Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Kiatfit.com – Memiliki buah hati menjadi kado spesial tersendiri bagi setiap pasangan. Karena sang buah hati senantiasa disayang hingga ia tumbuh dewasa nanti. Kesehatan sang buah hati akan menjadi perhatian utama bagi setiap orang tua. Mereka akan melakukan apapun agar si buah hati terhindar dari penyakit atau kondisi tubuh yang membuatnya kurang nyaman. Salah satunya adalah bayi sering cegukan.

Meskipun cegukan yang dialami oleh bayi bukanlah hal yang serius dan berdampak bahaya, tapi hal ini cukup membuat orang tua tidak tega melihatnya. Karena itulah tidak jarang mereka melakukan banyak cara untuk mengatasi cegukan pada bayi. Namun untuk informasi selengkapnya mengenai bayi sering cegukan bisa disimak di bawah ini.

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Bayi sering cegukan sebenarnya adalah hal yang wajar-wajar saja, jadi orang tua tidak perlu mengkhawatirkan kondisi tersebut. Bukan pada bayi yang sudah lahir saja, cegukan bahkan bisa terjadi pada bayi yang masih ada dalam kandungan. Bagi orang dewasa mungkin kondisi seperti ini akan cukup mengganggu aktivitasnya, tapi hal ini berbeda dengan bayi. Mereka mungkin tidak menghiraukan kondisi tersebut.

Mengenai penyebabnya, bayi sering cegukan ini sendiri diakibatkan oleh iritasi dan stimulasi otot yang membuat kontraksi atau kejang pada diafragma. Biasanya cegukan bisa sembuh dengan sendirinya, meskipun tidak melakukan hal apapun. Dan tentunya sebuah mitos jika cegukan pada bayi bisa dihentikan dengan cara seperti, mengejutkan si bayi, menarik lidah bayi atau juga memberinya obat-obatan tradisional. Yang dibenarkan hanyalah bagaimana cara mencegah agar cegukan tidak dialami kembali oleh bayi.

Mengenai tindak pencegahan agar bayi tidak lagi sering mengalami cegukan, antara lain:

Tidak memberi makan terlalu banyak

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Bayi yang diberi makan terlalu banyak, perutnya akan terlalu penuh atau distensi terlalu cepat sehingga menyebabkan otot diafragma kejang. Alhasil bayi akan mengalami cegukan. Sebaiknya beri makan si kecil secukupnya dan sesuai porsi usianya. Hal ini juga bisa terjadi pada bayi yang masih mengandalkan ASI. Sebaiknya biarkan si kecil bersendawa disela-sela waktu menyusu. Hal ini bisa dilakukan saat bayi berpindah ke payudara satunya.

Baca juga: Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Paling Ampuh Dan Aman

Memberi makan bayi dengan posisi yang tepat

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan orang tua menyuapi bayinya dengan posisi berbaring. Memberi makan bayi dengan posisi seperti ini hanya akan membuat udara dalam perut bayi tidak keluar sempurna, dan inilah nantinya yang bisa menyebabkan bayi sering cegukan. Posisi yang tepat adalah dengan membuat bayi duduk tegak, bisa dengan menyenderkannya ke tubuh anda.

Bagi bayi yang masih menyusu juga sama, jangan membiarkan posisi si bayi berbaring saat menyusu. Sangat disarankan untuk mendudukkan bayi di pangkuan sang ibu dengan sudut 30-45 derajat selama menyusui. Hal ini akan membuat udara apapun yang tersimpan di perutnya akan cepat keluar dengan cara bersendawa. Tidak hanya itu, cara menyusui seperti ini juga akan mempertahankan kondisi payudara ibu tetap seperti sebelum punya buah hati.

Baca juga: Trik Hentikan Cegukan Pada Bayi yang Baru Lahir

Hindari bayi menelan terlalu banyak udara saat menyusu

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Bayi yang terlalu banyak menelan udara saat menyusu akan membuatnya sering cegukan. Saat menyusui pastikan mulut si bayi menutupi semua bagian areola payudara ibu. Jika tidak, maka kemungkinan besar si bayi akan menelan udara lebih banyak.

Atau jika bayi menyusu lewat botol susu, pastikan posisinya tepat agar ia tidak menelan terlalu banyak udara. Posisi menyusu dengan botol susu yang tepat adalah botol dimiringkan dengan sudut hingga 45 derajat yang nantinya menyebabkan udara naik di bagian belakang botol.

Itulah tadi beberapa penyebab bayi sering cegukan dan cara mengatasinya dengan tepat. Hindari beberapa penyabab di atas agar bayi tidak sering mengalami cegukan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password