Mendengar Musik Saat Mengemudi, Baik atau Buruk?

mendengarkan musik saat mengemudi

Kiatfit.com – Musik sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita. Dalam berkegiatan, musik selalu hadir, tak terkecuali saat mengemudi. Saking pentingnya, berbagai produsen mobil membekali produk mereka dengan fitur hiburan yang mendukung pengemudi dalam menikmati musik. Ini membuat mendengarkan musik sembari mengemudi sudah menjadi kebutuhan tersendiri.

Namun, seberapa besar peran musik selama kita mengemudi? Simak fakta-faktanya berikut ini:

1. Musik yang ideal

 

billboard.com

Seorang :Psikolog dari London University, Dr. Simon Moore mengatakan musik yang paling ideal didengarkan ketika mengemudi adalah musik yang memiliki tempo serupa dengan detak jantung. Umumnya, 60 hingga 80 ketukan per menit (Beats Per Minute/BPM) merupakan detak jantung normal. Sehingga, musik dengan ketukan cepat akan meningkatkan konsentrasi pengemudi pada musik yang didengar.

Baca juga: 5 Trik Menghidari Lelah Saat Berkendara Jarak Jauh, Dijamin Ampuh!

 

2. Jenis musik

safetykart .com

Mencampur beragam jenis musik dalam satu playlist akan mempengaruhi kestabilan detak jantung Anda saat mengemudi. Hal tersebut dikarenakan ketukan musik yang didengat akan mempengaruhi detak jantung Anda. Terdapat studi yang memonitor detak jantung seorang pengemudi sambil mendengarkan playlist musik yang terdiri dari beragam jenis musik. Hasilnya, detak jantung pengemudi menjadi kurang stabil dibandingkan dengan pengemudi yang hanya mendengar satu jenis musik.

 

3. Volume yang tepat

youtube .com

Saat tengah mengemudi, pastikan untuk tidak memutar playlist kesayangan dengan volume yang terlampau besar. Selain akan mengganggu pengguna jalan lain, ternyata dapat menganggu konsentrasi Anda. Cukup gunakan sekitar 30 hingga 40% dari rentang volume. Sehingga, Anda tetap masih bisa mendengar suara dari luar kabin.

Baca juga: Jenis Infeksi Telinga yang Bisa Membuat Seseorang Jadi Tuli

Beberapa fakta di atas dapat menjadi referensi Anda dalam memilih musik yang tepat. Meski tengah menghibur diri selama mengemudi, keselamatan tetaplah yang utama. Nah, untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan dan keamanan selama berkendara, varian terbaru All New Toyota Rush 2018 hadir untuk Anda.

autography .co

Dengan Generasi kedua Rush ini, Anda dapat menikmati playlist dengan kualitas terbaik melalui audio 8 speaker (varian TRD) atau audio 6 speaker (varian tipe G). Kenyamanan juga diberikan dengan adanya pengaturan telepon pada lingkar kemudi. Masih ada DVD AVX 7 inchi dengan internet dilengkapi dukungan Multitasking yang akan memudahkan Anda selama perjalanan. Jadi, pastikan betul Anda punya pengalaman mengemudi yang menyenangkan dan aman yang bisa didapatkan di Toyota All New Rush 2018.

Sumber featured image: philkotse .com

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password