Berapakah Nilai Normal Asam Urat Pada Pria, Wanita dan Anak-anak?

Berapakah Nilai Normal Asam Urat Pada Pria, Wanita dan Anak-anak?

Kiatfit.com – Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup ditakuti oleh banyak orang. Karena penyakit asam urat ini sendiri bisa menyebabkan banyak gejala negatif, seperti peradangan pada bagian sendi hingga terganggunya fungsi ginjal. Sebenarnya kadar asam urat dalam darah yang sedikit atau normal, tidak memberikan dampak apa-apa terhadap kesehatan tubuh. Tapi beda lagi ceritanya ketika kadar asam urat melebihi batas normal, maka gejala seperti radang sendi dan batu ginjal akan menyerang.

Mengenai kadar asam urat dalam darah, berapakan nilai normal asam urat tesebut? Baik pada pria, wanita ataupun anak-anak. Menjaga kadar asam urat tetap normal tentu sangat penting dilakukan untuk mencegah hal negatif yang bisa terjadi. Untuk informasi selengkapnya bisa disimak pada ulasan di bawah ini.

Nilai Normal Asam Urat Pada Pria, Wanita dan Anak-anak

Berapakah Nilai Normal Asam Urat Pada Pria, Wanita dan Anak-anak?

Nilai normal asam urat pada pria, wanita dan juga anak-anak memang berbeda. Untuk pria, nilai atau kadar asam urat yang masih dianggap normal adalah sejumlah 3.4 – 7.0 mg/dL. Sementara pada wanita, nilai normal asam urat yang seharusnya ada adalah sejumlah 2.4 – 6.0 mg/dL. Dan terakhir pada anak-anak, nilai normal asam urat tersebut adalah sejumlah 2.0 – 5.5 mg/dL.

Untuk bisa mengetahui kadar asam urat yang ada di dalam tubuh, kamu bisa melakukannya dengan datang ke dokter. Nantinya dokter akan melakukan sejumlah tes dan dengan mempertimbangkan juga kesehatan serta riwayat penyakit yang kamu derita. Untuk melakukan tes, dokter juga akan menggunakan alat khusus untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah. Beberapa tahapan tes yang dilakukan oleh dokter, seperti:

Baca juga: 6 Pantangan Makanan Asam Urat yang Harus Anda Tahua

Berapakah Nilai Normal Asam Urat Pada Pria, Wanita dan Anak-anak?

  1. Sebelumnya dokter akan menyuruh sang pasien untuk berpuasa dari makan dan minum selama kurang lebih 4 jam. Selain itu, dokter biasanya juga akan menyuruh si pasien untuk berhenti mengkonsumsi obat yang biasa dikonsumsi.
  2. Setela itu, untuk tahapan tesnya doket mula-mula akan membersihkan area yang akan dimasukkan jarum suntik.
  3. Di bagian lengan atas akan diikat menggunakan tali karet atau tornique. Yang demikian ini dilakukan guna untuk memperbesar pembuluh darah sehingga lebih mudah melakukan pengambilan sampel darah.
  4. Jarum suntik akan mulai disuntikkan pada area yang dibersihkan tadi atau bagian pembuluh darah. Jarum suntik nantinya menyedot sejumlah darah untuk dijadikan sampel. Tidak banyak darah yang diambil, sekitar 3 cc saja.
  5. Kemudian karet pengikat lengan akan mulai dilepas, dan bagian kulit yang disutik akan diberi perban.
  6. Sampel darah yang sudah diambil tadi akan dicek di laboratorium untuk mengetahui kadar asam urat.
  7. Dengan demikian akan segera diketahui berapa nilai asam urat yang ada di dalam darah.

Baca juga: Cara Alami Obati Penyakit Asam Urat yang Perlu Dicoba!

Berapakah Nilai Normal Asam Urat Pada Pria, Wanita dan Anak-anak?

Selain cara di atas, cek kadar asam urat juga bisa dilakukan sendiri dengan alat khusus untuk mengukurnya. Masih sama dengan cara di atas yakni dengan mengambil sampel darah untuk dicek di alat yang disiapkan tadi. Darah diambil dari ujung jari yang dilukai dengan jarum suntik. Darah tadi diteteskan pada strip yang ada pada alat cek tadi. Dengan demikian akan ditemukan berapa besaran nilai asam urat yang ada di dalam darah.

Jika memang kadar asam urat dalam darah cukup tinggi, hal ini akan menyebabkan beberapa gejela seperti radang sendi atau gout dan juga batu ginjal. Sementara jika kadar asam urat terlalu rendah juga menyebabkan gejala negatif pada tubuh seperti, nyeri tulang, kelelahan, nyeri pada tubuh, kurang nafsu makan, susah menelan, gangguan tidur, pembengkakan organ tubuh dan lain sebagainya.

Itulah tadi nilai normal asam urat dalam darah yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password