Menu Sahur Terbaik untuk Konsentrasi Maksimal, Harus Dicoba!

menu sahur terbaik

Kiatfit.com – Bagi Anda yang selalu melewatkan sahur, lebih baik menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan tersebut, apalagi untuk menyuplai nutrisi tubuh Anda. Sebagai pengganti sarapan, sahur memiliki beragam manfaat. Ronald E. Kleinman, M.D., pakar nutrisi dari Harvard University dengan mengatakan, “Sarapan dengan komposisi gizi baik meningkatkan peningkatan kemampuan konsentrasi Anda”.

Selama berpuasa, tingkat konsentrasi pasti akan menurun, sehingga perlu diimbangi dengan asupan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh ketika sahur. Empat menu sahur terbaik berikut bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi Anda meski menjalankan puasa seharian penuh.

1. Telur

hipwee .com

Telur adalah sumber asam lemak esensial dan protein yang tinggi. Seperti yang Anda ketahui bahwa bagian kuning telur memiliki kandungan kolin – nutrisi penting untuk perkembangan memori seperti yang diungkapkan oleh dr. Fiastuti W. MSC. MS. SpGk, dari Divisi Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM dikutip dari Kompas.com. Apalagi telur dapat diolah dan didapatkan dengan mudah.

Baca juga: Rutin Mengkonsumsi Sebutir Telur Setiap Hari Bisa Mencegah Sakit Jantung?

Namun, saat memilih telur yang layak dikonsumsi, Anda harus mempertimbangkan banyak hal, karena mengolah telur tidak boleh sembarangan. Konsumsi telur saat benar-benar sudah matang, karena bakteri jahat yang terbawa olehnya dapat dipastikan mati. Sehingga, Anda tidak akan berisiko terkena penyakit.

 

2. Oatmeal

hips.hearstapps .com

Seperti yang Anda ketahui, oatmeal adalah sumber energi yang baik bagi otak. Selain itu, Fiastuti menjelaskan oatmeal mengandung banyak serat, vitamin E, dan B kompleks. Makanan ini bisa diolah menjadi beragam olahan yang tentunya lezat dan bergizi. Mengonsumsi oatmeal setiap hari juga menyehatkan dan dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pikiran.

 

3. Susu dan Yogurt

awsimages.detik .net.id

Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Produk susu merupakan sumber vitamin B, vitamin D, dan kalsium yang baik. Mengonsumsi susu saat sahur juga bisa meningkatkan konsentrasi Anda saat menjalani ibadah puasa seharian. Aneka nutrisi yang dikandung oleh susu ini tentu akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan terjaga dari berbagai risiko penyakit.

Baca juga: Bila Ingin Tetap Fit Saat Puasa Jangan Lupa Lahap 3 Makanan Ini!

4. Ikan

prikasa .com

Ikan memang banyak mengandung Omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan dan kinerja otak Anda. Anda bisa memilih salad dengan tambahan ikan yang banyak mengandung Omega 3 seperti salmon ataupun tuna. Mengonsumsi ikan, terutama salmon dan tuna atau minyak ikan setiap hari sangat disarankan, terutama bagi Anda yang ingin hidup sehat dan senantiasa terbebas dari kepikunan dini.

Beragam menu sahur terbaik yang tersusun dari bahan-bahan menyehatkan, seperti oatmeal dan ikan memiliki segudang manfaat. Kandungan nutrisi seperti Omega 3 dari ikan dapat Anda temukan pula dalam suplemen makanan Omepros. Omepros tersusun dari bahan alami, seperti minyak biji blackcurrant, ikan salmon, dan olive oil yang kaya akan Omega 3, 6, 9, EPA dan DHA. Peningkatan konsentrasi selama berpuasa bukan angan lagi dengan menjaga pola makan selama sahur dan berbuka, melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi suplemen kaya nutrisi, seperti Omepros. Omepros, Balancing Your Life!

Sumber featured image: primroseschools .com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password