Gowas Gowes Bersepeda: Langkah Awal Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dengan bersepeda

Kiatfit.com – Bersepeda menjadi salah satu olahraga pilihan banyak orang saat ini. Beberapa orang memilih bersepeda untuk kampanye mengurangi polusi atau sekadar menjaga stamina tubuh. Di sisi lain, olahraga bersepeda juga menjadi pilihan mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian di beberapa negara di Eropa, dikutip dari Cycling Weekly, kebiasaan bersepeda ternyata punya efek besar untuk mengurangi lemak jahat dalam tubuh. Beberapa ahli nutrisi di Eropa bahkan mulai menyarankan pasiennya yang berusaha menurunkan berat badan untuk bersepeda menuju kantor atau sekolah.

Buat kamu yang juga ingin menurunkan berat badan lewat bersepeda, Kiatfit merangkum 5 tips agar hasil menurunkan berat badan lebih efektif dan juga menunjang olahraga bersepedamu.

Pengendalian Diri untuk Menurunkan Berat Badan

Gowas Gowes Bersepeda: Langkah Awal Menurunkan Berat Badan

Untuk menunjang efek bersepedamu, kamu lebih baik ikut mendalami teknik-teknik dalam bersepeda. Olahraga bersepeda juga membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk membantumu turun berat badan secara signifikan. Akan tetapi, kamu tidak perlu mendaki bukit setiap akhir pekan demi mendapat berat badan ideal.

Mendalami teknik-teknik bersepeda adalah bentuk dari pengendalian diri. Kamu harus tahu seberapa jauh kamu mengayuh sepedamu tiap pekan, seberapa sering kamu bersepeda tiap pekan, dan juga teknik-teknik yang mempengaruhi kecepatan-kecepatan. Sehingga,  kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Dikutip dari Cycling Weekly , beberapa praktisi olahraga di Amerika Serikat menyarankan rutinitas bersepeda selama dua kali seminggu untuk para penduduk yang tinggal di kota besar. Tidak perlu jauh, cukup konsisten mengayuh selama dua kilometer setiap kali berolahraga. Target ini bisa ditunjang apabila kalian menerapkan kebiasaan bike to work atau bike to school.

Membuat Jadwal Makan

Gowas Gowes Bersepeda: Langkah Awal Menurunkan Berat Badan

Fabian Cancellara, atlet balap sepeda yang juga sering membagi tips di beberapa media, menekankan kebiasaan makan tepat waktu untuk membuat kebiasaan bersepedamu makin optimal hasilnya. Lantas, apa hubungannya bersepeda dengan jadwal makan?

Beberapa riset dari lembaga nutrisionis menunjukkan bahwa jadwal makan mempengaruhi diet dan turunnya berat badan. Menjadwal makan dan menjaga porsi makan agar tidak naik-turun ternyata mempengaruhi hasil aktivitas olahraga. Jika pola makan tidak beraturan, serta porsi makan tidak diatur, maka hasil olahraga untuk mengurangi berat badan pun tidak akan maksimal.

Makan Lebih Sedikit

Gowas Gowes Bersepeda: Langkah Awal Menurunkan Berat Badan

Lebih lanjut, Fabian Cancellara menyarankan bahwa pesepeda mulai mengurangi porsi makannya sedikit demi sedikit. Cancellara menilai jadwal makan akan menjadi alarm bagi otak dan perut untuk mengatur alarm rasa lapar. Lalu, pengurangan porsi makan setelahnya akan membuat pembakaran kalori serta lemak setelah bersepeda lebih maksimal.

Baca juga: Tak Hanya Baik Bagi Kesehatan, Ini Dia Manfaat Bersepeda yang Harus Kamu Tahu

Tambah Intensitas daripada Tambah Jarak

Gowas Gowes Bersepeda: Langkah Awal Menurunkan Berat Badan

Editor Cycling Weekly, Michelle Arthurs-Brennan, menilai bahwa menambah frekuensi bersepeda lebih baik daripada menambah jarak. Michelle berargumen bahwa frekuensi bersepeda akan membentuk kebiasaan bagi seseorang. Di sisi lain, menurutnya menambah jarak malah hanya akan menambah risiko untuk cedera atau rasa malas untuk menjadikan bersepeda sebagai rutinitas.

Michelle menambahkan bahwa lebih baik sesorang bersepeda sejauh 500 meter pulang-pergi  menuju kantornya, lalu menambah bersepeda 2,5 kilometer setiap akhir pekan, dibanding memaksakan bersepeda 10 kilometer atau melakukan pendakian ke bukit setiap pekan. Ia menilai bahwa membangun konsistensi akan menghasilkan dampak lebih besar, lebih dari sekadar mementingkan jarak.

Baca juga: Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan 2 Kg Dalam Seminggu

Stop Mengunggah dan Kepoin Catatan Bersepeda

Gowas Gowes Bersepeda: Langkah Awal Menurunkan Berat Badan

Psikolog yang juga pegiat olahraga bersepeda, Dr. Claire Marriot, menilai bahwa kebiasan mengunggah dan mencari catatan bersepeda seseorang berpengaruh buruk terhadap pesepeda. Ia menilai bahwa rasa tidak puas, iri, dan tidak ingin kalah menjadi penyebab hasil bersepeda tidak maksimal. Orang cenderung untuk makan lebih banyak jika suasana hatinya tidak baik.

Claire beranggapan pesepeda harus mulai berhenti untuk mengunggah atau mencari catatan bersepeda seseorang. Bagi Claire, bersepeda adalah salah satu olahraga yang bisa dinikmati sekaligus menjadi ajang penyegaran (refreshing). Selain itu, suasana hati yang baik akan membantu pesepeda untuk menstimulsi tubuhnya agar tidak mudah capek saat berolahraga.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password