jadi ladang memperluas wawasan spritual

5 Persiapan Meditasi, Wujudkan Kebahagiaan Sejati Ala Budaya Bali

Bergabung dalam komunitas bisa menjadi satu jalan memperluas cakrawala spiritual saat meditasi (Foto: Pexels)

Carilah teman atau komunitas yang melakukan praktik meditasi. Saling bertukar pengalaman akan meningkatkan wawasan seputar meditasi. Budaya Bali yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh banyak orang. Bahkan, di Bali sudah banyak terdapat pusat pelatihan meditasi yang dapat dikunjungi untuk menambah pengetahuan, pemahaman dan wawasan spiritual terkait meditasi.

Nah, itulah 5 hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan meditasi. Selain melestarikan budaya Bali, kamu juga akan mampu mencapai kesempurnaan laku dalam hidup. Hal ini pasti akan sangat kamu butuhkan di saat penat menghampiri hidupmu. Kini, kamu tidak perlu ragu melakukan meditasi lagi. Kira-kira kapan kamu akan memulai dan menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup sehatmu?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password