5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

Kiatfit.com – Ketika bayi mengalami batuk, tentu hal ini menjadi PR besar bagi orangtua. Batuk pada bayi dibutuhkan penanganan yang tepat dibandingkan dengan penanganan batuk pada orang dewasa. Selain itu, butuh obat batuk alami untuk bayi khusus agar batuk yang diderita bisa tertangani dengan baik dan tepat. Bahan alami dipilih karena keefektifannya dalam mengatasi batuk yang dialami di kecil. Memberikan obat sembarangan merupakan pantangan terbesar yang harus dihindari oleh orangtua.

Berbicara obat batuk alami untuk bayi ada beberapa macamnya. Mulai dari uap, madu, air garam dan lain sebagainya. Jenis obat alami ini baik untuk diberikan pada si kecil dan cukup direkomendasikan juga oleh para dokter dan ahli kesehatan. Untuk informasi selengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini!

5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

Memberikan madu

5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

Batuk yang dialami oleh si kecil ternyata bisa diatasi dengan meberikannya madu alami. Tapi perlu diingat, pemberian madu untuk obat batuk ini hanya diperbolehkan untuk anak yang sudah berumur di atas satu tahun. Berikan ia ½ – 1 sendok teh madu alami yang dicampurkan ke dalam air hangat secukupnya. Atau bisa juga mencampurkannya dengan air perasan lemon secukupnya.

Berikan campuran ini di pagi atau malam hari ketika si kecil akan tidur. Namun jika memberinya di malam hari, pastikan menyikat gigi si kecil agar tidak ada sisa madu yang menempel.

Baca juga: Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Paling Ampuh dan Aman

Uap

5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

Obat batuk alami untuk bayi berikutnya adalah uap. Uap merupakan udara lembap yang berkhasiat untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat di tenggorokan sehingga membuat saluran pernapasan lebih lancar. Caranya adanya dengan mandi dan berendam di bak mandi yang berisi air hangat. Selain itu, bisa juga dengan cara bersantai dengan si kecil di dalam ruangan beruap selama kurang lebih 15 menit.

Tapi demikian, melakukan cara ini sebaiknya orangtua harus mengedepankan keselamatan si kecil. Jika menggunakan air hangat, pastikan air tidak terlalu panas yang mana bisa menyebabkan luka bakar.

Air garam

5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

Air garam tenyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami untuk bayi paling ampuh dan efektif. Air garam ini sendiri bisa digunakan untuk berkumur. Air garam memiliki khasiat untuk mengeluarkan lendir dan juga membunuh racun serta bakteri penyebab batuk. Mungkin si kecil berumur di bawah 4 tahun akan kesulitan menerapkan cara satu ini.

Untuk caranya silahkan siapkan segelas air hangat dan beri campurkan garam sebanyak setengah sendok, lalu aduk hingga rata. Selanjutnya buatlah untuk berkumur-kumur sebanyak 3-4 kali sehari. Cara berkumur air garam adalah dengan sambil menengadahkan kepala hingga air garam sampai di pangkal atau belakang tenggorokan.

Tetes saline

5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

Tetes saline merupakan larutan air garam yang biasanya hanya dijual di apotek. Biasanya juga dilengkapi dengan pipet sebagai cara untuk meneteskan larutan tadi ke bagian hidung si kecil. Larutan ini berkhasiat untuk memperlancar saluran napas yang tersumbat oleh lendir sehingga batuk pun akan mereda.

Caranya dengan memberikan 2-3 tetes larutan tadi ke hidung si kecil dengan posisi kepala ditengadahkan. Diamkan selama kurang lebih 30 detik, kemudian bersihkan hidung si kecil dengan cotton bud.

Baca juga: Waktu Terbaik Bawa Bayi Ke Dokter Ketika Sakit Demam

Air hangat

5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Bayi Paling Direkomendasikan

Obat batuk alami untuk bayi yang terakhir adalah dengan memberinya air hangat sebagai cara mencukupi kebutuhan cairannya. Cairan tubuh yang tercukupi dengan baik akan mampu memberantas lendir sehingga saluran pernapasan menjadi lebih lancar. Untuk bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan, sebaiknya cukupi kebutuhan cairan si kecil dengan memberinya ASI sesering mungkin.

Itulah tadi beberapa jenis obat batuk alami untuk bayi yang bisa dimanfaatkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password