Tips Mencegah Gigi Berlubang pada Anak dengan 3 Langkah Mudah Ini!

Tips Mencegah Gigi Berlubang pada Anak dengan 3 Langkah Mudah Ini!

Kiatfit.com – Anak pastinya senang sekali mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis – manis. Tetapi tahukah Anda moms, ternyata kebiasaan tersebut harus disertai dengan menjaga kesehatan giginya. Apabila tidak demikian, maka bukan tidak mungkin gigi si kecil akan beresiko berlubang.

Ya, sisa makanan yang ada di dalam mulut si kecil akan sebabkan pertumbuhan bakteri. Bakteri ini akan menjadikan mineral di giginya menghilang, dan akhirnya sebabkan gigi berlubang. Moms, pastinya tidak ingin gigi si kecil berulang kan? Makanya penting sekali bagi Anda untuk melakukan langkah – langkah mudah berikut ini.

Tips Mencegah Gigi Berlubang pada Anak dengan 3 Langkah Mudah Ini!

Mengajarkan si kecil menyikat gigi secara rutin dan teratur

Tips Mencegah Gigi Berlubang pada Anak dengan 3 Langkah Mudah Ini!

Menyikat atau menggosok gigi secara rutin dan teratur dengan pasta gigi anak, yang bisa dibeli via AKULAKU kredit online jaman now ini ternyata bisa banget mencegah terjadinya gigi terlubang. Jadi, usahakan untuk menyikat gigi minimal sehari 2 kali, khususnya ketika anak habis mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Tetapi kegiatan menyikat gigi bisa jadi tantangan tersendiri bagi anak – anak.

Alasannya adalah karena anak – anak biasanya cenderung malas untuk melakukan kegiatan tersebut. Nah, untuk menyiasatinya maka Anda bisa mencoba untuk mengajarkan si kecil agar menyikat giginya secara rutin dan teratur. Moms bisa menjadikan  kegiatan ini jadi kegiatan yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi Anda. Misalnya saja dengan membelikan peralatan sikat gigi anak dengan karakter kartun yang disukainya. Sehingga anak akan jadi lebih semangat dalam menyikat gigi.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotek

Mengajak anak untuk mengunjungi dokter gigi

Tips Mencegah Gigi Berlubang pada Anak dengan 3 Langkah Mudah Ini!

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan gigi, dan mencegah gigi berlubang pada anak adalah rutin mengunjungi dokter gigi. Bagi anak – anak kegiatan tersebut bisa  saja jadi kegiatan yang paling menakutkan. Bayangan berbagai macam alat – alat yang nantinya akan menyentuh gigi mereka bisa saja membuat anak Anda malas untuk mengunjungi dokter gigi.

Oleh sebab itu, silakan coba untuk buat kunjungan dokter gigi jadi kegiatan yang lebih menyenangkan. Moms, bisa pilih dokter gigi sesuai dengan yang Anda harapkan dan bisa jadi tempat yang nyaman bagi anak Anda. Kunjungan dokter ini lebih baik tidak dilewatkan dan dilakukan di setiap 6 bulan sekali. Dengan demikian maka Anda bisa tahu tentang kesehatan gigi anak dan bisa melakukan tindakan terbaik apabila terjadi sesuai pada kesehatan giginya.

Baca juga: Cara Merawat Gigi Berlubang yang Harus Dilakukan

Memperhatikan makanan dan minuman anak

Tips Mencegah Gigi Berlubang pada Anak dengan 3 Langkah Mudah Ini!

Tidak hanya menerapkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi dengan baik, moms juga harus selalu memperhatikan dengan baik asupan makanan atau minuman anak. Moms, sebaiknya lebih selektif lagi dengan makanan yang akan dikonsumsi oleh si kecil, khususnya asupan makanan dan minuman manis seperti coklat atau permen. Bukan berarti Anda harus melarang anak sepenuhnya untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, akan tetapi Anda harus pintar – pintar lagi dalam mengatur apa saja yang akan dikonsumsi si kecil.

Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula bisa dengan mudahnya memicu bakteri di dalam mulut anak. Lalu bakteri tersebut bisa hasilkan asam dari gula yang dikonsumsi. Asam inilah yang nanti akan mengikis mineral pada permukaan gigi, sehingga menimbulkan gigi berlubang. Makanya Anda harus benar – benar perhatikan asupan makanan si kecil agar bisa terhindar dari masalah gigi berlubang.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mencegah gigi berlubang pada anak dengan 3 langkah mudah ini. Semoga bisa bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password