Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Kiatfit.com – Rambut kering dan bercabang menjadi salah satu masalah rambut yang paling menyebalkan bagi sebagian besar orang, khususnya kaum hawa. Bagaimana tidak? Rambut ibarat sebagai mahkota bagi mereka untuk bisa tampil cantik sempurna. Karenanya tidak jarang dari mereka akan melakukan banyak cara untuk mengatasi rambut kering dan bercabang tersebut. Mulai dari melakukan perawatan ke salon hingga memanfaatkan berbagai bahan alami untuk perawatan di rumah.

Mengenai cara mengatasi rambut bercabang dan kering sebenarnya mudah saja. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke salon atau membeli produk perawatan rambut lainnya. Penasaran bagaiman cara tersebut? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Jangan terlalu sering menyisir dan mengikat rambut

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Cara mengatasi rambut bercabang dan kering yang pertama adalah dengan tidak terlalu sering menyisir rambut. Menyisir rambut yang sering hanya akan membuatnya tambah rusak. Selain itu, mengikat rambut sebaiknya tidak juga sering dilakukan. Rambut yang diikat juga akan mengakibatkan rambut tambah rusak dan memperparah masalah rambut bercabang serta rontok.

Menggunakan shampo dan kondisioner

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Bagi kamu yang memiliki rambut kering dan bercabang, sebaiknya berhati-hati dalam memilih shampo. Sebaiknya memilih shampo yang memang diformulasikan bagi pemilik rambut kering dan bercabang saja. Setelah keramas, gunakanlah kondisioner untuk menenangkan rambut dan mengembalikan kelembapan alaminya.

Sebaiknya kamu jangan melakukan keramas terlalu sering, cukup keramas 2 hari sekali dan hindari pula mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut. Ini hanya akan membuat rambut tambah rusak.

Menggunakan serum atau spray

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Cara mengatasi rambut bercabang dan kering selanjutnya adalah dengan menggunakan serum atau spray khusus rambut. Serum atau spray ini sendiri berguna untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan juga alat penataan rambut. Dengan demikian, rambut akan lebih sehat dan terjaga kelembapannya, serta akan terhindar dari rambut bercabang.

Baca juga: Makanan Super Gizi untuk Rawat Kesehatan Rambut Anda

Menggunakan produk perawatan rambut berbahan dasar alami

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Sekarang ini sudah ada banyak sekali produk perawatan rambut khusus untuk rambut kering dan bercabang. Mulai dari shampo, kondisioner, serum dan lain sebagainya. Namun sebelum membeli, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apakah produk tersebut terbuat dari bahan alami atau tidak. Bahan alami dipilih karena khasiatnya yang memang nyata dan aman untuk rambut tentunya.

Salah satu contoh produk perawatan rambut dengan bahan dasar alami adalah Banana Truly Nourishing Shampoo dan juga Banana Truly Nourishing Conditioner. Kedua produk shampo dan kondisioner tersebut datang dari brand The Body Shop yang memang dibuat dari bahan alami berkhasiat untuk rambut kering dan bercabang.

Menggunakan masker alami rambut

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Carayang satu ini dianggap paling aman dan dengan khasiat cukup efektif untuk mengatasi rambut bercabang dan kering. Banyak sekali bahan alami yang bisa dimanfaat untuk perawatan rambut seperti ini, dan banyak pula pembahasan mengenai resep pembuatanya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahan alami sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah rambut dibandingkan dengan produk kimia. Sebaiknya kamu menggunakan masker rambut dari bahan alami setidaknya seminggu sekali. Masker bisa dibuat dari lidah buaya, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kata Siapa Menjaga Kesehatan Rambut Adalah Perkara Sukar? Ini 3 Kiat Mudah Yang Bisa Anda Praktikkan!

Memotong ujung rambut

Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Dan cara mengatasi rambut bercabang dan kering yang terakhir adalah dengan memotong ujung rambut yang bercabang. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut yang semakin parah. Sebaiknya lakukan pemotongan rambut secara rutin setidaknya 6-8 minggu sekali.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi rambut bercabang dan kering secara alami dan paling mudah diterapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password