Membakar Kalori Bisa dengan Nonton Film Horor!

Membakar Kalori Bisa dengan Nonton Film Horor!

Kiatfit.com – Mungkin Anda tak akan percaya dengan hal ini dan menganggapnya hanya mitos belaka. Namun sebuah penelitian yang dipublikasikan di Telegraph.co.uk menunjukkan bahwa menonton film horor bisa membakar kalori dalam tubuh sehingga berat badan dapat sedikit turun.

Dalam penelitian ini, film yang memacu adrenalin seperti film horor, jika ditonton sekitar 90 menit, dapat membakar kalori dalam tubuh sebanyak 113 kalori. Jumlah ini mirip dengan pembakaran kalori setelah berjalan selama 1 jam atau sama dengan jumlah kalori yang ada di dalam sepotong coklat.

Para peneliti dari University of Wesminster telah melakukan sebuah penelitian yang melibatkan 10 orang berbeda untuk menonton film horor pilihan. Para peneliti merekam detak jantung, oksigen yang dihirup, dan karbondioksida yang dikeluarkan selama mereka menonton film. Hasilnya, ditemukan bahwa ketiga poin tadi dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar saat film berlangsung.

Penelitian ini juga membuktikan bahwa film horor merupakan pembakar kalori terbaik. Teror yang ditampilkan dalam film dapat membuat para penontonnya melonjak kaget dari tempat duduknya, sehingga menyebabkan detak jantung berdetak lebih kencang.

Dr. Richard Mackenzie, seorang dosen senior dan spesialis dalam metabolisme sel dan fisiologi di University of  Westminster, mengungkapkan bahwa setiap 10 film yang dijadikan bahan tes dapat mempercepat detak jantung saat ditonton. Dengan meningkatnya kecepatan detak jantung, maka pemompaan darah ke seluruh tubuh pun akan lebih cepat sehingga adrenalin dalam tubuh akan meningkat.

“Tubuh akan melepas adrenalin yang beraksi cepat, diproduksi saat kejutan singkat yang disebabkan stress yang intens (dalam kasus ini, karena rasa takut). Hal ini akan berefek pada menurunnya nafsu makan, meningkatnya tingkat metabolik basal, serta terbakarnya kalori dalam tingkat tertinggi,” ujar Richard.

Helen Cowley, seorang editor film perusahaan rental film LOVEFiLM, terlibat dalam studi yang dilakukan para peneliti di University of Westminster tesebut. Ia mengatakan bahwa banyak orang cenderung menutup mata, menutupi wajah dengan bantal, atau memeluk guling sambil mengalihkan mata agar tak perlu melihat adegan yang menyeramkan saat menonton film horor.

Namun berdasarkan hasil penelitian tersebut, Anda tentunya disarankan untuk memaksakan diri melihat adegan-adegan seram di dalam film horor agar beberapa kalori di dalam tubuh bisa terbakar.

“Jadi lebih baiknya tetap buka mata Anda saat menonton,” ucap Helen kepada Telegraph.

Menonton film horor di bioskop akan membuat adrenalin lebih terpacu saat adegan menyeramkan muncul di layar yang begitu lebar. Namun jika Anda malu kalau-kalau Anda berteriak atau meloncat dari tempat duduk di tempat umum, Anda bisa menonton film horor televisi di rumah. Contohnya dengan menggunakan TV Aquos 8K Equivalent yang berukuran 80 inci dan resolusi Ultra HD. Tentunya sensasi menonton film horor tak akan kalah dibandingkan menontonnya di bioskop.

TV Aquos 8K Equivalent

Berdasarkan penelitian tersebut terdapat 10 film horor terbaik yang dapat menurunkan kalori lebih dari 100. Film-film tersebut adalah:

  1. The Shining: 184 kalori
  2. Jaws: 161 kalori
  3. The Exorcist: 158 kalori
  4. Alien: 152 kalori
  5. Saw: 133 kalori
  6. A Nightmare on Elm Street: 118 kalori
  7. Paranormal Activity: 111 kalori
  8. The Blair Witch Project: 105 kalori
  9. The Texas Chainsaw Massacre: 107 kalori
  10. [Rec]: 101 kalori

 

1 Comment

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password