6 Pantangan Makanan Asam Urat yang Harus Anda Tahu

6 Pantangan Makanan Asam Urat yang Harus Anda Tahu

Kiatfit.com – Penyakit asam urat memang menjadi yang paling banyak diidap oleh masyarakat kita. Bahkan penderitanya sendiri tak hanya dari kalangan orang dewasa dan lansia saja, tak jarang remaja juga bisa mengalaminya. Penyakit asam urat adalah suatu kondisi dimana kadar asam urat dalam tubuh cukup tinggi dan pada persendian terjadi penyumbatan sehingga menyebabkan gejala nyeri dan rasa sakit tak tertahankan dibagian tersebut. Meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh ini sendiri juga disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya asupan makanan.

Ada beberapa pantangan makanan asam urat yang harus dihindari oleh penderita, guna untuk mencegah terjadinya nyeri pada persedian yang mengalami penyumbatan atau penyempitan. Jika masih belum tahu, berikut adalah daftar makanan pantangan bagi penderita asam urat tersebut.

6 Pantangan Makanan Asam Urat yang Harus Anda Tahu

Jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat ini di dalamnya terdapat kandungan zat purin. Zat purin inilah yang akhirnya menyebabkan meningkatkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Adapun pantangan makanan asam urat tersebut, antara lain:

Jeroan hewan

Pantangan Makanan Asam Urat - Jeroan Hewan

Sudah bukan rahasia lagi kalau terlalu berlebihan mengkonsumsi jeroan hewan akan menyebabkan kondisi yang kurang baik terhadap tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Ini karena di dalam jeroan terdapat kandungan zat purin yang cukup tinggi. Apalagi untuk bagian hati, kandungan zat putin tersebut yang paling tinggi.

Daging

Pantangan Makanan Asam Urat - Daging

Tak hanya bagian jeroannya saja, daging hewan juga menjadi pantangan makanan asam urat yang harus anda hindari. Sama seperti jeroan, di dalamnya juga terdapat kandungan zat purin namun dalam takaran yang tidak terlalu banyak. Penderita asam urat masih bisa mengkonsumsi daging tapi dengan takaran yang tidak terlalu banyak, yakni sekitar 170 gram per hari. Itupun harus memilih daging yang bebas lemak.

Baca juga : Cek Asam Urat dengan familyDr. Mudah Banget Lho, Coba Deh!

Jenis makanan laut

Pantangan Makanan Asam Urat - Makanan Laut

Anda yang suka makanan seafood dan kebetulan menderita penyakit asam urat, sebaiknya mulai sekarang kontrol keinginan tersebut. Dan lebih baik lagi kalau anda menjauhi untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan laut tersebut. Tak lain alasannya karena seafood memiliki kandungan zat purin yang sangat tinggi. Beberapa jenis makanan laut yang patut anda batasi atau bahkan harus menjauhinya seperti, ikan asin, ikan sarden, kerang, ikan teri, ikan makarel, udang, kepiting dan juga tiram.

Gula

Pantangan Makanan Asam Urat - Gula

Tak hanya bisa menyebabkan diabetes, gula ternyata juga memiliki efek yang kurang baik terhadap penderita penyakit asam urat. Gula sendiri juga memiliki kandungan zat purin di dalamnya, meskipun takarannya tidak sebesar seperti pada jenis pantangan makanan asam urat yang telah disebutkan di atas. Mengkonsumsi gula secara berlebih akan menyebabkan diabetes dan obesitas, dimana kondisi akan berpengaruh terhadap gejala rematik asam urat. Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung fruktosa yang juga memberikan efek meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh.

Baca juga : Cara Alami Obati Penyakit Asam Urat yang Perlu Dicoba!

Sayuran

Pantangan Makanan Asam Urat - Sayuran

Ada pula beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan zat purin cukup tinggi di dalamnya. Jenis sayuran yang termasuk seperti, kembang kol, jamur, bayam, kacang polong, dan juga asparagus. Dalam sebuah penelitian, zat purin yang berasal dari sayuran sebenarnya tidak menimbulkan efek negatif bagi penderita asam urat. Tapi demikian, anda juga patut untuk membatasi jumlah takaran pengkonsumsiannya.

Bir

Pantangan Makanan Asam Urat

Dan yang terakhir adalah bir, dimana minuman berbahaya ini juga mengandung zat purin sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Penderita asam urat akan mengalami rasa nyeri yang tak tertahankan yang mana dipicu oleh kondisi dehidrasi akibat pengkonsumsian bir.

Itulah tadi beberapa pantangan makanan asam urat yang sebaiknya dihindari supaya gejala asam urat tidak menimpa anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Dapatkan berbagai tips dan informasi bermanfaat seputar kesehatan dengan cara mengisi form dibawah ini! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password