Bukan Cuma Hiasan, Pelengkap Hidangan Ini Ternyata Memiliki Banyak Manfaat, Lho!

manfaat tomat

Kiatfit.com – Ketika memesan makanan di suatu restoran, biasanya Anda akan memperoleh beberapa bahan pelengkap hidangan. Misalkan tomat, selada, atau timun. Selain sebagai tambahan warna agar makanan nampak segar dan menarik, ternyata bahan pendamping ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah tomat.

Tomat cocok disajikan sebagai tambahan pada hampir semua hidangan. Selain rasanya segar dan nikmat, sedikit orang yang paham manfaat tomat untuk kesehatan. Agar Anda tidak ketinggalan informasi, tim KiatFit merangkum beberapa manfaat tomat untuk tubuh.

Inilah Beberapa Manfaat Tomat yang Perlu Kamu Tahu

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

    

en.wikipedia .org

Nutrisi dan antioksidan yang terdapat pada tomat berkaitan erat dengan berkurangnya potensi penyakit kronis. Kandungan vitamin C dan lycopene yang tinggi, membantu melindungi tubuh Anda dari ancaman kanker payudara, kanker prostat dan kanker kolorektal. Serat yang terkandung juga dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan menyeimbangkan insulin dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

 

2. Ingatan yang Kuat

sluhoff .net

Selain antioksidan, tomat juga mengandung beberapa nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Penelitian menunjukkan kandungan choline dalam tomat dapat meningkatkan ingatan jangka pendek, membantu proses belajar, dan memudahkan proses tidur. Selain itu, alpha-lipoic acid yang ada dalam tomat juga membantu merawat jaringan otak dan berperan mencegah alzheimer.

 

3. Menurunkan Tekanan Darah

summitchirofl .com

Tomat kaya akan potasium yang dapat membantu meredakan peradangan dan juga menurunkan tekanan darah. Pada banyak kasus, orang dengan tekanan darah tinggi mengalami kekurangan asupan potasium.

 

4. Kulit yang Sehat

superdrug .com

Kandungan antioksidan sangat baik untuk kesehatan kulit, sama seperti beta-carotene dan lycopen. Zat ini mengurangi sensitivitas kulit pada sinar matahari dan bisa membatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih. Jangan lupa juga jika antioksidan dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh, yang menjadi biang munculnya keriput dan hilangnya elastisitas kulit.

 

5. Tulang Kuat

tasteforlife .com

Kandungan vitamin K, kalsium dan lycopene sangat baik untuk kesehatan tulang dan dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada tulang. Konsumsi tomat sangat dianjurkan untuk wanita yang sudah mengalami menopause. Dilansir dari National Geographic, peneliti Tokyo Medical University mengungkapkan bahwa jus tomat dapat meringankan gejala pasca menopause.

6. Penglihatan

interinclusion .org

Tomat sama halnya seperti wortel, juga mengandung banyak vitamin A dan beta-carotene yang berfungsi untuk mencegah kerusakan permukaan kornea mata. Bagi penderita diabetes, tomat juga bisa mengurangi resiko degenerasi makula dan rusaknya pembuluh darah pada retina. Degenerasi makula merupakan penyebab utama masalah penglihatan yang disebabkan faktor usia. Proses ini bisa diperlambat dengan vitamin A, terlebih vitamin A juga membantu menjaga agar mata tidak kering dan tidak merah.

Baca juga: Rekomendasi Produk Vitamin Mata dengan Kualitas Terbaik

Itulah info mengenai manfaat tomat. Siapa sangka tomat yang berukuran kecil ternyata memiliki manfaat besar. Nah, berkaitan dengan kandungan Vitamin A, Betakaroten, serta berbagai nutrisi di dalam tomat, Anda juga bisa memperolehnya dari suplemen herbal, seperti Omepros. Omepros dengan kandungan Omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan Vitamin E dapat membantu menjaga kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Secara khusus, Omepros sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, kesehatan otak, serta meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Di samping menjaga asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, serta rutin berolahraga, yuk imbangi engan suplemen berkualitas seperti Omepros. Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: https://www.youtube .com/watch?v=yVr383Ip-fc

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password