5 Olahraga yang Tepat Bagi Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

olahraga ibu hamil agar persalinan lancar

Kiatfit.com – Seperti yang sudah kita ketahui, olahraga sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Begitu juga dengan ibu hamil. Berdasarkan berbagai penelitian, melakukan olahraga saat proses kehamilan dapat memperlancar proses persalinan nantinya. Ibu hamil pun juga akan cepat pulih setelah persalinan. Tapi tentunya olahraga yang dimaksud bukan olahraga yang berat.

Berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil agar proses persalinan lancar.

1. Prenatal Yoga

Yoga bagi ibu hamil bermanfaat untuk melatih pernapasan. Dua hal ini penting bagi ibu hamil karena pada masa persalinan nanti ibu hamil membutuhkan teknik pernapasan yang baik. Yoga juga bisa membantu ibu hamil untuk lebih rileks. Relaksasi yang diperoleh dari yoga ini bisa membuat ibu hamil tenang sebelum dan saat proses persalinan.

Ibu hamil yang ingin melakukan yoga sebaiknya ikut kelas yoga yang dipandu dengan seorang ahli. Hal ini penting, karena di trimester kedua, ibu hamil harus menghindari posisi telentang. Posisi ini bisa memberi tekanan lebih pada vena cava atau pembuluh vena yang terhubung ke anak dalam kandungan.

2. Renang

Menurut para ahli kesehatan, salah satu olahraga yang paling baik bagi ibu hamil adalah renang. Berenang di dalam air dapat memberikan tekanan lebih bagi persendian pada tubuh. Tekanan ini mampu melatih otot-otot tubuh, terutama otot tangan dan kaki. Berenang juga baik bagi jantung, serta menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang berat badannya berlebih.

Namun, ibu hamil disarankan untuk berenang dengan gaya dada karena membutuhkan tenaga yang minim. Ibu hamil juga harus berhati-hati saat memasuki kolam renang, lebih baik pelan-pelan saja.

Baca juga : Pilihan Minuman Sehat untuk Ibu Hamil

3. Senam Hamil

Ibu hamil disarankan melakukan senam hamil dengan didampingi ahli atau dengan mengikuti kelas-kelas hamil. Melalui senam hamil, ibu hamil beserta bayi yang dikandungnya akan lebih sehat dan bugar. Otot-otot pun akan lebih kuat dan lentur, sehingga ibu hamil akan lebih mudah menjalani proses persalinan nanti.

Selain itu, jika mengikuti kelas ibu hamil, ibu bisa lebih banyak berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan ibu-ibu hamil lainnya. Dengan begitu, pengetahuan mengenai proses kehamilan dan persalinan akan semakin bertambah.

4. Jalan Kaki

Jalan kaki sangat bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dan menjaga kondisi ibu agar tetap fit selama masa kehamilan. Melakukannya juga tak butuh persiapan dan peralatan yang ribet. Ibu hamil bisa berjalan-jalan selama 30 menit di sekitar lingkungan rumah setiap pagi atau sore hari.

Tapi yang perlu diingat, jangan sampai ibu hamil mengalami dehidrasi. Sebaiknya bawa bekal air minum secukupnya. Hindari juga jalan yang menanjak. Jika merasa lelah, pusing, atau kram sebaiknya hentikan olah raga jalan kaki.

5. Latihan Beban

Latihan beban sangat bermanfaat untuk mengurangi cidera atau pegal-pegal yang dialami ibu hamil. Stamina pun bisa lebih terjaga selama masa kehamilan dan masa persalinan. Latihan yang dilakukan sebaiknya yang sederhana saja, seperti squat atau push-up dinding. Beban yang digunakan juga sebaiknya tak lebih dari setengah dari berat badan normal.

Nah, itu tadi beberapa olahraga yang bisa diterapkan oleh para ibu hamil untuk membantu memperlancar proses persalinannya nanti. Namun, sebelum memilih olahraga mana yang akan dilakukan, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Selamat mencoba dan semoga proses kehamilan lancar hingga persalinan nanti ya, Moms!

Baca juga : Makanan dan Minuman yang Cocok Bagi Ibu Hamil

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password