Minum Susu Setiap Hari Cegah Resiko Osteoporosis?

Minum Susu Cegah Osteoporosis

Kiatfit.com – Tidak hanya bayi dan anak – anak saja yang butuh minum susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian agar bisa membentuk tulang yang kuat dengan sempurna dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Akan tetapi orang dewasa juga membutuhkan asupan kalsium yang bisa ditemukan didalam susu.

Salah satu manfaat susu bagi orang dewasa adalah dapat memperkuat tulang dan mencegah tulang mengalami resiko osteoporosis dini. Lantas benarkah minum susu setiap hari sangat efektif dalam mencegah resiko osteoporosis? Berikut informasinya untuk Anda.

Cegah Osteoporosis Dengan Minum Susu Setiap Hari

Minum Susu Cegah Osteoporosis

Asupan susu sangat penting karena susu akan menjaga keseimbangan dan kadar mineral sehingga kepadatan tulang akan terjaga. Berdasarkan penelitian yang telah diungkapkan di jurnal Archives of Osteoporosis pada pria dan wanita usia 55 tahun keatas, susu dan yoghurt memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kepadatan tulang. Hal ini karena osteoporosis paling sering dikaitkan dengan asupan kalsium rendah. Sementara susu mengandung kalsium yang cukup tinggi tergantung pada jenis produknya. Karena itu mengonsumsi susu bisa membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

Baca juga : Tips Alami Mencegah Osteoporosis

Walaupun memang ada berbagai penelitian yang pro dan kontra atas manfaat susu untuk mencegah terjadinya osteoporosis, satu hal yang Anda perlu ingat bahwa osteoporosis atau masalah tentang kepadatan tulang tidak hanya ditentukan oleh satu zat saja seperti halnya kalsium. Akan tetapi masih ada zat – zat lain yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda.

Minum Susu Cegah Osteoporosis

Jika susu ingin Anda konsumsi sebagai suplemen kalsium, baiknya Anda perhatikan mengenai kebutuhan kalsium harian. Kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa khususnya usia 19 sampai dengan 50 tahun yaitu sebesar 1000 mg kalsium perhari. Sementara seiring dengan pertambahan usia, diperlukan asupan kalsium jauh lebih banyak. Hal ini juga karena pada usia lanjut asupan kalsium cenderung mengalami penurunan. Belum lagi ditambah dengan kemampuan tubuh dalam membentuk vitamin D yang berkurang karena disebabkan turunnya fungsi ginjal.

Jadi penuhi kebutuhan kalsium harian Anda dengan mengonsumsi susu secara rutin. Dengan cara ini juga sangat ampuh untuk mencegah resiko Anda mengalami masalah osteoporosis.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password