Penyebab Eksim Pada Bayi dan Cara Mengobatinya

Penyebab Eksim Pada Bayi dan Cara Mengobatinya

Kiatfit.com – Memastikan kesehatan bayi adalah tugas utama bagi orang tua. Berbagai cara harus dilakukan agar bayi tetap dalam kondisi sehat sehingga pertumbuhannya pun tidak terganggu. Tapi demikian, tak jarang beberapa bayi mengalami masalah kesehatan, dan salah satunya adalah eksim. Eksim pada bayi merupakan kondisi yang sering terjadi, terutama saat baru lahir hingga berumur satu tahunan.

Eksim adalah masalah kulit yang menyebabkan kondisi berbeda dengan kulit normal pada umumnya. Eksim pada bayi ini memiliki beberapa tingakatan, mualai dari eksim ringan hingga eksim akut. Untuk eksim akut biasanya akan menyebabkan kulit tampak kemerahan, serta kering dan mengelupas. Kondisi lain kulit bayi terkadang muncul beruntusan kecil yang berisi atau mengeluarkan cairan.

Penyebab Eksim Pada Bayi dan Cara Mengobatinya

Penyebab Eksim Pada Bayi dan Cara Mengobatinya 1

Berbicara mengenai penyebab eksim pada bayi, banyak sekali faktornya. Tapi demikian, tak jarang pada orang tua yang masih tidak tau apa yang menyebabkan hal ini. Karena itulah disini kami akan membahas tuntas mengenai penyebab dari eksim pada bayi tersebut. Selain penyebabnya, akan dibahas pula mengenai cara mengobatinya yang benar dan aman. Berikut adalah informasi selengkapnya mengenai penyebab eksim pada bayi dan cara mengobatinya.

Baca juga : Hindari Mulai Sekarang! 4 Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Perut Bayi Kembung

Penyebab eksim pada bayi

Penyebab Eksim Pada Bayi dan Cara Mengobatinya 2

Pertama akan dibahas mengenai penyebab dari eksim pada kulit bayi. Eksim ini sendiri memiliki 2 jenis, diantaranya Dermatitis atopik dan juga dermatitis kontak. Kedua jenis eksim pada kulit ini tentu berbeda, baik dari kondisi yang ditimbulkan serta faktor penyebabnya.

  • Dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah kondisi kelainan pada kulit bayi yang muncul pertama kali sebagai tanda ia akan mengalami kondisi kesehatan lain seperti, alergi makanan, demam, alergi lingkungan dan juga asma. Dematitis atopik ini tidak diketahui secara pasti penyebabnya, bahkan hubungannya dengan alergi juga tidak jelas. Yang pasti penyebab utama dari eksim ini adalah faktor genetik atau keturunan.

  • Dermatitis kontak

Yang kedua adalah dermatitis kontak yang merupakan kondisi kelainan pada kulit bayi yang disebabkan oleh kontak kulit dengan zat alergen dan juga iritan. Untuk zat iritan ini sendiri seperti makanan dengan kandungan asam tinggi, sabun yang memiliki kandungan kuat, deterjen pakaian, kain tenun dan kain wol, obat-obatan tertentu, dan juga air liur dari bayi itu sendiri.

Cara mengobati eksim pada bayi

Penyebab Eksim Pada Bayi dan Cara Mengobatinya 3

Setelah mengetahui penyebab dari eksim pada kulit bayi di atas, selanjutnya adalah mengetahui cara untuk mengobatinya. Sebenarnya eksim pada bayi ini tidak ada obatnya. Namun demikian, kamu sebagai orang tua bisa melakukan langkah perawatan untuk akhirnya bisa membuatnya pulih dengan sendirinya. Untuk pemulihannya ini bahkan tidaklah singkat, ada yang sampai beberapa bulan atau bahkan sampai ada yang tahunan.

Baca juga : Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi Usia 5 Bulan

Sebagai langkah perawatan eksim pada kulit bayi ini yang paling efektifnya adalah dengan memastikan kulit bayi tetap dalam kondisi normal, tidak kering dan gatal. Selain itu, kamu sebagai orang tua juga harus menghindarkan bayi kontak langsung dengan pemicu eksim kambuh. Langkah penerapannya, seperti:

  1. Memberikan kulit bayi pelembab alami secara teratur sehingga mencegahnya dari kekringan dan juga gatal.
  2. Memberikan bayi baju yang nyaman. Hindari baju yang terbuat dari bahan wol dan juga bahan sintetis.
  3. Mandikan bayi dengan air hangat (suam-suam kuku) dan bils dua kali untuk membersihkan sisa sabun.
  4. Jika terjadi gatal yang tidak tertahankan, cobalah untuk mengompres bagian tersebut dengan air dingin dan beri obat yang didapatkan dari dokter.

Untuk lebih efektifnya sebaiknya periksakan bayi ke fokter spesialis kulit. Dokter akan melakukan diagnosis dan memberikan resep obat yang sesuai dengan kondisi eksim yang dialami oleh si kecil. Dengan demikian, eksim pada bayi akan bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Ingin mendapatkan promo eksklusif seputar produk Ibu dan Anak?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini dengan lengkap! *S&K berlaku

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password